Trends

PENJELASAN FILM MENCURI RADEN SALEH, HATI-HATI SPOILER!

Film Mencuri Raden Saleh sudah tayang di bioskop sejak Kamis, 25 Agustus. Namun, film tersebut menyimpan banyak pertanyaan bagi penonton. Berikut penjelasan film Mencuri Raden Saleh termasuk beberapa teori di dalamnya.

title

FROYONION.COM - Kamis kemarin (25/8), salah satu film karya anak bangsa yang udah viral dari beberapa bulan lalu akhirnya rilis di layar lebar, yaitu film Mencuri Raden Saleh.

Film karya Angga Dwimas Sasongko yang menggaet beberapa aktor dan aktris muda yang well known kayak Iqbal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Ari Irham, dan Umay Shahab ini banyak menarik perhatian kawula muda. Di samping karena para pemainnya yang jadi idola banyak anak muda Indonesia, film ini digaung-gaungkan sebagai salah satu film heist terbaik Indonesia.

Dilansir dari Kincirrating film ini mencapai 97%. Chemistry yang terjalin antara para pemain bisa terbilang cukup baik dan terkesan natural. Namun, dari segi plot, ada beberapa scene yang memicu pertanyaan di kepala. Berikut beberapa pertanyaan dan teori yang muncul di setelah kita menonton film Mencuri Raden Saleh. Tapi hati-hati, pembahasan ini mengandung SPOILER!!!

KENAPA TUKTUK BISA BEBAS BEGITU SAJA DARI PENJARA?

Ketika Tuktuk (Ari Irham) ditangkap oleh polisi dan dibawa ke Polda Metro, Arman (Ganindra Bimo) dan Sita (Andrea Dian) menginterogasinya terkait kejadian yang menimpa truk Senopati Express. Saat di ruang interogasi, Tuktuk tetap diam meskipun dipaksa untuk menjawab, begitupun ketika Tuktuk diperlihatkan foto Ucup yang telah masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang).

Tiga hari setelahnya, Piko, Ucup, Sarah, Fella, dan Gofar dikagetkan dengan kehadiran Tuktuk yang tiba-tiba dibebaskan dari penjara. Apakah bebasnya Tuktuk ini terasa aneh? Mengapa satu-satunya saksi kunci dari kejadian penukaran lukisan Raden Saleh itu bisa dibebaskan begitu saja? 

Teori pertama, Tuktuk bisa dibebaskan semata-mata karena Ucup telah masuk ke dalam DPO. Polisi nggak punya bukti yang kuat untuk menggiring Tuktuk sebagai tersangka karena dirinya memang bekerja sebagai driver di Senopati Express. Hal ini dirasa dapat menjadi alibi yang kuat bagi Tuktuk agar tetap dinilai innocent di depan tuntutan hukum.

Tapi, melihat gelagat Arman yang berlebihan dan nampak tidak wajar saat menjelaskan kondisi Tuktuk yang innocent kepada Sita, membuat kita berpikir bahwa mungkin saja oknum polisi (terutama Arman) telah disuap oleh seseorang, dan kandidat terkuatnya adalah Permadi, yang tetap ingin rencana terselubungnya berjalan lancar tanpa ada satupun geng Mencuri Raden Saleh yang masuk dalam penjara.

APA RELASI ANTARA DINI, PERMADI, DENGAN BUDIMAN?

Selanjutnya Dini (Atiqah Hasiholan) sebagai tangan kanan Permadi (Tyo Pakusadewo) dalam mencuri lukisan Raden Saleh. Tapi selain jadi orang kepercayaan Permadi, Dini juga memainkan berbagai peran lainnya. 

Seperti kurator lukisan dari Istana Negara dan kalo menurut gue, juga bisa jadi anteknya Budiman. 

Lah, maksudnya?? 

Dini ini kayak double agent. Dia berhasil mengelabui Permadi untuk percaya penuh kepadanya, tapi dia sendiri punya rencana pribadi yang bisa menguntungkan dirinya. 

Menurut gue, Dini ini terlibat dalam aksi Budiman untuk bisa lolos dari penjara sekaligus memberikan rencana untuk mencuri lukisan Raden Saleh saat pesta ulang tahun Permadi. Dini ini tipe-tipe karakter yang licik, licin, dan pandai memanfaatkan situasi orang lain demi mencapai tujuannya. 

Dini bisa aja sengaja nyuruh Budiman untuk datang ke pesta Permadi untuk curi lukisan itu. Dini juga bisa aja udah tahu rencana Piko CS yang juga mau mencuri lukisan. Dini yang dari awal emang pengen menjual lukisan Raden Saleh seharga 150 Miliar Rupiah, pengen main aman aja dengan tangan bersih. Akhirnya dia memanfaatkan bapak dan anak ini untuk sama-sama berusaha mencuri lukisan Raden Saleh yang asli untuk kepentingannya. 

Jadi kalo ternyata Piko yang berhasil, dia untung. Kalo Budiman yang berhasil, dia juga untung. 

Tapi kenapa Dini mau menjual lukisan Raden Saleh? 

Ini nyambung ke teori lain bahwa Dini juga pengen menjatuhkan Permadi. Masuk akal kalo kita beranggapan Dini adalah orang yang paling tahu seberapa licik dan kotornya Permadi. Walaupun dirinya juga licik, tapi Dini ini tipe karakter yang nggak suka main kotor. Dia hanya mau mengambil keuntungan dari duit aja. 

Makanya, ketika lukisan Raden Saleh asli jatuh di tangan Permadi, Dini memainkan strateginya sendiri untuk menjatuhkan Permadi dari dalam. 

SIAPA LELAKI YANG MEMBANTU SARAH BERTARUNG?

Inget scene waktu Sarah (Aghniny Haque) berantem di pesta Permadi? Tiba-tiba ada satu cowok yang tampaknya tertarik sama Sarah dan rela bantuin Sarah berantem. 

Teori pertama, si cowok ini emang cuma karakter tambahan aja yang gunanya bikin scene berantem itu jadi lebih intens dan kaya, karena jadi ada interaksi antara Sarah dah cowok itu sehingga nggak cuma jadi scene berantem doang. 

Tapi teori lain yang lebih menarik adalah, bahwa cowok itu suruhan Dini untuk sengaja bantuin rencana Piko CS supaya tujuan Dini tercapai. 

Masih nyambung sama teori Dini sebelumnya, cowok ini bisa jadi bawahannya Dini untuk memusnahkan segala distraksi yang bisa bikin rencana Piko CS gagal. Mungkin juga, cowok ini malah memegang peran penting di sekuel selanjutnya. 

MAJOR SPOILER!!! KENAPA BUDIMAN BISA MENGKHIANATI PIKO?

Nah, ini nih. Plot twist waktu Budiman mengkhianati Piko emang bikin heran bener. Kira-kira, apa ya alesannya? 

Alesan yang pasti adalah untuk menyempurnakan cerita. Kalo nggak ada plot twist kan nggak seru ya? Jadilah dibuat Budiman sebagai villain yang tiba-tiba mengkhianati anaknya sendiri. 

Tapi kalo boleh berteori, bisa jadi Budiman mau menjual lukisan asli Raden Saleh untuk menyuap hakim supaya bisa mengadili kedua temannya yang menjebak Budiman hingga masuk penjara. 

Coba diinget-inget lagi scene waktu Piko pertama kali menjenguk Budiman di penjara. Di scene itu, Piko menanyakan kabar kedua teman Budiman yang diduga menjebaknya sampe dihukum 18 tahun penjara. 

Kalo Budiman berhasil menjual lukisan Raden Saleh, dia bisa dengan mudah menyuap hakim untuk gantian menjebloskan kedua temannya ini ke penjara. Masuk akal bukan? 

Tapi motifnya emang belom kuat. Bisa jadi motif ini semakin diperkuat di sekuel Mencuri Raden Saleh selanjutnya, Civs. 

Kalo lo belom nonton film Mencuri Rades Saleh, gas nonton! Dijamin, lo akan dibikin deg-degan, penasaran, sedih, ketawa, dalam dua setengah jam itu.(*/)

BACA JUGA: PENJELASAN FILM PENGABDI SETAN 2 BESERTA TEORI-TEORINYA, HATI-HATI SPOILER!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ger&Gres

Kita adalah representasi orang dengan jokes receh tapi pengen ngobrolin hal yang esensial. Ancyur...