Viral

GUNAKAN EKSPERIMEN SOSIAL PADA MV TERBARUNYA, YURA YUNITA BERHASIL BIKIN NANGIS LEWAT LAGU ‘DUNIA TIPU-TIPU’

Masih inget kata-kata khas Ojan yang sering bilang, “Tatap mata Ojan,”? Kedengerannya sih lucu, tapi pernah nggak beneran dilakukan? Coba deh, tatap mata orang terdekat lo selama 4 menit, dijamin nangis!

title

FROYONION.COM - Masuk ke ruangan yang redup dan dipenuhi kain putih, langkah kaki mereka mengarah pada tumpukan bantal sofa di tengah ruangan.

Bersama orang tersayang – sahabat, ibu, bapak, suami, atau istri – mereka diminta duduk berhadap-hadapan. Tanpa suara, tanpa kata, selama empat menit mereka hanya menatap satu sama lain dengan diiringi lagu ‘Dunia Tipu-Tipu’ karya Yura Yunita. 

Awalnya canggung, terasa geli, dan ingin menghindari tatapan satu sama lain. Namun ketika kedua mata bertemu, gerbang hati seakan terbuka perlahan. 

Sebuah koneksi terbangun, serangkaian cerita teringat. Hingga akhirnya, air mata pun mengalir, rasa sayang memenuhi hati, dan muncul perkataan, “Maafin aku ya. Aku sayang kamu.” 

Begitulah kira-kira gambaran Music Video terbaru Yura Yunita tentang lagunya yang berjudul ‘Dunia Tipu-Tipu’Bersama sutradara Gianni Fajri dan Bonita Rachel, serta ahli hipnoterapis Nabila Ghassani, Yura mengangkat konsep social experiment pada MV kali ini. 

“Dua orang yang sering bertemu, apalagi tinggal bersama, biasanya akan semakin jarang melakukan deep conversation. Semoga dengan adanya social experiment ini dapat membawa pergerakan yang baik, jadi pengen kontak orang tua atau sahabat,” kata Yura menjelaskan harapannya dengan penayangan MV ‘Dunia Tipu-Tipu’ pada Rabu, 27 Juli 2022 lalu. 

KEKUATAN TATAP MATA TERNYATA BISA BIKIN KITA MELIHAT ISI HATI ORANG LAIN. KARENA MATA ADALAH GERBANG HATI. LEWAT PENDEKATAN YANG BERBEDA MELALUI SOCIAL EXPERIMENT KEPADA 7 PASANGAN YANG SALING MENATAP, YURA BERHASIL MENGURAS EMOSI PARA PENONTON DAN PENDENGAR SETIANYA.
Behind the scenes MV ‘Dunia Tipu-Tipu’ yang berhasil menguras emosi para pendengar setia Yura Yunita. (Foto: Yura Yunita and Team)

Dilansir dari New York Times, ternyata eksperimen untuk menatap mata orang lain, baik yang kenal atau enggak, bisa meningkatkan kedekatan dan membuat mereka merasa lebih dekat dari sebelumnya. 

Pernyataan ini juga didukung sama penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti Jepang dalam jurnal Neuroimage yang mengatakan bahwa ketika dua orang saling bertatapan, maka akan terjadi sinkronisasi aktivitas otak yang berpengaruh pada intimasi keduanya. 

Itulah sebabnya saat social experiment ini dilakukan, para responden yang terdiri 7 pasangan dapat menangis bahkan meminta maaf kepada pasangannya. Sepasang suami dan istri yang telah melewati usia perkawinan selama 39 tahun bahkan berkata, “Maafin nenek (istri) ya, Kek (suami). Kakek nggak pernah marah, selalu nenek yang marah-marah. Maafin ya, Kek,” sembari menangis tersedu-sedu. 

Tampaknya MV Yura kali ini banyak menguras emosi, baik tim produksi maupun penontonnya. Walaupun begitu, proses ini dirasa begitu indah. Selama 10 jam proses syuting, semua tim produksi ikut menangis menyaksikan bagaimana hubungan para responden dapat dipulihkan. 

“Kekuatan tatapan mata, bisa membantu masing-masing individu untuk bisa merasa dan memahami satu sama lain. Tanpa mengucapkan sepatah kata, hanya dengan terhubung secara batin, rasa yang muncul pun jujur dan murni dari hati,” kata Nabila, selaku konsultan psikologi yang mengarahkan para responden yang terlibat. 

Yura memang dikenal dengan karya-karyanya yang mengutamakan unsur relateable dengan isu-isu mental orang Indonesia saat ini. Semenjak ia merilis lagu ‘Tutur Batin’, banyak pendengar Yura yang merasa dekat sama cerita yang ingin disampaikan lewat lagu Yura. 

Kali ini, ‘Dunia Tipu-Tipu’ ingin memberikan pesan bahwa ketidaksempurnaan itu normal

Lewat lirik yang sederhana sekaligus puitis, diikuti dengan melodi yang apik ciptaan Donne Maula yang sekaligus suami Yura, kita diajak untuk mensyukuri keberadaan orang-orang terdekat yang kita sayangi. 

Nggak cuma berhasil bikin nangis para penonton dan tim produksi, MV ‘Dunia Tipu-Tipu’ juga berhasil bikin sahabat-sahabat Yura, Raisa, Gamaliel, Afghan, dan Teddy menangis terharu. 

Lo udah nonton MV-nya belom, Civs? Yuk coba nonton dan rasakan sendiri perasaan yang coba Yura sampaikan lewat lagu ini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.