Viral

‘LOFI GIRL’ BERHENTI STREAMING SETELAH 20 RIBU JAM TAYANG, INI 3 MUSIK LAIN YANG BISA BIKIN LO FOKUS

Kerap menemani hari-hari nugas, belajar, skripsian, sampe kerja, channel YouTube Lofi Girl berhenti streaming setelah 2,3 tahun menemani hari-hari kita. Hal ini terjadi karena klaim palsu yang menyebabkan Lofi Girl harus memulai stream hours-nya dari nol lagi.

title

FROYONION.COM - Pada Minggu (10/7), kanal YouTube ‘Lofi Girl’ berhenti streaming setelah dengan setia 2,3 tahun tayang menemani kegiatan para penontonnya. Mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai karyawan kantoran banyak terbantu sama channel satu ini karena diakui bisa bikin pikiran jadi lebih fokus. 

Hal ini terjadi karena adanya klaim hak cipta dari FMC Music Sdn Bhd Malaysia yang menyebabkan kanal ‘Lofi Girl’ ditangguhkan setelah mendapatkan teguran dari pihak YouTube berulang kali. 

Kanal yang dulunya bernama ‘Chill Cow’ ini sudah meminta pihak YouTube untuk meninjau ulang mengenai penangguhan kanal mereka. Pasalnya, mereka yakin bahwa klaim yang diajukan salah dan telah merugikan mereka karena harus kehilangan jumlah stream hours yang telah mencapai lebih dari 20.000 jam tayang. 

Kabar terkini, YouTube mengakui bahwa klaim tersebut salah dan meminta maaf kepada channel ‘Lofi Girl’ atas kejadian ini. Melalui akun Twitternya, permintaan maaf telah dilayangkan bersamaan dengan pemberitahuan bahwa kanal mereka dapat diakses lagi pada hari ini (13/7). 

Buat yang merasa kehilangan ‘Lofi Girl’ waktu channelnya ditangguhkan, jangan sedih. Sekarang lo udah bisa menikmati alunan lagu Lo-Fi (low fidelity) di kanal ‘Lofi Girl’ lagi. Udah bisa deh dengerin musik Lo-Fi sambil laptopan di cafe biar jadi ‘si paling fokus’. 

Tapi kalo mau nyobain dengerin musik jenis lain, ada loh lagu-lagu lain yang bisa membantu lo untuk fokus selain lagu Lo-Fi. 

MUSIK KLASIK 

Menurut penelitian dari Universitas Stanford dan McGill tahun 2007, musik klasik dapat membantu otak untuk menyerap informasi baru, membantu meningkatkan daya ingat, dan membantu otak untuk memproses informasi. Dilansir dari Healthline, musik klasik juga dapat membuat tubuh jadi rileks.

Hal ini sering disebut sebagai Mozart Effect

Walaupun begitu, ada orang yang kurang suka mendengarkan musik klasik selama belajar atau bekerja karena bikin ngantuk dan malah terdistraksi. Kalau lo termasuk orang yang seperti ini, mungkin musik klasik nggak recommended buat lo. 

MUSIK ALAM

Alunan musik alam seperti percikan air, derasnya hujan, suara burung, dan desiran daun diterpa angin juga dapat membuat lo fokus dalam mengerjakan tugas-tugas lo. 

Pasalnya, suara-suara kayak gini bisa bikin lebih tenang, meningkatkan mood, dan pada akhir memotivasi diri untuk lebih fokus. Mungkin karena musik satu ini menawarkan ambience yang tenang. 

Tapi musik kayak gini kayaknya kurang cocok buat lo yang gampang kebelet pipis. Apalagi kalo dengerin suara air. Kebayangnya malah air di toilet, bukannya air terjun di tengah hutan yak. 

WHITE NOISE

Kalau yang satu ini jarang direkomendasikan ke orang-orang, tapi gue pribadi lebih suka dengerin white noise untuk bisa lebih fokus. 

Walaupun bukan termasuk jenis musik, white noise dipercaya dapat lebih efektif dalam meningkatkan fungsi otak agar tidak mudah terdistraksi. 

Dilansir dari Masterclasswhite noise adalah gabungan suara berfrekuensi antara 20-20.000 hertz yang pada akhirnya memproduksi suara ‘shhh’. Suaranya sih mirip suara TV rusak dicampur hujan deras. Susah juga sih jelasinnya. Daripada penasaran, mending denger sendiri. 

Itu tadi beberapa rekomendasi musik atau suara lain yang bisa membantu lo lebih fokus. Kalo lo paling suka dengerin yang mana, Civs? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.