Viral

FILM NGERI-NGERI SEDAP WAKILI INDONESIA DI OSCARS 2023

Film besutan Bene Dion ini mewakili Indonesia untuk The International Feature Film Award di Oscars tahun depan. Gimana cerita di baliknya? Mari simak!

title

FROYONION.COM - Ngeri-Ngeri Sedap, sebuah film drama-komedi-keluarga yang berhasil menguras emosi penonton sejak tayang di layar lebar beberapa waktu ke belakang terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang penghargaan film tertinggi di dunia, yaitu Oscars 2023, tepatnya untuk kategori International Feature Film Award.

Sembilan tokoh perfilman Indonesia yang tergabung dalam Komite Seleksi Oscars Indonesia 2022 (tiga di antaranya adalah Deddy Mizwar, Zairin Zain, dan Garin Nugroho) memilih film ciptaan Bene Dion ini setelah melalui proses pemutaran khusus di XXI Plaza Senayan pada hari Senin (12/9) kemarin.

Komite Seleksi Oscars Indonesia. (Sumber: RMOL)
Komite Seleksi Oscars Indonesia. (Sumber: RMOL)

Deddy Mizwar selaku ketua Komite Seleksi Oscars Indonesia 2022 mengatakan bahwa pemilihan Ngeri-Ngeri Sedap sebagai perwakilan Indonesia merupakan hasil maksimal oleh Komite yang dipimpinnya, untuk selanjutnya dijadikan ‘jagoan’ di panggung Oscars tahun depan.

Deddy menjelaskan bahwa ada beberapa syarat teknis yang harus dipenuhi oleh sebuah film untuk bisa maju ke ajang bergengsi dunia ini. Salah satunya, film pernah diputar di bioskop selama seminggu berturut-turut.

Bukan kategori sembarangan, award yang satu ini terbukti sulit untuk dimenangi oleh film-film karya sineas lokal selama puluhan tahun. Bersaing dengan puluhan negara di seluruh penjuru dunia, award ini memang dikhususkan untuk film layar lebar yang diproduksi di luar Amerika Serikat, dan berisikan dialog yang mayoritasnya nggak berbahasa Inggris.

Tepatnya, sejak tahun 1987, Indonesia secara total telah mengirimkan kurang lebih 23 film untuk ikut berkompetisi di kategori Best International Feature Film (sebelumnya bernama Best Foreign Language Film, kemudian diganti pada tahun 2019 menjadi Best International Feature Film).

Ngeri-Ngeri Sedap jadi film komedi kedua yang mewakili Indonesia di panggung Oscars. sebelumnya, film Nagabonar pernah dikirim jadi perwakilan Indonesia pada tahun 1987. Namun, saat itu Nagabonar belum berhasil masuk ke tahap nominasi.

Cuplikan film Ngeri-Ngeri Sedap. (Sumber: Imajinari)
Cuplikan film Ngeri-Ngeri Sedap. (Sumber: Imajinari)

Academy Awards atau yang lebih dikenal sebagai Oscars yang ke-95 akan diadakan pada tanggal 12 Maret 2023. Tahun sebelumnya, film asal Jepang yang berjudul Drive My Car berhasil memenangkan kategori International Feature Film.

Melalui drama keluarga yang relatable dan mampu membuat perasaan penontonnya campur-aduk, rasanya Ngeri-Ngeri Sedap bisa mendapatkan atensi dan apresiasi yang tinggi dari khalayak global. Semoga aja film ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat kita, masuk nominasi award, dan akhirnya bisa menang di perhelatan Oscars 2023 nanti ya, Civs! (*/)

BACA JUGA: ‘NGERI-NGERI SEDAP’: KETIKA RUMAH NGGAK MENJADI TEMPAT UNTUK PULANG

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.