Trends

TREN NIKAH GRATIS DI KUA NGGAK KALAH KEREN DENGAN NIKAH MEWAH DI GEDUNG

Di saat banyak orang berlomba-lomba memaksakan diri melaksanakan pernikahan yang mewah untuk mengejar gengsi, ternyata ada tren terbaru yang justru nikah dengan sangat sederhana dan minimalis, bahkan gratis. Tren tersebut muncul dari cuitan seseorang di Twitter.

title

FROYONION.COM - PERNIKAHAN, Sebuah kata yang bisa dipastikan menjadi impian bahkan tujuan bagi anak muda. Nggak mungkin kan lo hanya ingin pacaran terus menerus tanpa tujuan ingin menikah dan menjalani hidup bersama? 

Kelak kalau lo udah tua dan sakit-sakitan minimal ada yang mengurus lo dan lo nggak perlu kerja terus menerus dan punya duit banyak, emang buat apa semua itu? Kalau kata Hindia “Cepat namun sendiri, untuk apa?”.

Sayangnya menikah memang bukan perkara mudah seperti di FTV Civs.  Tidak hanya menyatukan dua manusia tapi dua keluarga, dan banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan. Termasuk soal perayaan setelah akad nikah alias resepsi. Pada umumnya resepsi dilaksanakan dengan cara menyewa gedung atau memblokir jalan kalau di desa. 

Biasanya hal ini juga menjadi sebuah ajang pembuktian kepada tetangga sekitar dan keluarga kalau menantunya itu mampu secara finansial, dan biar nggak jadi omongan tetangga. 

Kalau memang lo punya duit tabungan yang cukup hal tersebut wajar kalau lo lakuin, namanya juga momen bahagia dan sakral harus dirayain. 

Namun hal ini nggak berlaku buat lo yang masih struggle dalam kehidupan, duit sih ada tapi lebih punya mindset lebih baik tabungannya buat kehidupan setelah menikah, akan percuma kalau nikah mewah di gedung tapi besoknya masih bingung mau makan apa. 

Tenang Civs, buat lo yang pengen nikah sederhana dan tetap terlihat keren, kemarin ada sesuatu yang viral di Twitter dan sempat menjadi trending topic pada selasa (31/1/2023) yaitu pernikahan di KUA (Kantor Kementerian Agama) secara gratis alias Rp 0. 

Cuitan tersebut berawal dari pemilik akun Twitter @odongpejjj yang membagikan momen sakral pada saat dirinya dan pasangan menikah di KUA.

Nikah di KUA. (Sumber foto: @odongpejj)
Nikah di KUA. (Sumber foto: @odongpejj)

“Aku nikah tahun 2021 Gratis karena di KUA doang terus foto belakangnya pohon pisang HAHAHAHA,” tulisnya dalam cuitan di Twitter beserta unggahan foto pernikahan.

Bahkan mereka juga dengan bangganya membagikan momen sakral dan lucu tersebut di media sosial tanpa perayaan resepsi yang mahal hingga merogoh kocek puluhan juta.

Gimana Civs? Tertarik buat ngikutin jejak mereka untuk nikah di KUA? Gue punya tips atau semacam Wedding Dream yang bisa lo lakuin agar pernikahan di KUA ini nggak kalah keren dengan pernikahan yang dilaksanakan di gedung mewah. Jadi tetap bisa buat keperluan story-mu.

1. MEMILIH FOTOGRAFER

Ini adalah sebuah kewajiban mutlak yang harus lo penuhin kalau mau melaksanakan pernikahan di KUA, karena kalau lo melaksanakan pernikahan di KUA apalagi di jam kerja mereka yaitu Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB kalian bisa nikah dengan biaya Rp 0 tapi biasanya akan dilaksanakan bareng dengan beberapa pasangan yang lain juga, jadi lo harus selektif banget milih fotografer yang cocok dengan situasi seperti ini. 

Lo bisa milih fotografer yang punya pengalaman di street photography atau human interest biar hasilnya lebih maksimal, kenapa spesifik mereka? 

Karena kondisi nikah di dalam ruangan dengan peralatan sederhana, karena di situ pasti juga ada yang ngantri buat nikah. Jadi dengan skill fotografi tadi bisa membuat momen sakral ini bisa lebih memiliki cerita dan kenangan manis yang bisa dibagikan di media sosial.

2. PERAYAAN SEDERHANA

Namanya juga menikah yaitu menyatukan dua orang, kita juga tinggal di Indonesia yang masih sangat menjunjung adat istiadat. Nggak mau kan tiba-tiba nanti digrebek warga kok bisa bisanya cowok-cewek tinggal satu atap. 

Daripada nanti kejadian seperti itu, maka adakan perayaan sederhana cukup dengan mengundang keluarga dekat serta warga sekitar, minimal satu RT tau lah, Civs.

Memanggil KUA atau penghulu ke rumah hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp600 ribu. Ditambah perayaan sederhana makan-makan dan MUA mungkin sekitar 7-10 juta sudah lengkap, Civs.

Pengalaman dari temen gue sendiri true story nih. Dia ngundang warga sekitar satu RT buat makan besar bersama di rumah, setelah itu diberikan souvenir dan oleh-oleh makanan alias berkat gitu, Civs. 

Malu sama tetangga kok nggak dirayain? Ngomong aja sedang mengusung konsep minimalis dan tren di Twitter hahahaha.

BACA JUGA: ANTARA WEDDING ORGANIZER DAN TRADISI REWANG, MANA YANG LEBIH WORTH IT?

Menurut gue, Civs mau nikah sederhana atau nikah mewah semua itu tergantung kesepakatan bersama.

Nah kalau gue sendiri sih wedding dream gue  nggak terlalu maksain buat terlihat keren. Gue sepakat dengan omongan bapak Arie Je di Froyonion Meets masih nempel banget. Dia mengatakan: “Nah itu masalahnya; sekarang tuh apa-apa pengen terlihat keren. Padahal bukan itu yang dicari, orang cuma pengen santai. Tenang. Hidup damai."

Dia ngomongin itu waktu ngebahas masalah tanaman dan hutan, menurut gue sih tetep relevan sama kehidupan sekarang. Kalau kalian punya wedding dream seperti apa Civs! Nikah sederhana atau mewah? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Irfan Kusbiantoro

Warga sipil biasa yang kebetulan menjadi mahasiswa sastra arab tapi selalu merasa salah jurusan