Trends

BIAR NGGAK KEGOCEK, PAHAMI ARTI TEMPLATE KOMEN DI  MEDIA SOSIAL INI

Jangan sampai kegocek template! Beberapa kalimat berikut tujuannya buat lucu-lucuan bukan diseriuskan.

title

FROYONION.COM - Pernah kegocek template saat sedang scroll sosial media? Itu lho, menganggap serius komentar seseorang lalu menanggapinya dengan serius juga. Padahal, komentar yang diberikan adalah template dan dimaksudkan buat lucu-lucuan. 

Ada banyak template komen yang hampir pasti akan kalian temukan kalau berselancar di dunia maya. Biasanya, komentar ini diberikan sebagai tanggapan dengan nada bercanda pada suatu peristiwa atau seseorang.  

Apa saja sih template komen yang banyak ditemukan di sosial media dan apa arti sebenarnya? 

1. SEBAIK ITU ORANGNYA 

“Orang yang ngetawain (nama influencer) pasti belum ketemu orangnya langsung. Sebaik dan sehumble itu dia sama orang baru, salah satunya aku yang awalnya cuma fans malah bisa jadi temen. Semua yang udah ketemu sama dia pasti sependapat sama aku.” 

Ini template komen paling legendaris di Twitter. Kalau kalian gemar scroll Twitter, hampir pasti pernah menemukannya sekali atau dua kali. Walau udah populer, tapi ternyata masih ada saja yang kegocek template ini, lho.  

Kalimat di atas memang awalnya digunakan oleh seorang pengguna untuk mengomentari influencer ternama. Kemudian, oleh pengguna lain kata-katanya disalin dan dijadikan template komentar tiap kali ada berita terkait kelakuan negatif seorang publik figur.  

Jangan sampai kegocek, ya! Artinya bukan benar-benar sedang memuji seseorang, melainkan menyindirnya. 

2. CERITA KE NADIA OMARA 

Nah, kalau template komentar ini belakangan baru populer di TikTok. Biasanya, template ini digunakan untuk  mengomentari konten pengguna lain terkait curhatan mereka akan sesuatu.  

Siapa sih Nadia Omara dan kenapa orang-orang suka cerita ke dia? Jadi, Nadia Omara ini adalah seorang YouTuber. Konten-kontennya mencakup story telling kisah-kisah kriminal, sejarah, horor, religi, biografi pahlawan dan lain-lain.  

Salah satu segmen di kanal YouTube-nya adalah Kisah Horor Wawak atau KHW. Materi KHW ini berasal dari subscriber kanalnya yang mengirimkan pengalaman horor mereka untuk kemudian diceritakan kembali dalam bentuk video. Dari situlah muncul template komen cerita ke Nadia Omara. 

BACA JUGA:

MEMAKNAI KEMBALI FRASA ‘HIDDEN GEM’ YANG SEMAKIN OVERUSED 

3. MAHKOTAMU LAGI TRANSIT DI DC CAKUNG 

Template ini biasanya digunakan sebagai pengganti pujian pada seseorang yang memiliki rasa kemanusiaan tinggi atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan kemanusiaan. Orang tersebut diibaratkan sebagai raja sehingga pantas mengenakan mahkota.  

Mahkota ini diibaratkan sedang dikirim dan tengah dalam transit di DC Cakung. DC Cakung sendiri adalah singkatan dari drop center Cakung, tempatnya paket-paket belanja online disortir untuk kemudian dikirimkan ke alamat tujuan.  

4. AKU MENYEBUTNYA TAMPAN DAN PEMBERANI 

Template ini sedikit mirip nomor tiga di atas, tujuannya untuk memuji. Bedanya, template ini berasal dari salah satu dialog Squidward dalam kartun Spongebob Squarepants. 

Kalimat aslinya adalah “aku menyebutnya tampan dan berani”, diucapkan oleh Squidward saat menunjukkan salah satu karya seninya. Kemudian oleh netizen, kalimat ini sedikit dimodifikasi dan ditujukan sebagai pujian pada seseorang yang dirasa sangat berani dalam memberikan komentar atau konten di media sosial. 

5. KELUARGA UDAH TAU, TAPI MILIH BUAT RAWAT JALAN 

Pernah lihat konten seputar kelakukan buruk publik figur atau seseorang yang kemudian viral, kemudian komennya nggak jauh-jauh dari “keluarga udah tau sebenarnya, tapi kami lebih milih rawat jalan”.  

Ini kalimat sindiran bahwa orang tersebut adalah pasien gangguan jiwa yang sedang menjalani rawat jalan. Karena sedang rawat jalan itulah maka orang tersebut bisa berkeliaran bebas dan berkelakuan buruk. 

6. INI LCD-NYA YANG KENA 

Sama seperti nomor 5, template yang satu ini juga dimaksudkan untuk menyindir kelakuan seseorang yang sudah di luar nalar. Saking nggak masuk akalnya kelakuan orang itu, sampai diibaratkan seperti gawai yang LCD-nya rusak. 

Template ini sendiri berawal dari kalimat “ini pola pikirnya yang kena” lalu bagian pola pikir berubah menjadi LCD. Biar terkesan beda saja dan lebih lucu. 

BACA JUGA:

KENAPA GEN Z SUKA BANGET MENCIPTAKAN ISTILAH BARU? 

7. KETIK 1 KALAU INGIN MASUK SURGA 

Komentar template ini nggak secara spesifik ditujukan untuk konten tertentu. Memang ditulis untuk lucu-lucuan saja. Awal mulanya dari perintah untuk mengetik angka tertentu saat menghubungi call center melalui ponsel. Misalnya, “ketik angka 7 untuk pembelian paket”.  

Kalimat perintah ini lalu dipelesetkan menjadi “ketik angka 1 untuk masuk surga” dan reward lain apabila mengetik angka tertentu di kolom balasan. Biasanya, netizen akan membalas dengan rasa nggak percaya pada kalimat tersebut tapi tetap mengakhiri balasannya dengan angka yang diperintahkan. 

8. PINJAM DULU SERATUS 

“Biar silaturahmi tidak putus, pinjam dulu seratus”. Hampir pasti kalian pernah membaca komentar ini kalau sering scroll sosmed. Awal mula kalimat keramat “pinjam dulu seratus” adalah dari curhatan viral seorang pengguna sosmed yang mengaku dihubungi oleh salah seorang teman lamanya. 

Bukannya menanyakan kabar, teman lama itu ternyata hendak meminjam sejumlah uang. Dari sinilah frasa pinjam dulu seratus jadi viral dan banyak digunakan sebagai template komen. 

9. SEJAUH INI, INI YANG PALING JAUH 

Pernah baca template komen yang ini juga? Biasanya, template ini digunakan sebagai balasan untuk konten terkait sesuatu atau seseorang yang tindakannya sudah terlalu jauh. 

 Nah, itu dia sederet template komen yang biasa digunakan netizen di media sosial. Jangan sampai kegocek dan menganggap semua kalimat balasan di atas itu serius, ya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read