Tips

TIPS TAMBAH TINGGI BADAN TANPA OBAT PENINGGI

Meninggikan badan bisa dilakukan dengan cara mudah dan dengan metode yang alami.  Kalian tidak perlu mengonsumsi obat tinggi badan, yang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Langsung simak pembahasannya yuk!           

title

FROYONION.COM - Tinggi badan yang ideal merupakan impian bagi hampir kebanyakan orang dan tinggi badan pula menjadi suatu hal yang cukup penting, karena untuk beberapa keperluan, tinggi badan seringkali menjadi persyaratan. Misalnya, sejumlah instansi atau perusahaan yang mensyaratkan tinggi badan tertentu bagi para calon karyawannya. Itulah, alasan mengapa banyak orang yang kemudian mencari cara meninggikan badannya. 

Sebenarnya, para ilmuwan mempercayai bahwa faktor genetik atau DNA adalah faktor yang paling memengaruhi sekitar 80 persen tinggi badan seseorang. Bisa dikatakan, orang yang memiliki tubuh tinggi cenderung memiliki keturunan yang tinggi pula. Namun, faktor lingkungan juga bisa memengaruhi terhadap tinggi badan seseorang juga. Contohnya seseorang yang orang tuanya memiliki postur tubuh kecil, tetapi karena dia rajin olahraga, maka tidak menutup kemungkinan dia mempunyai postur lebih tinggi dari orang tuanya.

Saat ini, banyak bermunculan suplemen atau obat penambah tinggi badan yang dikonsumsi tanpa pendampingan dari dokter. Hal itu pastinya akan berisiko untuk tubuh karena orang awam tak tahu secara pasti efek sampingnya.

Kalau kalian ingin menambah tinggi badan, lebih baik memakai jalur alami dan sehat saja yaa. Berikut ini tipsnya!

1.    Konsumsi Susu Berkalsium Tinggi

Cara yang pertama adalah dengan kalian mengonsumsi susu berkalsium tinggi dan memiliki kandungan protein. Karena kalsium sendiri memiliki zat yang penting untuk menjaga kesehatan tulang, membantu dalam pertumbuhan tulang dan juga membantu pencegahan pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Pastikan kalian ketika membeli produk susu, dilihat pada tabel gizinya tertulis vitamin D. Karena vitamin D berperan penting bagi kesehatan tulang untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

2.    Perbaiki Postur Tubuh

Cara kedua ini, kalian harus terbiasa dengan aktivitas berdiri, duduk hingga tidur dengan benar, karena dengan kebiasaan yang kurang benar dapat menyebabkan postur tubuh kalian menjadi lebih pendek. Contohnya disaat kalian terbiasa membungkuk, tentunya akan membuat postur tubuh menjadi kurang proporsional.

Maka dari itu, jika kalian ingin memiliki tinggi badan sesuai dengan yang diinginkan, agar memperbaiki postur tubuh dulu ya. Misalnya, kalian bisa membiasakan diri untuk duduk dengan sikap yang benar dan berjalan dengan tegap agar badan terlihat lebih jenjang.

3.    Pastikan Istirahat Cukup

Dengan istirahat yang cukup kalian bisa menjaga kesehatan dan pastinya membantu pertumbuhan tinggi badan. Hal ini dikarenakan, ketika kalian istirahat atau tidur, energi kalian akan terisi kembali. Energi tersebut sangat bermanfaat selama proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh kalian.

 4.    Menghentikan Kebiasaan Tidak Sehat

Cara yang keempat untuk membantu dalam pertumbuhan tinggi badan kalian secara alami adalah dengan memulai untuk berhenti melakukan kebiasaan yang tidak sehat. Misalnya, merokok, sering makan junk food,  minum alkohol dan kafein. Yang pastinya kebiasaan tidak sehat diatas dapat menjadi penghambat pertumbuhan tinggi badan kalian.

5.    Melakukan Olahraga Berenang

Selain dapat membuat pikiran menjadi rileks, berenang juga bisa memperkuat dan memperpanjang tulang belakang dan dapat membantu postur tubuh menjadi lebih baik.

Ketika berenang otot pada tubuh akan selalu bergerak dan saat didalam air tubuh juga harus bergerak untuk melawan gravitasi. Bisa diartikan, bahwa bagian dada dan tubuh bagian atas akan melakukan peregangan dan berkontraksi secara berlawanan. Gerakan itu yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh.

Nah, kalian yang mau menambah tinggi badan bisa coba untuk melakukan olahraga berenang secara rutin ya. Tidak ada acuan mutlak seberapa lama durasi berenang yang dianjurkan agar tinggi badan dapat bertambah. Namun, beberapa ahli menyarankan agar berenang dilakukan sekitar 30 hingga 90 menit persesi secara rutin sekitar 2 sampai 3 hari sekali agar hasilnya lebih optimal.

6.    Melakukan Olahraga Basket

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan olahraga basket. Saat bermain olahraga ini, kalian harus berlari dan melompat. Gerakan tersebut diketahui dapat menstimulasi hormon pertumbuhan dan menyebabkan penambahan tinggi badan.

Banyak ilmuwan percaya bahwa melompat terus-menerus dapat mengalirkan darah ke bagian-bagian tubuh yang penting seperti kaki dan tulang belakang. Dengan melompat akan menahan tubuh di udara kemudian diikuti tekanan ketika kalian kembali ke tanah. Jadi, apabila dilakukan terus-menerus akan meningkatkan aliran darah ke titik pertumbuhan yang ada di tulang belakang dan kaki, yang pada akhirnya bisa menambah tinggi badan kalian.

Para ilmuwan juga mengatakan bahwa bermain basket berpengaruh langsung ke tingkat HGH (Human Growth Hormone) pada tubuh. HGH merupakan hormon yang bertanggung jawab atas pertumbuhan badan. Melompat dan berlari didalam olahraga basket, bila ditambah dengan asupan nutrisi yang bergizi akan menambah jumlah HGH di dalam tubuh.

 7.    Melakukan Olahraga Bersepeda

Cara menambah tinggi badan yang terakhir yaitu bersepeda. Selain meningkatkan stamina, olahraga ini juga dapat menambah tinggi badan. Tubuh bagian bawah bekerja cukup berat untuk mengayuh selama bersepeda. Otot lutut dan kaki dapat menerima lebih banyak aliran darah dari gerakan mengayuh, sehingga mendorong pertumbuhan otot kalian.

Selain itu, bersepeda juga dapat membuat paru-paru kalian bekerja lebih keras untuk menyuplai darah ke seluruh tubuh. Artinya, tubuh bagian atas menjadi lebih kuat dan dapat meningkatkan pertumbuhan.

Dikutip dari alodokter.com, saat ini belum ada studi yang mengatakan tentang lamanya waktu olahraga dapat meninggikan badan. Namun, selama kalian melakukan olahraga secara rutin dan teratur serta tidak berlebihan maka dapat membantu dalam proses pertumbuhan.

Itulah beberapa cara menambah tinggi badan secara efektif untuk kalian. Mulai dari mengonsumsi susu berkalsium tinggi, istirahat yang cukup, hingga rutin berolahraga.

Lakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas terkait cara menambah tinggi badan dengan sehat dan alami. Sebagai pengingat untuk kalian semua, jangan mudah percaya dengan berbagai produk peninggi badan yang menawarkan hasil instan dan banyak ditemukan promonya di media sosial bahkan di pasaran. Contohnya dalam bentuk susu, suplemen atau obat pil. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Doni Dwi Setiawan

Lebih baik tidak tahu, tapi pingin tahu, dari pada sok tahu.