Tips

TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT PUASA

Sehat itu mahal harganya. Maka, meski sedang berpuasa mari tetap jaga kesehatan.

title

FROYONION.COM - Saat puasa, seseorang harus menahan lapar dan haus selama seharian. Dengan demikian, asupan makanan ke dalam tubuh juga akan berkurang. Energi yang dihasilkan juga tidak sebesar hari-hari biasanya

Terlebih, keinginan untuk meningkatkan intensitas ibadah di tengah malam juga muncul. Alhasil, pola tidur malam juga akan berkurang.

Meski sedang berpuasa, memperhatikan kesehatan tetap penting. Sebagai rekomendasi, berikut tips menjaga kesehatan saat puasa:

1. Pola Makan Sahur yang Baik

Sahur memiliki peran penting untuk menjaga stamina selama berpuasa. Untuk itu, kalian dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur. Hindari juga makanan berminyak agar tidak mudah mengantuk.

2. Pola Makan Saat Berbuka

Pola makan saat berbuka juga menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan saat puasa. Kebiasaan mengkonsumsi banyak makanan saat berbuka ternyata tidak baik.

Asupan makanan yang berlebih saat berbuka dapat menyebabkan perut sesak. Oleh karena itu, kalian dianjurkan untuk makan makanan secukupnya dan bertahap. Mulai dari air putih kemudian makanan manis.

3. Menjaga Pola Makan Malam

Setelah seharian berpuasa, makan malam adalah hal yang ditunggu-tunggu. Tapi, jangan sampai kalian memakan terlalu banyak makanan.

Selain memperhatikan porsi makan, kalian juga perlu menghindari beberapa makanan seperti kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur serta menimbun lemak di tubuh.

4. Aktivitas Fisik

Meski sedang berpuasa, jangan sampai kalian malas-malasan untuk beraktivitas fisik. Aktivitas fisik penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah jalan cepat, jogging, push up hingga sit up. Lakukan aktivitas fisik selama 30 menit. Kalian tidak boleh terlalu lama karena akan banyak menguras energi.

5. Menjaga Pola Tidur

Satu hal lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah menjaga pola tidur. Waktu tidur saat puasa pasti akan berkurang. Oleh sebab itu kalian tidak boleh tidur terlalu malam.

Selain itu, sempatkan untuk tidur siang meski hanya beberapa menit saja. Jangan biarkan badan kalian terlalu dipaksa sehingga akan mempengaruhi kesehatan.

Itulah ulasan mengenai tips menjaga kesehatan saat puasa yang bisa kalian terapkan di rumah. Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan kalian mampu menjaga kesehatan selama puasa. Selamat mencoba! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Diyo Suroso

Jurnalis dan content writer