Tips

TAK CUMA GILI TRAWANGAN, INI 7 GILI INDAH LAINNYA DI LOMBOK

Selain Gili Trawangan yang terkenal, masih ada 6 Gili lainnya yang gak kalah indah dan wajib dikunjungi saat liburan ke Lombok.

title

FROYONION.COM - Siapa yang baru tahu kalau Gili itu artinya pulau kecil dalam bahasa Sasak? Ya, Gili bisa dikatakan sebagai pulau kecil yang ada di Lombok. Kalau Bali sebutannya Nusa, maka Lombok memakai kata Gili.

Gili yang paling terkenal di Lombok dan ramai oleh wisatawan mancanegara adalah Gili Trawangan. Tapi, sebenarnya masih ada banyak Gili lainnya yang gak kalah cantik, bersih, indah dan menawarkan banyak pesona unik. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. GILI AIR

Gili Air letaknya paling dekat dengan pulau Lombok, tinggal menyeberang dan bisa sampai kurang dari 30 menit. Gili Air adalah spot favorit bagi diver pemula atau orang yang suka snorkeling karena banyak ikan-ikan cantik dan terumbu karang yang mudah dilihat. 

Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, Gili Air termasuk Gili dengan fasilitas yang cukup lengkap dan cocok didatangi oleh wisatawan. Banyak cafe, coffee shop, toko-toko dan penginapan.

Kalau liburan ke Lombok, kamu bisa ambil paket one day trip 3 Gili lho, bisa sekaligus mengunjungi Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

2. GILI MENO

Selain Gili Trawangan, kamu bisa datang ke Gili Meno untuk snorkeling dan melihat habitat penyu di dalam perairan yang sangat jernih. Gili Meno tidak seramai Gili Air dan Gili Trawangan, cocok buat yang mau healing atau honeymoon romantis. 

Selain penangkaran penyu, kamu bisa mengunjungi taman burung, hutan bakau dan danau air asin di tengah pulau yang unik banget. Gili Meno juga menyediakan cukup banyak penginapan, hotel, cafe dan fasilitas umum lainnya, jadi jangan sampai kebingungan ya!

BACA JUGA: 10 JENIS OLAHRAGA AIR YANG COCOK UNTUK ANAK MUDA DI PANTAI

3. GILI NANGGU

Gili Nanggu adalah salah satu Gili di Lombok yang wajib kamu datangi. Airnya sangat bening seperti kaca dengan gradasi tosca to deeper blue dan pasir pantainya putih banget. Gili Nanggu relatif masih sepi dan tidak memiliki penginapan, jadi kamu bisa menikmatinya tanpa perlu menginap. Kecuali, kalau bawa tenda sendiri.

Disini, kamu bisa trekking mengelilingi pulau, berjalan-jalan di pantai, berenang dan snorkeling. Kalau mau kesini, kamu bisa berangkat dari Mataram menuju Tawun di Sekotong, lalu melanjutkan dengan speedboat selama 15 menit.

4. GILI KEDIS

Gili Kedis adalah salah satu Gili yang unik karena ukurannya kecil dan hanya memiliki beberapa vegetasi pohon. Kalau kamu mau coba ke Gili yang masih jarang banget dikunjungi orang, kamu bisa main ke Gili Kedis dan snorkeling disini karena biota lautnya jauh lebih banyak, bagus dan alami dibanding Gili Air, Gili Meno, Gili Nanggu dan Gili Trawangan. Foto dengan drone disini juga bakal terlihat super instagramable!

5. GILI PETELU

Ada lagi Gili lain, namanya Gili Petelu. Gili Petelu berbentuk dua pulau karang yang ditumbuhi banyak tanaman dan pohon, air laut di sekelilingnya sangat bersih dan berwarna hijau tosca. Gili ini dekat dengan Pink Beach, jadi kamu bisa sekalian mampir dengan menyewa perahu nelayan setempat.

6. GILI ASAHAN

Gili Asahan tidak kalah menarik dari yang lain. Mungkin diantara yang lainnya, Gili Asahan memiliki deretan pohon kelapa paling rapi dan pemandangannya mirip dengan di Hawaii. Gili Asahan memiliki spot diving dan snorkeling point yang sangat indah, selain itu ada banyak bungalow dan campground area. Jadi, kamu bisa bermalam disana dengan suasana yang tenang dan asri.

7. GILI PASIR

Gili lainnya yang paling unik di Lombok adalah Gili Pasir. Setidaknya, cobain kesini minimal satu kali buat ngerasain pengalaman sekalian bikin konten. Gili Pasir ini adalah gili terkecil dan bentuknya memang hanya sebuah gundukan pasir.

Gili Pasir biasanya digunakan sebagai tempat memancing, karena saat air laut pasang, gundukan pasir itu tidak akan terlihat sampai airnya surut. Kalau buat konten, pasti unik dan seru banget karena merasa seperti sedang berdiri di tengah lautan luas.

Gimana? Sekarang jadi tahu kan kalau ternyata ada beberapa pilihan Gili indah lainnya yang ada di Lombok dan wajib kamu kunjungi kalau main kesana. Kalau kamu tahu Gili lain yang belum terekspos, komen di bawah ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.