Tips

PANDUAN AGAR LO TETAP STYLISH MESKIPUN DENGAN ISI DOMPET YANG TIPIS!

Dengan mengikuti panduan ini, seenggaknya lo masih bisa tetap tampil stylish meski dengan isi dompet yang kritis.

title

FROYONION.COM - Sudah menjadi fitrah manusia bisa mengaktualisasikan diri dan mencoba ngedapetin pengakuan banyak orang terlebih dari doi. Termasuk kamu kaum anak muda yang kerja di industri media kreatif Indonesia yang butuh outfit agar terlihat keren dan kekinian. 

Maka untuk menunjang hal tersebut, fesyen yang udah menjelma jadi tren anak muda Indonesia bisa menjadi salah satu opsi yang mendukung serta lebih masuk akal bagi kaum anak muda untuk mengaktualisasikan dirinya.

Anak muda dan fesyen merupakan dua hal yang gak dapat dipisahkan. Keberadaan fesyen juga bukan semata-mata untuk gaya-gayaan doang. Jauh daripada itu, fesyen menjadi bagian seseorang dari wujud untuk melindungi diri, eksistensi, bahkan kembali ke dasar, menjadi bagian dari kebutuhan primer.

Bahkan dalam tingkat religi, berpakaian yang rapi dan menutup aurat sudah menjadi kewajiban. Namun, di samping itu perkembangan fesyen di Indonesia selalu mengalami perkembangan yang semakin gila-gilaan. Karena tren fesyen yang semakin berkembang tersebut, acap kali anak muda  kesulitan mengikuti perkembangan tren karena masalah budget yang semakin besar.

Tapi jangan khawatir dulu, Civs. Karena untuk berpenampilan stylish dan tetap trendi sebenarnya gak harus ngeluarin budget yang mahal, kok. Karena lewat panduan ini, lo bisa mencoba tetap tampil stylish walau dengan isi dompet yang bikin nangis.

BELI BAJU THRIFTING (PRELOVED)

Jangan malu pakai barang thrifting atau preloved, Civs. Bahkan tren beli pakaian ini kerap digandrungi oleh anak muda. Karena selain dengan harga yang lebih membumi, lo juga bisa ngedapetin produk yang berkualitas loh. 

Gak cuman itu aja dengan memburu pakaian thrifting ini, lo berkontribusi langsung untuk menjaga kelestarian bumi. Kok bisa? Karena dengan membeli baju bekas menjadi upaya lo untuk mengurangi sampah pakaian yang sulit terurai.

Kalau lo nonton video yang berjudul The Life Cycle  of a Tshirtmaka akan tergambarkan bagaimana industri pakaian memiliki banyak dampak buruk yang sangat serius terhadap lingkungan. 

HUNTING PAKAIAN DASAR

Kalau lo gak mau beli baju bekas karena beberapa alasan, lo bisa mencoba stok baju polosan dengan harga murah mulai dari baju, celana hingga sepatu. Tujuannya apa? Meskipun dengan baju yang gak banyak, lo enggak terlalu bingung saat mix dan match pakaian. 

Selain polosan, diusahakan beli warna yang netral dan sesuai dengan postur badan lo. Jika badan lo bongsor dengan perut rada buncit, sebaiknya pilih warna yang gelap agar lo gak dikira bapak orang. Tapi kalau lo kurus, gunakan pakaian dengan warna cerah yang memang identik dengan warna anak muda biar gak keliatan norak.

WAKTU YANG TEPAT SAAT BELANJA

Jika lo masih kebelet pengen beli baju yang branded plus baru tetapi dengan harga yang murah. Maka jalan salah satu jalannya ialah dengan discount. Di sini kemampuan lo dalam menemukan momen dan waktu yang tepat sangat diperlukan.

Biasanya, pada saat momen tertentu seperti akhir tahun, menjelang hari raya atau tanggal cantik. Biasanya para penjual akan memberikan diskon besar-besaran sebagai strategi untuk menarik konsumen.

Tapi selain diskon, lo juga bisa mendapatkan pakaian bagus plus murah dari toko yang mau tutup. Biasanya jika ada toko yang gulung tikar, maka semua produk yang ada bakal dijual dengan great sale, daripada kebuang mending jadi uang.

Tapi untuk mendapatkan produk yang seperti itu, lo harus bersabar dan terkadang ketika udah nemuin produknya, ehh malah ukuran atau warnanya nya yang gak sesuai dengan kemauan lo. 

BELI BAJU ONLINE

Buat lo yang kaum mageran namun tetap ingin tampil modis, lo bisa hunting pakaian lewat marketplace. Platform jual beli online memang sudah menjadi primadona anak muda Indonesia, karena selain praktis dan nggak buang waktu, lo juga bisa lebih menghemat pengeluaran tanpa panas-panasan di luar rumah. 

Lo bisa membeli di toko online yang tepercaya atau yang official-nya yang sekarang udah banyak bertebaran di mana-mana. Kadang beberapa toko sering mengadakan flash sale, jadi harganya lebih murah. 

Namun untuk menghindari baju reject-an pabrik atau sisa ekspor ilegal yang sering beredar di platform jual beli online. Lo bisa cari toko online yang memang memasarkan brand lokal, atau lebih baiknya lo bisa searching beberapa brand lokal yang official biar lebih jelas dan puas.

Itulah beberapa tips tetap tampil modis tanpa harus memikirkan budget yang gede. Daripada lo memaksa beli barang yang mahal namun gak terlalu penting banget. Mending sesuaikan harganya dengan gaya dan kantong lo, yang penting lo tetep pede dan bisa mix dan match tampilan lo dengan baik. Meskipun outfit lo seharga 100 ribu, tapi dikira orang jutaan rupiah.

Yaa daripada uang lo habis untuk beli baju doang, mending alokasikan aja ke investasi atau bisnis kreatif buat modal ngelamar doi, ya gak? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Bayu Dewantara

Mahasiswa UI(n) Jakarta, Content Writer, Civillion, Penulis buku antologi "Jangan Bandingkan Diriku" dan "Kumpulan Esai Tafsir Progresif"