Tips

MEMANFAATKAN PRAKERJA AGAR BISA CEPAT BEKERJA

Jika dimanfaatkan dengan baik, program ini bukan hanya dapat meningkatkan kemampuan dan daya saing tapi berpotensi membuka lapangan pekerjaan baru. 

title

FROYONION.COM - Kartu prakerja hadir sebagai salah satu solusi peningkatan kemampuan masyarakat yang dapat dilakukan secara daring. Target peserta dari program ini adalah masyarakat usia produktif yang tengah mencari kerja, karyawan yang terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi di bidangnya. 

Program ini hadir menawarkan berbagai manfaat mulai dari saldo untuk membeli pelatihan, insentif berupa uang dan berbagai pelatihan yang dapat diikuti secara daring sehingga dapat diakses kapanpun dan di manapun. Beragam benefits ini jika dimanfaatkan dengan bijak, dapat membantu masyarakat untuk memiliki daya saing di dunia kerja, mendukung kualitas hidup yang lebih baik sekaligus membuka lapangan pekerjaan yang baru di berbagai sektor.  

Bagaimana memanfaatkan insentif kartu prakerja, agar dapat meningkatkan daya saing di dunia kerja? 

PELATIHAN SESUAI DENGAN MINAT ATAU BIDANG YANG DIGELUTI

Pada platform prakerja, tersedia berbagai jenis pelatihan yang memang sudah disesuaikan dengan tuntutan dunia kerja saat ini. Untuk itu, kamu harus memahami terlebih dahulu minat yang ingin kamu kembangkan sehingga dapat menunjang kemampuanmu di dunia kerja. Atau bisa juga, kamu skill up di bidang yang tengah kamu geluti saat ini. 

Berbagai pelatihan yang tersedia, jika diikuti dengan sungguh-sungguh akan memberikan ilmu dan kemampuan yang bisa kamu manfaatkan. Apalagi, pemateri yang terlibat dari pelatihan-pelatihan pada platform prakerja ini, merupakan ahli di bidangnya. 

Untuk kamu yang memiliki minat di dunia kuliner misalnya, kamu bisa mengikuti pelatihan seperti strategi penjualan, pemasaran digital atau pengaturan keuangan. Pelatihan ini dapat menunjang kemampuan bisnismu dari hulu ke hilir. Jadi tidak sekedar fokus ke produksi saja, tapi juga perencanaan hingga eksekusi penjualan produk.

Jangan memilih pelatihan hanya karena ingin insentif segera cair ya. Manfaat insentif mungkin hanya bisa dinikmati hitungan hari atau minggu, tapi ilmu dari pelatihan yang kamu ikuti bisa diaplikasikan bahkan seumur hidup.

BACA JUGA : UPGRADE SKILLS KREATIF LO LEWAT PROGRAM KARTU PRAKERJA 

PILIH PELATIHAN YANG SALING MENDUKUNG

Karena saldo untuk membeli pelatihan terbatas, sebaiknya kamu memang melakukan riset terlebih dahulu tentang jenis pelatihan yang kamu butuhkan dan mitra pelatihan mana yang menawarkan konsep pembelajaran paling sesuai untukmu. Informasi ini dapat kamu temukan di silabus pelatihan. Perhatikan metode pembelajaran, tugas dan durasi pelatihan. 

Jika pelatihan yang kamu pilih lebih dari satu, pastikan tema pelatihan tersebut saling mendukung satu sama lain agar hasil pembelajaran yang didapatkan juga lebih maksimal. Tema pelatihan yang linier ini, memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi secara utuh. 

Misalnya, jika ingin mengambil pelatihan multimedia kamu bisa mengambil kelas desain grafis, editing foto sekaligus editing video. Atau jika kamu berminat untuk membuka usaha, kamu bisa mengambil kelas pengelolaan keuangan sekaligus strategi pemasaran baik secara konvensional maupun digital. 

PRAKTIKKAN SEGERA

Setelah mengikuti berbagai pelatihan, ini saatnya untuk kamu mulai mempraktekkan dan mengeksekusi ilmu yang sudah didapat. Lakukan trial error pada masa ini, buat portofolio sebanyak-banyaknya dan jangan lupa lakukan personal branding melalui akun sosial mediamu. 

Sosial media dapat dijadikan sebagai platform menunjukkan hasil karya bahkan menjual produkmu. Mulai dari soft-selling juga boleh loh. 

BACA JUGA : APA SIH YANG DIKEJAR GEN Z DI DUNIA KERJA? 

MANFAATKAN INSENTIF DENGAN BIJAK

Selain saldo untuk membeli pelatihan, keuntungan lain yang diberikan dari program prakerja adalah insentif yang ditransfer ke rekening sesuai pilihan peserta. Manfaatkan insentif ini untuk keperluan yang dapat menunjang tujuan peningkatan karir kamu. Insentif ini dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha, membeli peralatan atau software yang dibutuhkan atau mengoptimalisasi bisnis yang mungkin sebelumnya sudah kamu jalankan. 

BOLEH COBA HAL BARU, ASAL...

Mencoba hal baru dengan memilih pelatihan di luar bidang yang kamu geluti tentu saja tidak ada salahnya. Malah, ini merupakan kesempatan yang baik untuk mencoba dan memulai hal baru. Kapan lagi kursus dibiayai negara, dilakukan dengan daring dan dapat diakses di mana saja kapan saja, sekaligus diberi insentif.  

Namun, pastikan kamu tetap menjalankan dan menyelesaikan pelatihan yang telah kamu pilih dengan penuh komitmen. Ingat, proses penerimaan peserta prakerja dilakukan melalui proses seleksi. Kamu yang lolos menjadi peserta, termasuk orang yang beruntung. Jadi manfaatkan keberuntungan ini dengan penuh tanggung jawab ya. 

BACA JUGA : 5 TIPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA NONVERBAL UNTUK GEN Z

Untuk dapat menerima semua manfaat yang ditawarkan dalam program kartu prakerja, pastikan kamu memenuhi syarat pendaftarannya. Syarat dari peserta prakerja antara lain adalah WNI dengan rentan usia 18 hingga 64 tahun, tidak sedang bersekolah, merupakan pencari kerja, karyawan yang terdampak PHK atau Pekerja yang ingin meningkatkan kemampuan dibidangnya dan bukan merupakan ASN atau pegawai BUMN. 

Informasi pembukaan gelombang penerimaan peserta, bisa kamu dapatkan di instagram resmi kartu prakerja. Pahami juga tahapan yang harus kamu lalui untuk mendapatkan insentif. Jangan sampai ada tahapan yang terlewat karena nanti insentifmu bisa tidak cair.  

Jangan menyerah kalau kamu belum lolos pada gelombang yang sedang dibuka. Kamu bisa mencoba lagi di gelombang selanjutnya. Selagi menunggu proses pengumuman seleksi, kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan mencari tahu kemampuan apa yang ingin kamu kembangkan dan pelatihan seperti apa yang kamu butuhkan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anandhita Nugrahanti

Scriptmaker, content planner and forever learner