Tips

MEMAHAMI SELF LOVE UNTUK PELIHARA KESEHATAN MENTALMU

Mencintai diri sendiri merupakan satu hal sederhana tapi tidak sedikit yang gagal menjalaninya. Kalian sudah mencintai diri sendiri belum?

title

FROYONION.COM - Self-love merupakan istilah untuk mencintai diri sendiri yang tidak asing belakangan ini terutama bagi kaum muda-mudi. Self-love dianggap penting untuk diri sendiri karena kalian akan lebih mudah berpikir positif juga berpengaruh pada kesehatan mental. 

Saat kalian mencintai diri sendiri tidak hanya akan menerima ketenangan dalam hidup, namun hal ini juga memiliki dampak baik bagi kesehatan fisik maupun mental kalian. Berikut beberapa alasan self-love begitu penting:

KEPUASAN HIDUP

Seseorang yang menerapkan self-love akan lebih bisa menerima diri sendiri apa adanya terutama dalam menerima semua kondisi dalam hidup yang dijalaninya saat suka maupun duka. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi atas segala keputusan dan tindakan yang diambil. Semuanya tentu saja memengaruhi kepuasan dalam hidup karena kalian memiliki kontrol atas diri sendiri.

KURANGI RISIKO GANGGUAN MENTAL

Saat kalian tidak bisa menerima diri sendiri secara apa adanya dan merasa tidak nyaman itu merupakan hal yang dapat memicu stres, jika dibiarkan begitu saja tentunya mengganggu kondisi psikologis kalian. 

Orang yang memiliki self-love rendah rentan terkena gangguan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan makan. Maka dari itu, untuk menjaga kondisi mental kalian tetap sehat, penting sekali untuk dapat menerima dan mencintai diri kalian sendiri secara apa adanya.

BACA JUGA : ‘SELF-LOVE’ JANGAN SAMPAI MERUGIKAN DIRI SENDIRI

TINGKATKAN HARGA DIRI

Harga diri atau self-esteem juga berperan penting dalam kesehatan mental. Self-esteem yang dimaksud disini adalah cara bagaimana seseorang memandang dan menerima dirinya sendiri, dan merasa percaya diri. Seseorang yang memiliki self-love dengan baik hal ini pun akan meningkat dengan sendirinya.

CARA TERAPKAN SELF LOVE 

Menerapkan self-love pada diri sendiri tidaklah susah, hal ini justru terbilang gampang dan pastinya semua orang dapat melakukannya. 

Mengenali Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri seperti menemukan jawaban atas semua pertanyaan-pertanyaan mengenai diri sendiri, impian apa yang ingin dicapai, mengetahui ketakutan terbesar, hingga ketakutan yang dimiliki. Jika kalian tidak dapat mengenali diri kalian sendiri maka ungkapan self-love hanyalah kiasan semata.

Mengutamakan Diri Sendiri 

Banyak orang yang selalu mendahulukan kebahagian orang lain dibandingkan dirinya sendiri dan menempatkan dirinya jauh dibelakang. Jika hal ini terus menerus dilakukan maka tandanya kalian tidak menghargai diri sendiri. 

Mulai sekarang cobalah untuk memikirkan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memikirkan orang lain. Biasakan tanya pada diri sendiri apakah keputusan yang diambil tepat atau tidak, membuat bahagia atau tidak. 

BACA JUGA : 5 CARA BANGUN KEBIASAAN UNTUK IDENTIFIKASI DIRI

Jangan Bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Sebagai manusia biasa tentunya sering kali kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain, hal ini terjadi karena terbiasa dengan hidup yang bersifat kompetitif terutama dalam bersosialisasi. Sejatinya tidak ada manusia yang sempurna. 

Fokuslah pada apa yang menjadi tujuan serta mimpi kalian dalam hidup ini, jangan lagi membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka kalian akan merasa lebih ringan dan memiliki motivasi tanpa adanya beban. 

Selain cara yang sudah disebutkan, kalian bisa menerapkan self-love dengan menerima beragam emosi yang kalian rasakan seperti takut, senang, dan bahagia. Terpenting adalah kalian juga harus belajar menerima segala rasa sakit yang dirasakan.

Jangan sampai kalian tidak memperdulikan lingkungan sekitar akibat sibuk menerapkan self-love dalam diri kalian. Tetap berbuat baik, peduli, dan bersikap empati kepada orang lain. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Canda Christie Setiawan

Writer