Tips

LIBURAN SAMBIL BELAJAR SLOW LIVING DAN MINDFULNESS? CEK 2 TEMPAT INI!

Capek dengan hiruk pikuk kota yang serba cepat? Coba datang ke dua tempat unik ini!

title

FROYONION.COMGaya hidup yang sustainable dan slow living telah menjadi dambaan banyak orang, terutama orang-orang yang biasa hidup dalam rutinitas yang serba cepat tanpa bisa menikmati hal-hal kecil. Apa itu slow livingSlow living adalah mindset dan habit dalam menyusun gaya hidup yang lebih bermakna, penuh kesadaran, seimbang dan memperlambat segala sesuatunya untuk menghargai dunia di sekitar serta apa yang sudah dimiliki saat ini.

Sekarang, kamu bisa merasakan pengalaman unik dengan berlibur sambil belajar slow living yang identik dengan mindfulness atau fokus pada saat ini (present time). Terletak di Bandung, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kedua tempat ini menawarkan pengalaman yang gak akan terlupakan bagi para pengunjungnya.

BHUMI BHUVANA JOGJA: BELAJAR MINDFULNESS BERAWAL DARI MEJA MAKAN

Bhumi Bhuvana Jogja adalah sebuah bulk store sekaligus rumah dari pemiliknya, Bukhi Prima Putri. Tempat ini sangat magical dan multifungsi. Interiornya benar-benar kayak rumah Ghibli. Selain berfungsi sebagai toko kelontong, Bukhi juga mengonsep Bhumi Bhuvana ini sebagai ruang belajar dan mempraktikkan gaya hidup selaras dengan alam.

Bhumi Bhuvana menghadirkan beragam workshop dan aktivitas berkonsep mindfulness yang terbuka untuk umum (dengan reservasi), yaitu Magic Table. Pengunjung yang ingin merasakan pengalaman ini bisa reservasi terlebih dahulu secara online.

Bakal ngapain aja? Nantinya, Bukhi akan mengajak kamu untuk merasakan pengalaman bersantap dari mulai pergi ke pasar membeli bahan masakan, pengolahan sampai penyajian. Semua dilakukan sambil edukasi tentang gaya hidup berkelanjutan dan mindfulness. Tidak lupa diajak jalan-jalan di sekitaran area Jogja yang rutenya sudah ditentukan.

Disini, kamu akan merasakan kehangatan interaksi dan perbincangan penuh makna. Vibes yang disajikan oleh Bhumi Bhuvana tentu lain dari tempat manapun yang pernah kamu datangi. Tempat ini menjual aneka produk ramah lingkungan, mulai dari sayur-mayur, peralatan rumah tangga, hingga berbagai macam camilan yang semuanya telah lolos kurasi dari si pemiliknya sendiri.

Ketika memasuki toko ini, kamu akan langsung disambut oleh rak-rak kayu yang tersusun rapi yang dipenuhi deretan toples penuh dengan aneka camilan sehat, bahan-bahan organik, perkakas rumah tangga hingga rempah-rempah.

Tertarik berkunjung ke Bhumi Bhuvana? Kalau ke Jogja, sempetin datang ya. Cek Instagramnya di: https://www.instagram.com/bhumibhuvana_jogja.

BACA JUGA: BRAND FASHION LOKAL INI USUNG TEMA SUSTAINABLE BUSINESS

KABIN KEBUN BANDUNG: BELAJAR SLOW LIVING SAMBIL STAYCATION

Pindah ke area Bandung, Jawa Barat, ada tempat liburan unik buat yang suka staycation. Sambil staycation, kamu bisa belajar tentang slow living Kabin Kebun langsung dari si pemilik rumah, Teh Ukke. Kabin Kebun Bandung memiliki tiga kabin (ruangan) yang bisa disewa oleh pengunjung dan memiliki lahan berkebun besar tempat pengunjung bisa berkeliling dan diajarkan tentang konsep sustainable agriculture, slow food dan slow living.

Tempat ini sangat cocok bagi orang-oran yang ingin melepaskan penat dari riuhnya kota dan belajar untuk lebih menghargai waktu dan keadaan sekitar. Tanpa ada Wifi dan TV, pengunjung seperti ‘dipaksa’ untuk bisa lebih aware dengan keadaan sekitar.

Tak hanya ada garden tour penuh ilmu dari Teh Ukke, ada juga aktivitas workshop bernama Bikin-Bikin yang bisa dilakukan oleh pengunjung seperti membuat ecoprint, kertas daur ulang dan merangkai sukulen. Seluruh hal yang ada di Kabin Kebun memang diniatkan untuk selaras dengan alam, mulai dari bahan bangunan, metode penanaman sayur dan tumbuhan sampai pengolahan sampahnya.

Wah, kalau ke sini pasti dijamin berkesan. Biar gak ketinggalan, kamu bisa booking Kabin Kebun dari jauh-jauh hari karena mereka hanya buka di akhir pekan. Kamu bisa cek selengkapnya di akun Instagram: https://www.instagram.com/kabinkebun.

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.