Tips

HIDUP TERASA DI SITU-SITU AJA? 3 MINDSETS INI AKAN MEMBUATMU BERTUMBUH SETIAP HARI

Merasa nggak ada progress dalam hidup ini? Bisa jadi penyebabnya adalah mindset lo yang kurang pas. Simak 3 jenis mindset yang bisa membuat lo maju dalam hidup di artikel ini, Civs.

title

FROYONION.COM - Mindset atau pola pikir berpengaruh besar terhadap cara kita memandang, memutuskan, dan melakukan sesuatu. Bisa dibayangkan betapa kacaunya kalau mindset yang kita miliki ternyata kurang tepat.

Mindset yang bagus bisa bikin diri lo tumbuh dan berkembang, sedangkan mindset yang buruk bisa bikin diri lo stuck dan sulit buat merasa bahagia. 

Nah, 3 jenis mindset ini penting banget untuk kamu miliki kalau kamu mau bertumbuh dan nggak terjebak di satu titik saja.

SELALU MAU BELAJAR 

Belajar bukan sebatas di sekolah atau kuliah, lalu selesai. Lebih dari itu.

Tentang bagaimana kamu bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari setiap kejadian atau perjalanan yang menimpa, bersedia menerima hal-hal baru yang sebelumnya nggak pernah kamu lakukan atau bayangkan. Tentang usahamu untuk mempelajari sesuatu yang mungkin nggak kamu sukai dan ‘bukan kamu banget.’ 

Ketika kamu sudah mencapai di titik tertentu, mungkin kamu akan merasa ‘sudah cukup’ bisa, akhirnya berhenti untuk belajar. Padahal, ini sesuatu hal yang sangat keliru. 

Sehebat apapun manusia, setinggi apapun hal yang sudah berhasil kamu raih, kamu perlu untuk terus belajar. Agar kamu nggak berhenti di satu titik, dan bisa memanfaatkan apapun yang telah kamu miliki. 

Layaknya pisau setajam apapun, kalau nggak pernah digunakan lama-lama akan tumpul juga, kan?

MEMULIA BERKARYA

Kalau kamu menunggu waktu yang tepat untuk mulai melakukan apa yang kamu mau, nggak aka nada waktu yang benar-benar tepat selain sekarang juga.

Akan selalu ada alasan untuk menunda sesuatu. Dan sayangnya, waktu nggak akan bersedia menunggu kamu. 

Ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang-orang di sekitar? Yuk mulai sekarang juga dari hal yang paling sederhana.

Ingin memiliki kebiasaan membaca buku setiap hari dan menemukan inspirasi dalam menulis? Mulai sekarang, tunggu apalagi? 

Sekecil apapun langkah yang bisa kamu tempuh, lakukanlah. Dengan kamu berani memulai, kesempatan kamu akan lebih banyak dari orang-orang di luar sana yang masih diam tanpa tindakan.

Dan sebesar apapun ide hebat yang kamu ciptakan, nggak aka nada artinya apa-apa kalau kamu nggak pernah mau mencoba.

MENJADI BERDAYA

Penting sekali untuk kamu berada di zaman yang “riuh” sekali seperti saat ini, dimana semua informasi dengan bebas dan mudah diakses, yang semua hal itu bisa menjadi pemicu stress yang tinggi.

Kamu perlu memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri dengan baik. Mengetahui batasan-batasan apa saja yang penting bagi kamu, dan mana yang nggak perlu ditanggapi. 

Dengan kamu berdaya, kamu nggak akan mudah terbawa suasana, atau dalam Bahasa gaulnya, nggak baper-an. 

Kamu nggak punya kendali untuk bisa mengendalikan semua hal, yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengendalikan dirimu sendiri. Dan tentu saja ini butuh Latihan. 

Seluruh mindset di atas ini, sangat mungkin untuk kamu miliki selama kamu mau mencoba dan melatihnya. Selamat mencoba dan berpindah dari titik yang konon katanya itu-itu saja, ya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wiluda Hilya

Assistant Laboratory of Plant Clinic, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada