Tips

GEN Z MAU BELI RUMAH SUBSIDI? CEK DULU KRITERIANYA!

Memiliki rumah adalah impian setiap orang. Tapi jangan sampai salah pilih.

title

FROYONION.COM - Salah satu impian banyak orang adalah memiliki tempat tinggal sendiri, hal ini tidak dipungkiri karena alasan harga sewa kontrakan atau kos yang mahal. Jadi, daripada menyewa tempat tinggal yang sifatnya sementara, orang-orang berpikir untuk memiliki rumah sendiri.

Alasan umum memiliki rumah sendiri yaitu investasi jangka panjang karena harga tanah yang terus meningkat setiap tahunnya. Akan tetapi, karena kemampuan finansial orang-orang berbeda, terpaksa masih banyak masyarakat yang belum mampu mewujudkan Impian tersebut.

Namun kini, mimpi memiliki rumah sendiri tidak lagi menjadi hal yang mustahil, karena sekarang banyak developer yang menawarkan rumah subsidi dengan harga lebih terjangkau dibanding harga pasaran. Meskipun begitu, untuk memiliki rumah tentunya membutuhkan perhatian serta pertimbangan yang matang, 

Awas jangan salah pilih, sejumlah kriteria perlu diperhatikan agar dapat memilih rumah subsidi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta anggaran yang dimiliki. Simak yuk!

PENTINGNYA LOKASI

Ketika memilih rumah subsidi yang tepat, faktor lokasi adalah salah satu hal terpenting yang perlu dipertimbangkan. Tentunya kita tidak ingin terjebak dalam kehidupan yang sepi dan jauh dari segalanya kan. 

Sebagai contoh, bayangkan hidup di tempat yang sulit dijangkau oleh transportasi umum, sehingga menyebabkan kita harus berjalan kaki berjam-jam setiap hari hanya untuk mencapai stasiun atau halte terdekat.

BACA JUGA: 5 TRIK AGAR GEN Z BISA BELI RUMAH SENDIRI

Pastikan juga rumah subsidi terletak dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Jadi pastikanlah lokasi rumah subsidi memudahkan hidup kita, bukan yang membuat hidup lebih sulit.

Dengan memilih lokasi yang tepat, Anda dapat menikmati keuntungan tinggal di rumah subsidi sambil tetap memiliki akses mudah ke fasilitas-fasilitas penting dalam kehidupan sehari-hari.

TIPE RUMAH

Dalam mencari rumah subsidi yang tepat, perhatikan tipe rumah yang cocok untuk kalian. Seperti apakah lebih suka rumah dengan dua kamar tidur atau tiga kamar tidur, atau mungkin ingin rumah dengan taman belakang yang luas untuk dipakai bersantai.

Jangan sampai menyesal di kemudian hari jika memilih tipe rumah yang tidak sesuai, sebagai referensi rumah tipe 30/60 cocok untuk keluarga baru, sementara tipe 36/72 bisa dipakai untuk pasangan yang telah memiliki anak. 

Temukan rumah subsidi yang benar-benar memenuhi kebutuhan, sehingga kalian bisa menikmati hunian yang nyaman dan sesuai dengan harapan.

BAHAN KONSTRUKSI

Bahan konstruksi yang digunakan untuk rumah subsidi merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan. Sebagai pembeli yang bijak, kita harus memastikan bahwa bahan konstruksi yang digunakan adalah yang terbaik. 

Pasalnya, rumah subsidi sering kali menggunakan bahan konstruksi yang ‘agak kurang’ berkualitas. Mungkin akan ada temuan beton yang sedikit retak, dinding yang tipis seperti roti tawar, atau atap yang berisik ketika hujan deras.

Tapi jangan khawatir, jika memiliki dana lebih, rumah subsidi bisa disulap menjadi rumah Impian lho. Selain itu, jangan lupa pastikan pemeriksaan menyeluruh sebelum membeli, jangan sampai membeli rumah seperti ‘kucing dalam karung’!

ATURAN DAN SYARAT

Ketika mencari rumah subsidi, tentu kita tidak bisa mengabaikan peraturan dan persyaratan yang berlaku. Pastikan rumah yang dipilih memenuhi kriteria pendapatan yang ditentukan. Jangan sampai terlalu kaya atau terlalu miskin.

Ketahui juga proses-proses pembelian rumah subsidi dari awal hingga serah terima kunci serta biaya tambahan lainnya. Yang tak kalah penting yaitu menanyakan ada tidaknya cashback subsidi bantuan uang muka (SBUM) untuk pembelian rumah subsidi. Pengecekan persyaratan ini untuk memastikan tidak ada kekeliruan dalam memilih rumah subsidi yang tepat.

Jadi, inilah beberapa kriteria penting yang harus dipertimbangkan saat memilih rumah subsidi yang berkualitas. Bagaimana denganmu? Tertarik membeli rumah subsidi? (*/)

 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Saifan Zaking

Korban salah jurusan, lulusan manajemen profesi penulis/jurnalis