Tips

DOPAMINE DETOX, CARA SIMPEL BUAT KAMU ATASI KECANDUAN GADGET

Gadget memang sangat membantu di berbagai lini kehidupan kita, oleh sebab itu kita sering menggunakan gadget sebagai alat mengimprove diri. Hanya saja penggunaan gadget perlu adanya kontrol agar tidak masuk pada level kecanduan.

title

FROYONION.COM - Seiring berkembangnya teknologi saat ini, layanan yang diberikan gadget terus berkembang pesat dan sudah banyak banget contohnya yang bisa kita lihat sekarang. Seperti medsos, video hiburan, game, dan masih banyak lagi. 

Memang pada kenyataannya layanan-layanan yang diberikan gadget bener-bener bantu banget buat hidup jadi lebih gampang.

Tapi, kalo pemakaian gadget yang udah kebanyakan, dan tidak dikontrol dengan baik, malah jadi bumerang buat hidup kita sendiri, loh!

Gadget yang dipake terus-menerus bisa bikin depresi, ganggu kualitas tidur, dan ganggu kesehatan mental kita juga. Jadinya, hidup kita jadi tidak seimbang.

Alih-alih buka gadget untuk improve diri, malah kadang-kadang kita lebih milih buka gadget buat nyari hiburan aja. Ya, itu sih hal yang normal banget karena manusia emang seneng hal-hal yang bikin happy.

Tapi, kalo udah kelewatan sampe lupa sama tujuan hidup dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, berarti sudah masuk tahap kecanduan gadget!

Parahnya, kalo sudah kecanduan, orang bisa jadi tidak peduli sama sekitar, jauh dari teman-teman, susah fokus, sampai lupa tujuan awal aktivitas.

Jadi, meskipun kita punya kebebasan beraktivitas, tapi tetap harus bisa kontrol diri sendiri buat atasi rasa kecanduan. Nah, salah satu cara simpel yang bisa kita lakukan adalah dengan puasa dopamin atau dopamine detox.

APA ITU DOPAMINE DETOX?

Ilustrasi kecanduan gadget. (Sumber: Unsplash)

Kalo kita udah kecanduan main medsos, game, atau scroll TikTok terus-terusan, salah satu caranya buat keluar dari kecanduan itu adalah dengan Dopamine Detox.

Ngomongin soal dopamin, dopamin itu sebenarnya adalah zat kimia di otak kita yang bikin kita lebih semangat, senang, dan belajar hal-hal baru.

Dilansir dari Alodokter, kalo dopamin yang dihasilkan kebanyakan, akibatnya seseorang bisa halusinasi, delusi, atau jadi terlalu mania. Sementara kalo dopaminnya kurang, bisa bikin kita jadi depresi, Parkinson, atau kehilangan semangat.

Karena otak seseorang makin sering terpapar hal-hal yang bikin happy, makanya jadi makin susah buat keluar dari perasaan happy tersebut. Itulah yang membuat seseorang kecanduan.

kalo udah kecanduan, kita suka melakukan hal-hal tanpa berpikir panjang seperti ngabisin waktu berjam-jam cuma buat scroll TikTok atau milih main medsos daripada ngobrol sama orang di sekitar kita.

Dopamine Detox bisa jadi solusinya buat reset otak supaya tidak tergantung sama rangsangan tertentu yang bisa bikin candu.

Intinya, dopamine detox tidak dimaksudkan buat ngambil semua kesenangan dari aktivitas kita. Tujuannya cuma buat bikin kita lebih sadar dan bisa kendalikan diri dalam melakukan suatu kegiatan, supaya gak ganggu kehidupan kita.

Berdasarkan data yang baru dirilis oleh We Are Social tahun 2022 menunjukkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia. Ada sekitar 204,7 juta orang yang menggunakan internet dan 191,4 juta di antaranya adalah pengguna media sosial aktif.

Begitu banyak orang yang menggunakan gadget untuk kehidupan sehari-hari, makanya dopamine detox bisa jadi opsi agar kita tidak terjerat perangkapnya gadget.

CARA MELAKUKAN DOPAMINE DETOX

Praktik Dopamine Detox ini digagas oleh profesor psikiatri dari University of California bernama Cameron Sepah. Dia bilang kalo berhenti sejenak dari kebiasaan-kebiasaan yang bikin otak kita menghasilkan dopamin dalam jumlah gede, bisa bantu otak kita buat pulih.

Pemulihan ini penting untuk menghindari kecanduan yang bikin kita jadi impulsif dan sering melakukan hal-hal yang gak perlu.

Simak cara-cara Dopamine Detox yang bisa kamu lakukan berikut ini ya:

1. Sembunyikan sumber masalah

Pertama, letakkan barang-barang yang bisa bikin kamu ketagihan seperti gadget ditempat yang susah dijangkau. Hal tersebut berguna agar mengurangi perhatian kita pada gadget.

Meletakkan benda yang dapat menjadi stimulus perlu dilakukan terutama di malam hari. Hal tersebut dilakukan agar mengubah kebiasaan buruk bermain gadget setelah bangun tidur.

2. Cari kegiatan lain

Cari kegiatan alternatif lain seperti membaca buku, olahraga, memasak atau kegiatan positif lainnya. Hal tersebut berguna mengalih perhatian kamu dari gadget.

Jangan biarkan waktumu luang tanpa melakukan apa-apa. Hal itu akan mendorong kamu untuk mulai bermain gadget lagi.

3. Pause aplikasi sementara

Uninstall aplikasi yang bikin kamu ketagihan bermain gadget, tapi lakukan pelan-pelan ya. Kalo butuh aplikasi tersebut nanti bisa di-install lagi. Jadi, kamu bisa fokus mengerjakan pekerjaan sampai tuntas tanpa diganggu dengan notifikasi aplikasi.

4. Meditasi

Meditasi adalah cara melatih pikiran biar lebih fokus dan tenang dengan teknik mindfulness yaitu memusatkan perhatian sepenuhnya kepada hal yang sedang dikerjakan.

Kamu bisa melakukan meditasi pernapasan secara sederhana dengan cara duduk dengan posisi senyaman mungkin. Kemudian tutup mata, tarik nafas dalam-dalam, tahan sejenak, dan hembuskan perlahan-lahan sambil fokus pada pergerakan udara yang masuk dan keluar dari tubuh.

Meditasi bisa dilakukan bertahap dari mulai 15 menit, hingga kalo sudah terbiasa, lakukan meditasi 1 jam atau lebih.

Nah, itu tadi beberapa trik Dopamine Detox yang bisa kamu lakukan. Kalo kamu merasa kebiasaan main gadget bikin kamu jadi stres dan tidak bisa fokus ke hal-hal yang penting, mungkin sudah saatnya kamu untuk coba Dopamine Detox.

Dopamine Detox itu memang jadi strategi yang bagus buat menghindari kecanduan, tapi tidak selalu jadi solusi utama buat ngatasin masalah tersebut. kalo kamu udah kecanduan banget, mungkin perlu bantuan psikolog atau psikiater yang akan menyarankan terapi perilaku kognitif.

Tapi Dopamine detox sendiri tetap jadi trik yang bisa kamu lakukan buat ngasah fokus kamu, biar bisa lebih produktif dan lancar beraktivitas.

Sebagai penutup, ada kutipan motivasi yang yang ngena banget buat kamu yang mau berubah, "Jangan takut sama perubahan, mungkin perlu adanya pengorbanan untuk berubah, tapi di masa mendatang pasti bakalan dapat yang lebih baik lagi. Kunci sukses adalah fokus sama tujuan kita”.

Nah, gimana? Kamu tertarik buat coba Dopamine Detox dan jadi lebih produktif lagi? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Mahfuzan Azmi

Seorang mahasiswa teknik, penikmat sejarah sekaligus teori konspirasi yang sedang berjuang di penghujung semester.