Tips

CATAT! INI 27 HARI LIBUR NASIONAL DAN CUTI BERSAMA 2024

Tahun 2023 masih tersisa 3 bulan, tapi pemerintah sudah menetapkan 27 hari libur dan cuti bersama untuk tahun depan. Wajib dicatat nih, banyak long weekend!

title

FROYONION.COMSebelum akhir tahun, pemerintah sudah gercep mengumumkan hari libur nasional dan cuti bersama untuk 2024 mendatang. Ada 17 hari libur nasional dan 10 hari cuti bersama, yang jika ditotal akan ada 27 tanggal merah sepanjang tahun depan.  

Ketetapan ini juga telah ditandatangani bersama oleh Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Menteri Agama bertempat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta pada Selasa, 12 September lalu. 

Sebelum ditetapkan, ketiganya telah terlebih dahulu mengikuti rapat dengan dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Beliau turut berujar bahwa penetapan keputusan hari libur nasional dan cuti bersama ini diharapkan akan bisa menjadi pedoman bagi instansi pemerintah maupun swasta. 

Simak 27 hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2024 sekaligus panduan buat kalian yang mau ambil cuti tahunan biar bisa menikmati long weekend atau libur di tanggal kejepit! 

JANUARI 

Hanya ada 1 hari libur nasional di bulan Januari yaitu 1 Januari 2024 untuk memperingati tahun baru 2024. Jatuh tepat di hari Senin, kalian bisa menyambut long weekend di awal tahun! 

FEBRUARI 

Awal Februari bisa langsung ketemu long weekend lagi nih karena ada hari libur nasional dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad di tanggal 8 (Kamis), tahun baru Imlek 2575 Kongzili di tanggal 10 (Sabtu) dan cuti bersama Imlek di tanggal 9 (Jumat).  

Kalian yang sudah bisa ambil cuti tahunan di kantor bisa juga ambil jatah cuti di tanggal 5 sampai 7 Februari. Biar bisa liburan seminggu! 

BACA JUGA: TRIK AMBIL CUTI TANPA TERGANGGU KERJAAN KANTOR 

MARET

 

Libur nasional di bulan Maret jatuh pada hari Senin, 11 Maret dalam rangka Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 kemudian dilanjutkan dengan cuti bersama di tanggal 12 Maret. Sementara di hari Jumat, 29 Maret ada libur nasional lagi untuk memperingati Wafat Yesus Kristus dan Minggu, 31 Maret untuk perayaan Paskah. 

APRIL 

Siapa sudah kangen suara bedug buka puasa, mudik Lebaran dan suasana di kampung halaman? Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah akan jatuh di tanggal 10 dan 11 April di hari Rabu dan Kamis. Sementara untuk cuti bersama Idul Fitri dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 12 dan 15 April.  

MEI 

Tanggal merah pertama di bulan Mei jatuh di hari Rabu, 1 Mei sebagai peringatan Hari Buruh Internasional. Kalian yang mau menikmati long weekend bisa sekalian ambil cuti di tanggal 2 dan 3.  

Hari libur nasional di bulan Mei masih ada di hari Kamis, 9 Mei untuk memperingati Kenaikan Yesus Kristus, diikuti dengan cuti bersama di tanggal 10 keesokan harinya.  

Sementara di hari Kamis, 23 Mei kembali ada tanggal merah untuk Hari Raya Waisak 2568 BE dan cuti bersama Hari Raya Waisak di tanggal 24. Wah, banyak long weekend di bulan Mei ini, ya! Agendakan mau liburan ke mana saja mulai dari sekarang, deh.  

BACA JUGA: GIMANA JADINYA KALAU CUTI UNLIMITED ADA DI INDONESIA?

JUNI 

Hari libur nasional di bulan Juni 2024 termasuk hari Sabtu, 1 Juni dalam rangka Hari Lahir Pancasila dan Senin, 17 Juni untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah. Ada juga cuti bersama Idul Adha di tanggal 18 Juni. Kalau kalian mau menikmati liburan panjang di bulan Juni bisa ambil cuti dari tanggal 19 sampai 21. 

JULI - SEPTEMBER 

Hanya ada masing-masing satu hari libur nasional di bulan Juli sampai September. Hari Minggu, 7 Juli untuk memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah; hari Sabtu, 17 Agustus sebagai peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari Senin, 16 September dalam rangka Maulid Nabi Muhammad. 

DESEMBER 

Nggak ada hari libur nasional ataupun cuti bersama di bulan Oktober dan November. Sebagai gantinya, liburan panjang di bulan Desember bisa banget terlaksana.  

Ada libur nasional di hari Rabu, 25 Desember dalam rangka Hari Raya Natal dan cuti bersama Natal pada Kamis, 26 Desember. Artinya, hari Jumat akan jadi Harpitnas alias Hari Kejepit Nasional. Kalian yang mau menikmati long weekend sekaligus liburan Natal dan tahun baru 2025 bisa ambil cuti di tanggal 27, 30 dan 31 Desember.  

Nah, itu dia 27 hari libur nasional, cuti bersama dan panduan buat kalian yang mau ambil cuti tahunan biar bisa liburan panjang akhir pekan atau bersantai di tanggal kejepit. Selalu ingat untuk manfaatkan waktu cuti sebaik mungkin sebagai bagian dari work life balance

Semoga bermanfaat! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read