Tips

APA SAJA YANG BISA DILAKUKAN KETIKA MERASA KESEPIAN?

Merasa sendirian atau kesepian memang bagian dari hidup. Tapi, merasa kesepian terus-terusan bisa bikin kualitas hidup kalian jadi menurun. Terus apa yang bisa dilakuin ketika kesepian?

title

FROYONION.COM - Di tengah gemerlap dunia digital, masih banyak orang yang merasa kesepian. Salah satunya Christa, 20 tahun seorang mahasiswa di kampus negeri Yogyakarta, bercerita tentang pengalaman pribadi karena merasa kesepian

Christa mengaku bahwa beberapa hari ini merasa semakin kesepian, meskipun ada teman-teman di sekitarnya. Masalahnya, hubungan mereka terasa kurang dalam, ditambah lagi dia baru saja putus cinta beberapa dua pekan yang lalu. 

“Kayaknya sekarang teman-teman gue lebih sibuk aja, sibuk dengan urusan masing-masing,” ceritanya saat ditanyai beberapa waktu lalu, Minggu.

BACA JUGA: FENOMENA RENTAL BOYFRIEND DI KALANGAN ANAK MUDA UNTUK MENGATASI KESEPIAN

Awalnya, Christa mencoba mengatasi kesepiannya dengan sibuk mengikuti berbagai organisasi di kampus. Tapi, hasilnya nggak memuaskan.

Bahkan saat dia curhat sama teman-temannya, dia merasa nggak ada yang bener-bener mengerti, yang malah bikin perasaan makin runyam.

Menurut ilmu pengetahuan, teman dan interaksi sosial itu penting banget buat banyak orang, terutama buat remaja sekitar 16-25 tahun. Mereka bisa lebih santai menghadapi stres kalau punya teman yang suportif.

Tapi ya, nggak heran kalau anak muda jadi merasa kesepian. Kalian bisa lihat di media sosial, seringkali kita disuguhi foto-foto seru temen yang lagi kumpul atau liburan bareng.

Jadi, gimana sih cara atasi rasa kesepian? Ada nggak tips buat nambah teman dan jaringan sosial, kalau memang diperlukan?

Melansir Vice, ada beberapa hal yang bisa dilakukan kata dua pakar kesepian. Karin Bruijnesteijn yang bekerja sebagai konselor di organisasi bantuan psikologis MIND Korlatie dan Kyra Haerkens adalah konselor di Join Us , sebuah organisasi yang menangani dan mengatasi kesepian di kalangan anak muda.

1. BUTUH PENGAKUAN

Menurut Bruijnesteijn, langkah awal yang penting itu adalah mengaku kalau kalian lagi merasa kosong atau sedih karena kesepian. Kesepian itu nggak cuma soal punya sedikit teman atau kurang interaksi sosial aja. Kalian bisa aja merasa kesepian meskipun dikelilingi banyak orang.

Kesepian itu bisa banyak penyebabnya. Contoh baru pindah, baru putus hubungan, atau mungkin juga karena kekurangan uang atau waktu buat ikutan aktivitas yang bisa nambah teman. Atau juga, lingkungan sekitar yang nggak nyaman.

Terus, bisa juga kesepian itu datang dari dalam diri sendiri. Misalnya, merasa insecure atau nggak pede, jadi sulit buat jadi diri sendiri. Atau mungkin ngerasa hidup nggak ada maknanya. Kesepian sosial sama emosional itu seringkali bersilangan, jadi bisa nggak jelas mana yang sebab dan mana yang akibatnya.

2. COBA LAKUKAN EVALUASI

Bruijnesteijn melanjutkan kalo kalian punya teman tapi tetep merasa kesepian, coba cek agenda dan investasi dalam persahabatan. Kalian udah ajak temen-temen ngumpul belum? Atau malah selalu mereka yang mengajak? Berapa sih usaha yang kalian kasih buat ngejaga persahabatan itu?

Terus, apa sih sebenarnya yang diharapkan dari persahabatan? Pengen ketemu temen tiap minggu, atau cukup sebulan sekali? Coba untuk tidak bandingkan dengan standar sosial orang lain, yang penting cocok sama kebutuhan sendiri. Ada yang suka sibuk, ada yang cukup dengan ngobrol santai sekali-sebulan.

3. WAKTUNYA MULAI

Jujur untuk punya perasaan kesepian itu bisa bantu banget. Cerita ke teman atau keluarga. Kalian bakal ngerasa lega karena sadar kalau nggak sendirian. Nggak usah jauh-jauh, deketin aja orang-orang di sekitar kalian.

Haerkens bilang, banyak anak muda yang ikut organisasi curhat seperti Join Us karena kurang kepercayaan diri. Di sesi kelompok, mereka diajari cara buka diri dan menghargai perasaan orang lain. Kalau merasa kesulitan, nggak ada salahnya cari bantuan tambahan dari terapis atau psikolog.

4. COBA LAKUKAN YANG KAMU SUKA

Menurut Haerkens, yang penting tetep lakukan hal-hal yang bikin senang. Suka nyanyi? Coba cari organisasi paduan suara lokal. Suka alam? Gabung dengan grup pelestarian. Nggak cuma bikin kalian seneng, tapi juga bakal ketemu orang-orang dengan minat yang sama.

Kata Haerkens, jangan lupa, kesepian itu adalah hal yang wajar. Nggak usah panik, yang penting, jaga diri baik-baik. Entah itu kesepian karena alasan apa, yang paling penting tetep jaga kesehatan mental dan fisik. Kesepian nggak bikin aneh atau lemah kok. Semua orang bisa merasakan hal seperti itu. Menurut kalian gimana? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.