Tips

6 HAL YANG HARUS DIPERSIAPKAN SEBELUM TRAVELING KE JEPANG

Mulai dari dokumen, hingga itinerary, berikut adalah hal-hal penting yang harus kalian siapkan sebelum berkunjung ke Negeri Sakura!

title

FROYONION.COM - Agar liburan/traveling kalian nyaman, ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum kalian memutuskan untuk mengunjungi Negeri Sakura.

Berikut adalah 6 hal penting yang harus kalian persiapkan sebelum traveling ke Jepang.

MENYIAPKAN VISA DAN MENGISI VISIT JAPAN WEB

Sejak bulan April 2023, permohonan pengajuan pembebasan visa (visa waiver) bagi turis yang ingin mengunjungi Jepang bisa dilakukan secara online dan gratis lewat JAVES.

Kalian bisa berlibur di Jepang selama 15 hari berturut-turut, serta bebas mengunjungi Jepang tanpa perlu mengajukan visa selama 3 tahun jika kalian apply visa waiver melalui JAVES.

Kalian hanya perlu melakukan registrasi di website JAVES, isi data diri sesuai paspor, lalu tunggu selama 2 hari kerja untuk penerbitan bukti visa.

Jika bukti visa waiver telah diterbitkan JAVES, kalian hanya perlu menunjukkan layar browser JAVES kepada petugas bandara saat keberangkatan.

Selain menyiapkan visa, bagi turis Indonesia yang ingin traveling ke Jepang, harus mengisi data diri, data keberangkatan, serta data-data terkait imigrasi dan bea cukai lewat Visit Japan Web. Serupa dengan JAVES, pengisian data-data diri di Visit Japan Web juga sangat praktis dan cepat.

Nantinya, ketika sampai di salah satu bandara di Jepang, kalian perlu memperlihatkan bukti pengisian data-data diri berupa QR Code kepada petugas imigrasi Jepang.

Jadi, pastikan kalian telah mendapatkan visa dan mengisi Visit Japan Web sebelum traveling ke Jepang.

MEMBAWA ADAPTOR CHARGER JEPANG

Sama seperti negara-negara lainnya, bentuk charging plug di Jepang pun berbeda dengan di Indonesia.

Plug type berbentuk pipih yang harus kalian siapkan sebelum ke Jepang.
Plug type berbentuk pipih yang harus kalian siapkan sebelum ke Jepang. (Sumber: Tokopedia)

Agar tidak menyulitkan kalian ketika telah sampai di Jepang, kalian perlu menyiapkan adaptor untuk charger berbentuk pipih untuk kebutuhan elektronik seperti pengecasan gadget (smartphone, laptop, powerbank, dll).

MENYIAPKAN ITINERARY DAN BOOKING TEMPAT

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah tourist attraction yang cukup banyak. Agar perjalanan kalian nyaman dan tidak terasa melelahkan, sebelum kalian berkunjung, kalian perlu menyiapkan list tempat-tempat yang ingin kalian kunjungi selama traveling ke Jepang.

Siapkan itinerary yang memungkinkan kalian untuk dapat mengunjungi beberapa tempat sekaligus. Froyonion juga telah mempublikasikan salah satu inspirasi itinerary 1 hari di Tokyo untuk bersantai dan pastinya budget-friendly.

Lalu, jika kalian ingin makan di restoran / kedai Jepang yang pernah viral di platform media sosial seperti TikTok, Instagram, atau Twitter, pastikan kalian melakukan reservasi minimal 1 bulan sebelum kunjungan. Karena bisa dipastikan, bahwa tempat itu akan full-booked untuk waktu yang cukup lama.

BAWA UANG CASH YANG CUKUP/KARTU DEBIT YANG DITERIMA DI SEVEN BANK

Jepang merupakan salah satu negara yang mayoritas transaksi jual-belinya masih bergantung pada uang tunai / cash. Sehingga, sebelum traveling ke Jepang, pastikan kalian telah menukar uang rupiah dengan uang yen Jepang. Pastikan juga kalian membawa uang cash yang cukup, ya.

Alternatif lainnya, jika uang cash yang kalian bawa dirasa tidak cukup, kalian bisa melakukan tarik-tunai di beberapa ATM yang ada di Jepang.

Salah satu ATM di Jepang yang bisa melakukan tarik-tunai kartu debit asal Indonesia.
Salah satu ATM di Jepang yang bisa melakukan tarik-tunai kartu debit asal Indonesia. (Sumber: Wikimedia)

Paling praktis, yaitu dengan melakukan tarik-tunai di ATM yang menerima transaksi kartu debit / kredit internasional, yang tersedia di konbini (convenience store) seperti 7-Eleven

Beberapa kartu debit yang dikeluarkan oleh bank di Indonesia bisa melakukan tarik tunai di ATM tersebut. Jadi, pastikan kalian mencari tahu list bank mana saja yang kartu debitnya dapat melakukan tarik-tunai di ATM Jepang.

PASTIKAN DATANG DI MUSIM YANG TEPAT

Bagi kita yang tinggal di Indonesia, musim bukanlah sebuah penghalang untuk melakukan traveling antar kota dan antar provinsi. Namun, ketika ingin traveling atau berlibur ke Jepang, kalian harus memastikan bahwa kalian datang di musim yang tepat–sesuai dengan destinasi wisata yang ingin kalian kunjungi.

Misalnya, jika kalian ingin bermain ski, atau merasakan salju, maka kalian harus berkunjung pada kisaran tengah bulan Desember, hingga tengah/akhir bulan Maret. Namun, jika kalian ingin melihat bunga sakura yang mekar, idealnya hanya ada di akhir Maret hingga April.

Jadi, pastikan kalian menyesuaikan tempat yang ingin kalian kunjungi di Jepang dengan musim yang tepat, ya.

BELI JR PASS JIKA INGIN TRAVELING KE BEBERAPA KOTA SEKALIGUS

Khusus untuk kalian yang berencana mengunjungi beberapa kota sekaligus selama traveling ke Jepang, maka kalian harus mempertimbangkan untuk membeli JR Pass–layanan tiket kereta terusan yang bisa kalian gunakan untuk seluruh rute kereta nasional yang disediakan oleh JR (Japan Railway), termasuk kereta cepat Shinkansen dan Narita Express.

Dengan JR Pass, kalian bisa mengunjungi kota-kota yang ada di Jepang tanpa perlu membeli tiket satuan.

Gerbong green car yang ada di Shinkansen
Gerbong green car yang ada di Shinkansen. (Sumber: Traveloka)

Namun sayangnya, harga JR Pass mengalami kenaikan yang cukup tinggi di tahun 2023 ini. Biaya JR Pass untuk 7 hari (kelas ordinary car / gerbong biasa) ada di kisaran Rp3.600.000. Sedangkan untuk biaya JR Pass untuk 7 hari (kelas green car / gerbong yang lebih luas) ada di kisaran Rp4.800.000.

KESIMPULAN

Jadi, sebelum kalian ke Jepang, kalian perlu mengetahui dan mempersiapkan 6 hal, yaitu:

  • MENYIAPKAN VISA DAN MENGISI VISIT JAPAN WEB
  • MEMBAWA ADAPTOR CHARGER JEPANG
  • MENYIAPKAN ITINERARY DAN BOOKING TEMPAT
  • BAWA UANG CASH YANG CUKUP / KARTU DEBIT YANG DITERIMA DI SEVEN BANK
  • PASTIKAN DATANG DI MUSIM YANG TEPAT
  • BELI JR PASS JIKA INGIN TRAVELING KE BEBERAPA KOTA SEKALIGUS

So, jangan sampai traveling kalian jadi nggak menyenangkan dan maksimal karena belum mengetahui hal-hal di atas, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.