Tips

5 REKOMENDASI TEMPAT BELI KAOS BAND LUAR DAN LOKAL

Kaos band banyak dinikmati oleh berbagai kalangan untuk terlihat keren atau bentuk apresiasi terhadap band favoritnya. Berikut beberapa rekomendasi tempat-tempat yang menjual berbagai merchandise band.

title

FROYONION.COM – Sudah beberapa tahun akhir-akhir ini sedang banyak orang yang menggunakan kaos band untuk berbagai macam aktivitas seperti nongkrong, nonton konser, bahkan jalan-jalan ke mall.

Sayangnya, banyak juga kaos band yang fake atau KW yang dijual. Pasti kalian sering lihat juga banyak kaos band dijual di marketplace dengan harga yang murah banget dan foto produknya terlihat asal-asalan.

Sebuah band mengeluarkan official merchandise biasanya ditujukan untuk para fans-nya. Para fans-nya pun juga senang saat band favoritnya merilis official merchandise karena dengan cara membelinya bisa menjadi bentuk apresiasi terhadap karya-karya bandnya.

Tapi kalau kita nggak tahu band tersebut, apakah boleh pakai kaos band itu?

Kurang lebih setahun ini sedang marak banyak orang yang menjadi ‘polisi skena’, yakni orang-orang yang suka menghujat saat melihat orang lain pakai kaos band tapi nggak tahu band tersebut dan karya musiknya.

Menurut para polisi skena, kalau seseorang ingin memakai kaos band, ia juga harus tahu secara mendalam tentang band tersebut dan lagu-lagunya. Timbullah reaksi pro dan kontra terhadap fenomena trend memakai kaos band. 

Beberapa konten kreator yang bersikap tidak sepakat atau kontra ikut meramaikan perdebatan dengan membuat konten video dengan konsep wawancara. Mereka bertanya kepada sejumlah orang yang mereka temui dan sedang memakai kaos band soal lagu-lagu yang dihasilkan band tersebut.

Stevie Item, gitaris band metal Deadsquad, yang juga mempunyai official merchandise pernah memberikan tanggapan terhadap fenomena polisi skena semacam ini.

Menurut Stevie, saat ada orang-orang yang mengenakan kaos band tapi nggak tahu band tersebut itu, sebetulnya itu bukan masalah karena mungkin mereka memakai kaos tersebut karena alasan menyukai desainnya.

Memang ada 2 tipe orang yang membeli kaos band. Tipe pertama ialah mereka yang tahu seluk beluk band tersebut lalu ingin mengapresiasi dan tipe kedua ialah mereka yang menyukai desain kaos band tersebut saja. Dan dua-duanya nggak ada yang salah.

BACA JUGA: PAKAI KAOS BAND TAPI GA TAU LAGUNYA? HATI-HATI KENA 'TILANG' POLISI SKENA

Yang salah itu kalau seseorang beli kaos band fake atau 'KW'. Nah, agar kalian nggak beli yang fake, berikut ini rekomendasi toko yang menjual kaos band original.

ROCK NATION

Kalau kalian suka mengoleksi merchandise band pasti nggak asing dengan Rock Nation. Toko merchandise band asal Jakarta ini menjual merchandise band luar ataupun lokal. 

Rock Nation menjadi salah satu Official Music Merchandise Store terlengkap di Indonesia karena menjual berbagai macam merchandise. Nggak cuma kaos tapi juga ada jaket, sepatu, topi, kaos kaki, poster, pin, patch, syal, action figure, bahkan stik drum.

Rock Nation nggak pernah berjualan di marketplace manapun, baik itu di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Penjualan online hanya bisa dilakukan pada website resmi Rocknation (www.rocknation.id).

QUICKENING STORE

Quickening Store adalah toko merchandise band dari tahun 2005. Toko satu ini bisa dikatakan cukup up to date dan lengkap koleksi kaos-kaos bandnya. Banyak kaos band yang dijual Quickening yang nggak ada di toko lain.

Nggak cuma jual kaos-kaos band, tapi toko ini juga menjual rilisan fisik juga, seperti plat, kaset, dan compact disc (CD). Quickening tersedia juga dalam bentuk toko offline yang bisa kamu kunjungi di Jakarta dan Bandung.

Toko offline Quickening Jakarta berada di jalan Kemang Selatan VIII nomor 63 - B3, Jakarta Selatan. Lokasi Quickening Bandung berada di jalan Haji Wasid nomor 23,  Bandung. Toko mereka buka dari pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

BACA JUGA: YANG BERMASALAH DARI BUDAYA ‘SUPPORT’ BELI KAOS BAND

OBLIVION MERCH

Toko merchandise asal Bandung Obilivion hanya fokus menjual merchandise band lokal. Jadi mereka nggak menjual merchandise band luar. Kaos-kaos yang dijual terbilang cukup lengkap.

Untuk beli kaos di Oblivion, kalian bisa beli secara offline maupun online. Kalau kalian tinggal atau lagi di Bandung, kalian bisa langsung datang ke toko offlinenya di jalan Gudang Selatan nomor 22, Bandung.

Jika kalian berada di luar kota Bandung, kalian bisa pesan secara online. Oblivion tersedia di beberapa marketplaces yaitu Shopee dan Tokopedia. Nama toko mereka di Shopee “Oblivion Merch Store”, dan di Tokopedia namanya “Oblivion Merch”.

OMUNIUUM

Masih toko merchandise band yang berasal dari Bandung juga, Omuniuum memang sudah terkenal cukup lama dan masih bertahan sampai saat ini. Koleksi merchandise yang dijual bisa dikatakan cukup lengkap.

Omuniuum lebih fokus menjual kaos-kaos dan rilisan fisik band lokal, dan mereka nggak menjual merchandise band luar. Omuniuum juga sering membuka stand untuk berjualan di gigs atau konser musik.

Sebagaimana toko lain, kalian bisa pesan kaos band secara offline dan online. Kalau ingin beli secara offline, kalian langsung datang saja ke toko fisiknya di jalan Ciumbuleuit nomor 151, lantai 2, Bandung.

Kalau ingin pesan secara online, kalian bisa pesan melalui beberapa marketplaces yaitu Shopee dan Tokopedia. Nama toko di Shopee “Omuniuum”, dan di Tokopedia namanya “Omuniuum Bandung”.

BRSK

Toko merchandise band ini fokus ke band -band lokal saja. Tapi sayangnya mereka nggak menjual rilisan fisik. Brsk hanya menjual merchandise berupa pakaian tapi pakaiannya nggak cuma kaos. Ada jaket coach, hoodie, dan lain-lain.

Brsk termasuk salah satu toko merchandise band yang mempunyai toko offline yang banyak tersebar di sejumlah kota di Indonesia. Hingga tulisan ini ditayangkan, toko-toko mereka sudah ada di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Pontianak. 

Nggak cuma menjual secara offline, kalian juga bisa memesan kaos band kesayangan melalui beberapa marketplaces yaitu Shopee dan Tokopedia dengan nama toko “Brsk ‘nama daerah’”.

Buruan langsung cek dan beli kaos band di 5 rekomendasi toko merchandise band tersebut biar kalian bisa tampil lebih keren sebagai anak 'kalcer'. Selamat berbelanja! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadel Ahnaf

Pengamat, penikmat, serta pelaku seni.