Tips

4 TIPS AMPUH MEMBUAT FILM PENDEK DARI BAGOES TRESNA AJI

Bagoes Tresna Aji adalah juri dalam kompetisi “One Minute Film” oleh Sony. Sebagai sinematografer dan sutradara, Bagoes memberikan 3 tips kiat-kiat membuat film pendek.

title

FROYONION.COM - Sony Indonesia telah melangsungkan kompetisi “One Minute Film” pada akhir 2023. Bagoes Tresna Aji selaku juri telah mengumumkan pemenangnya di CGV Cinemas, Grand Mall Indonesia pada Jumat (8/3).  

Film pendek berjudul Yok Shooting Yok! karya Table Two Film dan The Endline karya Faiz Fathurrohman pun ditunjuk sebagai pemenang. Pada event tersebut, Froyonion.com turut menanyai Bagoes tentang apa saja tips dalam membuat film pendek. 

BACA JUGA: PROSES KREATIF BACEP SUMARTONO, PENULIS NASKAH FILM PENDEK ‘TILIK’

Bagoes merupakan peraih nominasi Penghargaan Citra untuk Pengarah Sinematografi Terbaik pada 2022. Berikut tips dari Bagoes terkait kiat-kiat membuat film pendek yang menarik.

1. STORY

Tips dari Bagoes yang pertama, yang pasti film pendek harus memiliki cerita (story). Story atau pesan di balik film adalah merupakan hal yang penting dalam sebuah film pendek.

“Karena pada dasarnya, kalau kita mau membuat film, berarti kan memberikan pesan. Memvisualisasikan sesuatu itu kan [juga] memberikan pesan,” terang Bagoes.

Bagoes menjelaskan bahwa basic idea di balik film pendek adalah sebuah story. Maka dari itu, story adalah hal yang penting banget yang dampaknya akan dirasa oleh penonton ketika menonton film pendek tersebut.

2. MENGANGKAT HAL YANG DEKAT

Filmmaker mungkin akan bertanya, “Bagaimana cara mencari story untuk dibuat menjadi film pendek?” 

Bagoes menjawab bahwa untuk menemukan story, kalian bisa mulai mencari dari sesuatu yang paling dekat. 

BACA JUGA: 5 FILM PENDEK HOROR KARYA SINEAS INDONESIA YANG SUKSES BIKIN LO KETAKUTAN

“Hal terdekat mungkin menurut kita sepele, tapi di orang lain kan belum tentu hal tersebut adalah sepele,” ujar Bagoes.

“Contohnya film pendek yang menang [kompetisi] nih, [judulnya] Yok Shooting Yok! Sebenarnya kan [ceritanya] kayak sesuatu hal yang sepele, kayak cuman keluhan kita [crew film]. Keluhan atau curhatan bisa kalian jadikan dasar untuk membuat cerita,” tambahnya.

3. MENGENAL ALAT PRODUKSI

Kalian harus mengenal alat produksi yang dibutuhkan dalam proses pembuatan film. Tidak sekadar memiliki alat, kalian juga harus memiliki pengetahuan supaya dapat mengoperasikannya dengan baik.

“Kalau kita ngomongin produksi film, pasti ada yang namanya dari pre-production sampai post-production. Jadi gak cuma eksplorasi [di awal], tapi juga teknis sampai ke tahap editing,” jelas Bagoes.

Menurut Bagoes, sejumlah hal yang sifatnya teknis seperti cara menggunakan alat bisa kalian pelajari lewat YouTube. Kalian juga bisa belajar membuat film pendek dengan bergabung ke komunitas film ataupun magang di rumah produksi alias (production house).

4. TETAP MEMBUAT FILM WALAU SEORANG DIRI

Dalam pembuatan film, tentu dibutuhkan banyak pihak untuk terlibat supaya bisa menghasilkan film yang maksimal. Namun, proses perekrutan yang lama bisa jadi malah menghambat kalian untuk mulai membuat film.

“Kalau kalian mau mulai membuat film pendek, biar cepet belajar membuatnya seorang diri,” ujar Bagoes. “Memulainya sendiri bukanlah masalah. Memiliki film sendiri bisa membuat orang lain percaya kalau kalian bisa menjadi bagian dari tim produksi film.”

Itulah 4 tips membuat film pendek dari Bagoes Tresna Aji. Bagi Bagoes, yang terpenting adalah memulainya terlebih dahulu. Kalian bisa melakukannya sambil belajar sehingga kemampuan kalian akan ikut terasa dalam proses pembuatan film pendek. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung