Tips

3 REKOMENDASI TOOLS GRATIS YANG MEMPERMUDAH MAHASISWA DALAM PENELITIAN

Jelajahi dunia penelitianmu dengan lebih mudah. Gunakan 3 rekomendasi tools gratis ini untuk membantu perjalanan akademikmu!

title

FROYONION.COM - Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat sekarang sudah banyak banget tools online yang bisa kalian pakai untuk mempermudah penelitian kalian dan tentu saja disukai mahasiswa yaitu gratis. 

Jadi apa aja sih tools tersebut.

Scite.ai

Sumber: https://www.ariessys.com

Secara sederhana Scite.ai adalah database kutipan jurnal ilmiah yang dirancang untuk membantu mahasiswa dan peneliti dalam menemukan dan memahami penelitian. Scite.ai Ini adalah layanan berbasis gratis dan ada juga yang berlangganan jika kalian ingin memiliki  fitur lebih.

Scite.ai bertujuan untuk memungkinkan pengguna melihat bagaimana dan mengapa artikel penelitian dikutip dengan menunjukkan konteks kutipan dari artikel yang dikutip. Jadi kalian bisa minta penjelasan singkat tentang suatu topik dengan beberapa refrensinya, Scite.ai akan memberikan ringkasan yang diambil dari referensi-referensi yang terkait.

Keunggulan dari Scite.ai adalah komplit. Scite.ai ini memiliki fitur yang sangat banyak. Filternya mempermudah kalian untuk mendapatkan keywords yang dibutuhkan: mulai dari authors, tahun jurnal yang diinginkan, sections apa saja hanya ingin kalian tahu seperti intromethods, ataupun resultnya, dll. Banyak fitur yang bisa kalian pakai sesuai kebutuhan.

Sumber: https://cdn.scite.ai/

Terdapat juga fitur tambahan yang mengharuskan penggunanya untuk sign up, yaitu kalian bisa terkoneksi dengan tools yang lain seperti Zotero atau Mendeley. Jurnal-jurnal yang sudah kalian kumpulkan dari website lain seperti Zotero atau Mendeley, kalian bisa impor jurnal-jurnal tersebut tanpa harus mengunduhnya dari Zotero atau Mendeley ke Scite.ai.

Secara otomatis Scite.ai akan menganalisis dari hasil jurnal kumpulan kalian dan Scite.ai akan memberitahu terdapat berapa jurnal yang SupportingMentioningContrasting. Selain itu juga Scite.ai akan meringkas siapa saja authors dari jurnal-jurnal tersebut dan juga tahun dari jurnal tersebut.

Sumber: https://miro.medium.com/

BACA JUGA : Smart Citations From Scite- A New Way to Discover and Understand Research  

Zotero

Zotero merupakan pengelola referensi gratis yang mempermudah penulis untuk mengelola kutipan mereka sebagai referensi dalam sumber tertulis, cara kerjanya hampir sama dengan Mendeley.

Kelebihan Zotero adalah bisa menyimpan sitasi dari website yang baru saja kita buka.

Zotero dapat digunakan di Google Docs yang mempermudah kita untuk membuat catatan kaki ataupun daftar pustaka, dengan cara instal Zotero lalu download juga extension Zotero connector di Google Chrome lalu tinggal add/edit citation.

Sumber : https://www.zotero.org

Google Docs

Sumber: https://musicianonamission.com/

Dan yang terakhir adalah Google Docs mungkin bertanya-tanya kenapa Google Docs, kenapa nggak pakai Microsoft Word saja? Jawabannya simpel, karena Microsoft mahal!

Google Docs memberikan banyak kelebihan dibandingkan dengan Microsoft Word. Kelebihan itu di antaranya:

  • Data disimpan secara online, alias aman banget pastinya dan kita nggak usah takut laptop rusak, komputer kena virus, dll. Nggak usah membuat data backup atau memikirkan cara back up data.
  • Support co-working, alias kamu bisa mengerjakan online bareng kelompok atau teman lainnya sehingga tugas bisa digarap bareng-bareng, dan juga kelihatan secara real time.
  • Support connector dengan tools yang ada di atas.

Jadi itulah 3 rekomendasi tools secara gratis yang bisa kalian pakai dan bisa diakses secara online untuk menunjang kemudahan penelitian kalian. Masih banyak tools lain yang bisa kalian pakai. Namun untuk kali ini penulis hanya merekomendasi 3 tools yang sering penulis pakai demi terciptanya efektif dan efisiensi dalam mengerjakan tugas ataupun karya ilmiah lainnya. 

Tidak ada lagi alasan untuk tidak mengerjakan pekerjaan rumah, makalah, karya ilmiah, ataupun skripsi akademis! (*/) (Photo credit: Fauxels)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Aditya Rizki

Suka menulis tapi ga pake pensil