Tekno

YANG BISA LO LAKUIN SUPAYA LO SEMAKIN JAGO BERMAIN MOBILE LEGENDS

Anak muda zaman sekarang banyak banget yang hobi bermain Mobile Legends. Namun, kebanyakan dari mereka kadang sekadar main aja tanpa mau berkembang.

title

FROYONION.COM - Sesibuk-sibuknya player Mobile Legends, biasanya mereka menyempatkan diri, minimal dalam sehari, untuk melakukan login dan membuka peti gratis. Terkadang ketika lo lagi di ruang publik dan mendengar suara “Welcome to Mobile Legends” atau “Victory” tentunya lo bakal ngeh, dan menengok ke sumber suara.

Banyak hal kecil yang sering dilakukan player Mobile Legends seperti dua contoh di atas. Terkadang lo belum bisa sepenuhnya terlepas dari Mobile Legends, walaupun lo sedang dalam keadaan tidak in game. Semua hal yang berkaitan dengan Mobile Legends tanpa lo sadari terikat pada diri lo dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah kebiasaan para player Mobile Legends, baik di dalam pertandingan maupun di kehidupan sehari-hari. Mungkin lo sering melakukan hal-hal di bawah ini, dan hal-hal tersebut turut menambah ilmu lo dalam bermain Mobile Legends.

1. Map awareness dan mengecek item musuh saat bertanding

Map awareness sebetulnya merupakan hal penting dalam bermain game apapun, termasuk Mobile Legends. Player yang tidak memahami map awareness biasanya akan diolok-olok “buta map”. Fungsi mini map adalah untuk mengamati posisi musuh dan menghindari gank musuh.

Selain itu, lo juga perlu memahami item agar bisa meng-counter hero dan item musuh. Contoh yang paling umum, yaitu item untuk meng-counter hero musuh dengan lifesteal tinggi seperti Alucard. Untuk melawannya cukup mudah. Gunakanlah item yang memiliki efek life drain seperti Sea Halberd atau Necklace of Durance. Bisa juga lo pick hero Baxia karena skill 2 dari hero Baxia merupakan anti lifesteal.

2. Melakukan evaluasi dan mengecek perbandingan gold

Dalam satu pertandingan, tentu terjadi berkali-kali team fight. Kadang menang, kadang juga kalah. Menghardik kawan satu tim atau menyia-nyiakan game (nge-throw) bukanlah solusinya. Lakukanlah evaluasi. Perhatikan faktor-faktor yang menyebabkan lo dalam team fight. Bisa jadi anggota tim lo satu sama lain ternyata miss komunikasi. Misalnya enggak “melaporkan musuh” yang hilang dari Lane. 

Selain itu, perhatikan pula perbandingan gold (Networth) tim dan musuh. Karena perbandingan gold yang jauh juga dapat menjadi alasan lo kalah dalam team fight.

BACA JUGA: CARA AMPUH JAGO MAIN MOBILE LEGENDS PAKE HARLEY ALA SONIA

3. Sering latihan dan menguasai banyak hero

Kalau hanya bisa menggunakan hero itu-itu saja, jangan harap lo dapat menyentuh tier Legend, apalagi Mythic. Teruslah berlatih untuk menguasai hero-hero baru, minimal lo memahami combo dan pasif dari berbagai hero. Perhatikan pula perihal pemilihan item untuk meng-counter damage musuh. 

Apabila takut kalah atau takut win rate hero lo turun, lo enggak perlu gengsi atau merasa buang-buang waktu untuk melakukan latihan melawan AI alias bot. Perihal mencoba hero baru, semuanya berawal dari nol, kok. Pro player pun begitu.

4. Menonton big match

Hal yang paling umum dilakukan, yaitu menonton big match. Salah satu big match yang paling berkesan, yaitu pada grand final Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 9 pada April 2022. 

Dari menonton beragam big match yang seru dan dimainkan oleh atlet esport profesional, lo dapat mempelajari macam-macam strategi bermain Mobile Legends.  

5. Mengikuti turnamen

Para player Mobile Legends tentu merasa tertantang untuk merasakan pertandingan besar, baik turnamen kecil-kecilan, maupun turnamen besar tingkat kota. Selain mencari lawan yang sepadan, player Mobile Legends juga biasanya tertarik mengikuti turnamen untuk mengukur kemampuan bermainnya, yang dari turnamen tersebut, lo bisa menilai kemampuan lo dan sampai tahap mana lo bisa bertahan.

Satu hal lagi yang dicari player Mobile Legends dari mengikuti turnamen adalah untuk mendapatkan atmosfer sebuah pertandingan sungguhan, yang tidak bisa didapat dari sekadar bermain classic, ranked ataupun MCL. Suasana yang dibangun dalam sebuah turnamen tentulah amat berbeda. Enggak asal bisa bermain, player Mobile Legends juga membutuhkan mental yang kuat. Dan untuk melatih mental tersebut, bisa dengan cara membawa tim lo mengikuti berbagai turnamen.

Banyak cara supaya lo jadi jago bermain game Mobile Legends. Semua cara di atas bisa lo lakuin, dan perlu lo pastiin, jangan sampai kehidupan sosial lo juga terabaikan karena bermain game. (*/)

BACA JUGA: KESALAHAN PLAYER MOBILE LEGENDS YANG BIKIN LO ‘MEMBUSUK’ DI TIER EPIC

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung