Tekno

‘WHATSAPP REACTIONS’: CARA BARU TUTUP OBROLAN ANTI KIKUK SUPAYA GAK NGE-READ DOANG

Bisa jadi lo merasa capek dengan selalu membalas chat orang lain. Lo bisa mencoba fitur reaksi dengan ‘tap’ dua kali tanpa membalas pesan.

title

FROYONION.COM - Baru-baru ini WhatsApp ngasih kabar baik untuk kita-kita yang suka kikuk waktu nggak respon suatu obrolan di grup atau personal. Kabar baik dari anak dari Meta Platform Inc. itu muncul sebagai fitur baru WhatsApp Reactions yang bisa lo coba. 

WhatsApp ngasih cara baru untuk kita nanggepin satu pesan yang dikirim teman/kolega/bos kita, guys. Fitur barunya dikasih nama WhatsApp Reactions. Dengan fitur react ini, kita bisa respon pesan di grup atau personal chat dari orang lain tanpa perlu bales pake kata-kata, stiker, atau emoji. All three were so last year! 

Gambarannya gini, bos lo nge-jokes di grup karyawan yang isinya 200 orang, lo sebagai karyawan baru yang respek banget sama bos kudu nanggepin setiap banyolannya biar di-notice. Namun, di saat bersamaan lo masih segan bales candaannya dengan stiker pentol, emoji, atau bahkan 'wkwkwkwk'. 

Nah, fitur baru WhatsApp ini masuk situasi itu. Fitur react jadi jalan keluar biar kita bisa di-notice si bos, tapi juga gak terlalu keliatan so asik dan apatis. 

SOLUSI DALAM BERBAGAI SITUASI

Dalam situasi lain, mertua lo ngirim foto masa kecil mereka di grup keluarga besar. Bagi lo yang baru mulai untuk ngobrol lebih jauh soal kehidupan mereka, fitur ini bisa jadi jalan keluar. Tinggal kasih reaksi "love" dan minta mereka ceritain momen di foto itu. Harusnya reaksi yang lo kasih itu bisa nunjukin rasa keterarikan dengan topik bahasannya. 

Situasi terakhir gambarannya gini, lo di-chat personal sama atasan, dan dia minta lo ngerjain laporan mingguan dalam satu hari satu malam. Lo yang biasa bales dengan "noted pak" plus emoji tangan. Bisa ganti balesannya dengan kasih reaksi ️love (kalau lo suka), reaksi jempol (kalau lo siap), reaksi ketawa (kalau lo rasa si bos gak ngotak).

Bisa juga kasih reaksi cengo (kalau lo liat tugas yang si bos kasih nyeremin), reaksi sedih (yang lo kayaknya gaakan pake pas nerima tugas dari bos), dan reaksi andalan tangan mohon maaf. 

Tapi guys, untuk pake fitur ini di WhatsApp, lo harus update aplikasinya ke versi terbaru atau versi 2.22.11.9 untuk pengguna Android. Pun demikian bagi pengguna iOS atau yang biasa buka WhatsApp di desktop. Emang sih, sekarang belum semua bisa pake fitur ini, tapi secara bertahap pasti WhatsApp sebarin fitur ini untuk semua pengguna setianya. 

Kepastian itu juga diungkapin Mark Zukerberg, CEO Meta (induk perusahaan WhatsApp, Instagram, dan Facebook). Kata dia, selain menyebarkan fitur ini untuk seluruh penggunanya, Meta pun bakal kasih lebih banyak pilihan reaksi emoji.

"Kami menyertakan (emoji tangan yang menyatu) untuk membantu mengungkapkan terimakasih. Emoji lainnya segera hadir," ujar Zuck dalam postingan di Facebook dilansir dari Kontan.co.id

TIPS TIPIS-TIPIS 

Cara pake WhatsApp Reactions tuh gini, pertama pilih dulu satu pesan/obrolan di WhatsApp terus tekan pesannya sampai muncul pop-up emoji yang jumlahnya ada enam. 

Pilih salah satu dari emoji tadi untuk kasih reaksi yang cocok buat pesan yang dipilih tadi. Dan nanti reaksinya muncul di bawah pesan yang lo pilih tadi plus muncul di notifikasi orang yang di-react pesannya. Mudah bukan!?  

Terus gimana jadinya kalau lo salah pencet reaksi, misal di grup lagi pada sedih-sedihan karena dapet musibah, tapi lo malah pilih reaksi ketawa. Tenang, WhatsApp udah mikirin itu, lo bisa ganti reaksi di pesan yang dipilih tadi dengan cara yang sama kaya pas ngasih reaksi pertama kali. 

Jadi, bagi kita-kita yang nggak terlalu aktif di grup tapi nggak pengen dicap sider alias silent rider, ini bisa jadi salah satu jalan keluarnya. Fitur baru WhatsApp ini juga bisa jadi cara lain untuk stop obrolan biar nggak awkward-awkward banget. Karena pasti ada nih di antara kita yang ngerasa kita harus bales chat paling terakhir waktu chatting-an. Soalnya, kaya terlalu kasar aja nggak bales chatatau cuman baca chat dari orang lain tanpa bales sesuatu. Gimana, bener atau betul, guys? (*/)

BACA JUGA: FITUR BARU INSTAGRAM BISA UNTUK MODUS PENIPUAN? MAKANYA JANGAN GAMPANG FoMO!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Haidar Rais

Content Writer yang lagi belajar menikmati setiap perjalanan, asam garam, semuanya. Mohon doanya.