Tech

SONY ZV-1F: KAMERA ENTRY LEVEL YANG MEMUDAHKAN LO UNTUK NGE-VLOG DAN LIVE STREAMING

Sony merilis kamera lanjutan dari seri ZV, yaitu Sony ZV-1F yang lebih compact, intuitif, dan praktis buat mendukung karier perkontenan penggunanya di media sosial.

title

FROYONION.COM - Akhir-akhir ini banyak media sosial menyediakan fitur ‘live’. Hal ini tentunya membuka peluang buat anak-anak muda untuk bisa berkarya dan memanfaatkan fitur itu untuk jadi lebih dikenal, baik itu lewat vlogginglive streaming, dan semacamnya.

Nah, khususnya buat lo yang demen vlogging atau baru mau nyoba nge-vlog, Sony ngeluarin kamera vlog entry-level yang compact, praktis, dan penggunaannya intuitif banget, Civs. 

Nggak perlu pusing mikirin “Duh, ini tombol gunanya apa, ya?” atau “Duh, harus pencet apa ya?” lagi karena semua tombol-tombolnya dibuat sejelas mungkin, dan bisa lo operasikan melalui touch screen juga.

Lo, and beholdSony ZV-1F hadir buat mengakomodasi semua kemudahan dalam membuat konten, Civs!

Launching Sony ZV-1F di Indonesia. (Kiri-Kanan: Fae Adelia - Product Marketing Digital Imaging PT Sony Indonesia; Koji Sekiguchi - President Director PT Sony Indonesia, dan Hatanaka Takeshi - Head of Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia. Sumber: Garry/Froyonion)
Launching Sony ZV-1F di Indonesia. (Kiri-Kanan: Fae Adelia - Product Marketing Digital Imaging PT Sony Indonesia; Koji Sekiguchi - President Director PT Sony Indonesia, dan Hatanaka Takeshi - Head of Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia. Sumber: Garry/Froyonion)

Dalam acara yang diselenggarakan pada hari Selasa (15/11) di Jakarta Selatan, Sony merilis 2 seri lanjutan kamera sekaligus, yaitu Sony Alpha 7R V bagi segmen profesional dan kelas high-end, serta Sony ZV-1F bagi kelas entry-level dalam memproduksi konten bagi para kreator maupun influencers.

"Sony ZV-1F hadir untuk mendukung generasi muda yang terus bereksplorasi dan semakin menekuni kreasi pembuatan konten video yang dibagikan lewat media sosial. Contohnya dance challengemusic/song dance cover, dan mini vlog yang sedang tren pada saat ini," jelas Fae Adelia, Digital Imaging Product Marketing PT Sony Indonesia.

Harga Sony ZV-1F beserta bundle yang bisa lo dapatkan. (Sumber: Garry/Froyonion)
Harga Sony ZV-1F beserta bundle yang bisa lo dapatkan. (Sumber: Garry/Froyonion)

Pihak Sony mengklaim, kamera digital berukuran saku ini didesain buat memudahkan kita dalam membuat konten. Dengan touch screen, kita bisa memilih angle LCD yang sesuai selera dan kebutuhan karena kamera ini bisa diputar-putar dan fleksibel untuk selfie / nge-vlog sambil liat preview secara real-time.

Yang nggak kalah seru, video atau foto bisa ditransfer secara instan ke HP lewat aplikasi terbaru Sony Imaging Edge Mobile Plus. Jadi, lo nggak perlu repot-repot kerja 2x untuk buka laptop, mindahin foto dan video dari kamera, terus kirim ulang lagi dari laptop ke HP.

Secara teknis, ZV-1F dibekali dengan lensa ultrawide 20mm f/2 yang memungkinkan lo untuk mengambil group-selfie sekaligus dengan background atau suasana sekitar pada saat vlogging, Civs.

Tampilan Sony ZV-1F varian putih, dilengkapi dengan fitur windscreen untuk meminimalisir suara angin. (Sumber: Garry/Froyonion)
Tampilan Sony ZV-1F varian putih, dilengkapi dengan fitur windscreen untuk meminimalisir suara angin. (Sumber: Garry/Froyonion)

Mic-nya juga keren, dilengkapi sama fitur Wind Screen alias ‘bulu-bulu penyelamat’ audio, yang bisa menyaring suara angin kalo lo lagi shooting di luar ruangan.

Ada juga fitur Creative Look, Civs. Lebih familiar dengan preset atau filter kalau di aplikasi macam Snapchat atau Instagram. Tapi Creative Look dari Sony ini bukan sembarang filter, karena diproses secara langsung dengan kamera, jadi bisa menghasilkan look yang lebih artistik dan mood-nya yang sesuai yang kita mau.

"Kami berusaha memahami apa saja yang jadi poin penting dalam meningkatkan eksistensi seorang kreator di media sosial. Di antaranya adalah pembuatan konten dengan kualitas gambar yang baik, serta frekuensi posting yang semakin sering, kapanpun dan di manapun. Dengan fitur-fitur yang dimiliki, ZV-1F jadi pilihan yang tepat untuk menjawab kebutuhan itu," lanjut Fae Adelia.

Sebelumnya, Sony juga udah mengeluarkan Sony ZV-1, yaitu ‘kakak’ dari ZV-1F.

Bedanya, versi ZV-1F ini memang lebih difokuskan untuk vlogging secara garis besar, dengan fitur yang lebih compact, harga yang lebih terjangkau, kualitas gambar yang baik, juga kemudahan mengirimkan file ke smartphone untuk langsung di-posting ke media sosial. Easy to use lah intinya, Civs.

Nah, kalo mau mencoba dan belajar nge-vlog pake Sony ZV-1F, Sony Indonesia mengadakan event lanjutan untuk lo ikuti, yaitu "Future Creator Festival" pada tanggal 27 November 2022, Civs. Di event ini, lo nggak cuma boleh ngetes kamera Sony ZV-1F aja, tapi lo juga bisa belajar bareng beberapa vlogger dan influencer ternama Indonesia dan interaksi bareng kreator lainnya juga. Untuk informasi lebih lanjut soal event ini, pantengin media sosialnya Sony Alpha Indonesia aja yak.

Jadi, kalo lo adalah seorang aspiring vlogger, saran gue lo cobain pake Sony ZV-1F, Civs. Siapa tahu, karier perkontenan lo jadi makin cuan~ (*/)

BACA JUGA: DIGICAM: ALTERNATIF BAGI YANG SUKA KAMERA ANALOG TAPI PUSING DENGAN HARGA ROLL FILM

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.