Tekno

POCO C40: APA YANG ISTIMEWA DARI SMARTPHONE HARGA 1 JUTAAN?

Smartphone harga satu jutaan tapi spek nggak murahan? Mungkin ini bisa jadi solusi lo buat lo yang nggak mau keluar budget banyak untuk beli HP.

title

FROYONION.COM - “Ada nggak ya, smartphone yang harganya 1 jutaan, murah, tapi speknya nggak murahan?” Pasti lo pernah kepikiran kayak gini kan, ngaku deh lo, hehe. Gue juga pernah kepikiran kayak gitu juga, apalagi orang yang nggak mau spend uang banyak ke alat elektronik, pasti relate dengan pemikiran tadi.

Kali ini mungkin POCO bakal ngewujudin hal ini, Civs. POCO merilis produk terbarunya pada tanggal 5 September 2022 dengan nama POCO C40. Seperti tagarnya #SiPalingSejutaan, POCO memang menghadirkan smartphone dengan harga satu jutaan tapi speknya nggak main-main, Civs.

Sebenarnya smartphone ini sudah rilis pada tanggal 17 Juni 2022 lalu di pasar global termasuk Vietnam dengan harga Rp 2,2 jutaan. Di Indonesia sendiri baru rilis sekarang karena banyak banget yang request smartphone murah tapi speknya mumpuni. Emang speknya kayak apa sih?

SPESIFIKASI POCO C40

Smartphone ini menurut gue lumayan juga sih dalam segi spesifikasi. POCO C40 menggunakan chipset JLQ JR510 (11 nm) dengan CPU Octa-core 2.0 GHz yang setara dengan Qualcom Snapdragon 450. Hal ini bisa menjalankan aplikasi pada HP dengan mudah dan cepat tanpa lelet, tapi kalau yang berat-berat sih kayaknya nggak bisa Civs. Core atau inti tersebut bisa dibagi ke beberapa perangkat sehingga memudahkan smartphone untuk menjalankan tugas.

Banyak yang bilang kalau prosesor ini tuh emang boros daya dan bikin cepat panas, tapi POCO C40 sudah mengatasinya dengan menyediakan kapasitas baterai Li-Po 6000 MAh. Selain itu, smartphone ini sudah dilengkapi dengan fast charging 18W yang bikin waktu lo tidak terbuang sia-sia perkara ngecas doang. 

Hal ini juga yang jadi fokus utama POCO, baterai tersebut memang diperuntukkan untuk spesifikasi ini. Baterai ini digadang-gadang bakal tahan selama 2 hari 2 malam  tanpa ngecas dengan rincian 32 jam untuk telepon, 86 jam untuk memutar musik, 20 jam untuk menonton video, dan 7 jam untuk navigasi.

POCO C40 ini telah menggunakan platform OS Android 11, MIUI 13 for POCO. Disandingkan dengan display yang lumayan besar untuk sebuah smartphone, yaitu 6.71 inch (720x1650 pixels) IPS LCD 400 nits, ini akan memuaskan lo dalam menonton video atau bermain game. Nonton film di HP serasa nonton film di tablet mini, wkw.

Kalau dari segi memori sendiri, POCO C40 memiliki 2 varian yaitu 3GB/32GB RAM dan 4GB/64GB RAM. Gue denger-denger sih memori eksternalnya bisa lo tambahin sampai 1TB, gila banget udah kayak laptop. Bakalan lemot nggak ya kalau punya dokumen, foto, dan video sebanyak 1TB dijalankan di HP ini?

Terlepas dari semua itu, gue suka banget sih sama desainnya. Dibilang unik sih nggak begitu juga, tapi kalau dibilang biasa aja ya nggak juga. POCO C40 ini mengusung desain ‘Young and Dynamic Design’ yang bikin kelihatan eye-catching gitu. 

Body-nya juga memiliki tekstur kayak leather, jadi bikin HP ini tambah menarik dengan harga yang di bawah rata-rata. Ada 3 varian warna yang bisa lo pilih, yaitu warna hitam, kuning dan coral green. Gue sendiri suka warna kuningnya sih, kayak POCO banget gitu, hehe. 

PLUS MINUS POCO C40

Seperti yang udah gue sebutkan di atas, spek tersebut sudah lumayan banget sih buat smartphone dengan harga 1 jutaan. Ya walaupun chipset-nya masih terasa asing di telinga, tapi spesifikasi yang lainnya sudah cukup menurut gue. Mereka mendesain dengan sedemikian rupa agar smartphone ini tuh kelihatan mewah tapi harganya nggak mahal-mahal amat, ini menurut gue jadi daya tarik sendiri bagi kaum menengah.

Spesifikasi kecil lainnya sih paling kayak fingerprintdual slot sim, high power speaker, USB type C, kayak gitu-gitu sih ada juga. Cuma HP ini tuh belum bisa 5G, lo tau sendiri kan smartphone keluaran terbaru sekarang kebanyakan menggunakan 5G, nah POCO C40 ini tuh cuma mentok di 4G doang. Selain itu smartphone ini juga nggak waterproof, kalau kecipratan air sih masih nggak papa, tapi kalau udah kecemplung ya sudah, end wkwk.

Dari segi kamera juga nggak begitu gahar banget, kamera belakangnya cuma 13 MP & 2 MP, sedangkan kamera depannya cuma 5 MP. Ini memang standar banget dalam segi kamera, mungkin pihak POCO memang sengaja menggunakan kamera resolusi rendah karena digicam lagi anget-angetnya kali ya, hehe. Lagian apa sih yang diharapkan dengan harga segitu?

Itulah beberapa keistimewaan POCO C40 yang rilis awal bulan ini. Sebenarnya dibilang istimewa enggak juga, tapi kalau dibilang jelek ya enggak juga. Baterai 6000 MAh bro, nonton drakor 1 season mungkin nggak bakal habis, wkwk.

Mungkin yang jadi istimewanya tuh, POCO sering ngadain challenge membuat kreasi smartphone terbarunya menjadi versi lo sendiri. Ada hadiah juga bagi para pemenangnya. Menurut gue, ini bisa jadi salah satu media untuk anak muda dalam berkarya. POCO pinter banget sih buat ngumpulin seniman yang mungkin karyanya belum begitu terkenal. Selengkapnya bisa kalian cek di instagram POCO Indonesiadeadline-nya tanggal 9 September 2022.

Kalau soal harga pastinya belum tau Civs, kemungkinan berada di bawah Rp 2,2 jutaan  karena di US, Europe, dan Vietnam harganya sekitar segitu. Harga satu jutaan mungkin yang versi 3GB/32GB, itu juga mungkin hampir menyentuh di angka Rp 2 juta. Kalau yang versi 4GB/64GB mungkin bisa di harga Rp 2 jutaan. Belum tau juga sih, kita tunggu saja tanggal rilisnya. (*/)

BACA JUGA: SIMAK BEBERAPA KELEBIHAN IPHONE 14 YANG BISA BIKIN PENGGUNA ANDROID CONVERT!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.