Tech

NVIDIA STUDIO DRIVER MAKSIMALKAN KINERJA PARA PELAKU INDUSTRI KREATIF

Bekerja di industri kreatif membutuhkan tools maupun software yang sangat efektif dan efisien untuk menunjang pekerjaan. NVIDIA Studio hadir menjadi solusi dari segala masalah yang ada.

title

FROYONION.COM - Buat lo yang belum tau, NVIDIA Studio baru-baru ini meluncurkan teknologi yang namanya NVIDIA Studio Driver, driver khusus untuk para content creator atau para pelaku industri kreatif, seperti editor video, animator 3D, illustrator, desainer grafis maupun fotografer, dan sebagainya. 

Driver ini bertujuan untuk mengoptimalkan beberapa software content creation yang bersifat GPU Bound atau GPU Intensive seperti Blender, 3ds MAX, Maya, Unreal Engine 5, Cinema4D, dan lain-lain.

Berbeda dengan gamers yang membutuhkan laptop dengan performa dari DirectX, content creator atau para pelaku industri kreatif ini memerlukan laptop dengan performa CUDA core, RT core atau AI (Tensor Cores) untuk menunjang pekerjaan mereka yang begitu berat. NVIDIA menjadi salah satu pilihan yang tepat agar pekerjaan para pelaku industri ini cepat terselesaikan.

Agar dapat menggunakan driver ini, diperlukan laptop yang memiliki spesifikasi minimal menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX seri 10. Beberapa merk laptop seperti Acer, Lenovo, Asus, Dell, dan lain-lain, juga menggunakan teknologi ini. Laptop dengan teknologi NVIDIA bisa menjadi alat kreatif terbaik untuk para pelaku industri kreatif.

AKSELERASI AI UNTUK DESAINER GRAFIS DAN FOTOGRAFER

Bekerja sebagai fotografer tidak melulu soal pengaturan angle, pencahayaan, proporsi, dll, tapi juga bagaimana menyempurnakan foto yang telah diambil. Baik menerapkan filter, mengubah detail kecil, bahkan menyesuaikan pencahayaan agar tidak ada kecacatan. Desainer grafis pun juga mengerjakan hal serupa seperti mendesain web, membuat konten, dll.

Ini memerlukan beberapa aplikasi editing foto maupun desain yang cukup berat seperti Adobe Photoshop, Lightroom, maupun Corel Draw. Terkadang juga perlu membuka beberapa aplikasi sekaligus agar lebih efisien. Hal ini terkadang membuat laptop yang spesifikasi kurang memadai menjadi lebih lambat dari biasanya karena kurangnya performa dari GPU yang dimiliki.

Di masa sekarang, banyak komputer modern mampu menyelesaikan tugas-tugas ini, semua aplikasi populer memiliki fitur akselerasi AI yang dapat secara dramatis meningkatkan efisiensi saat dipasangkan dengan GPU GeForce RTX yang ditemukan di laptop NVIDIA Studio. Seperti laptop Yoga Slim 7i Pro X dari Lenovo dengan GPU Laptop GeForce RTX 3050. 

Laptop tersebut menangani semua tugas fotografi dan desain grafis dengan mudah. Resolusi Super RTX-accelerated Adobe Photoshop menggunakan AI untuk meningkatkan gambar dengan kualitas lebih tinggi daripada metode standar. Fitur Enhance Details dari Photoshop Lightroom menyempurnakan detail warna halus dari gambar RAW resolusi tinggi.

SELAMAT TINGGAL NGE-LAG PAS EDIT VIDEO

Editor video sering kali mendapat proyek besar juga, seperti menambah gradasi warna, mengedit rekaman mentah 4K bahkan 8K, menambah efek visual dan gerakan, menyempurnakan konten, dll. Terkadang juga para editor ini sering bereksperimen dengan gaya dan teknik tersendiri untuk mendapatkan ciri khas mereka.

NVIDIA bisa menjadi teknologi yang sangat efisien untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Beberapa laptop yang menggunakan teknologi NVIDIA ini memiliki sistem encoding yang lebih cepat dan Tensor Core untuk fitur AI, hal ini sangat membantu menghemat waktu editor saat dikejar deadline.

Laptop seperti Dell XPS 15 dengan teknologi NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti bisa menjadi solusi untuk mengedit video 4K, sedangkan untuk video 6K atau 8K bisa memilih RTX seri terbaru. GPU RTX menampilkan encoder dan decoder berbasis perangkat keras yaitu NVENC dan NVDEC. Hal ini membuat kecepatan render video di Adobe Premiere Pro dan After Effects sangat cepat dan lancar kayak jalan tol.

LANCARIN RENDER ANIMASI 3D

Animator 3D memang membutuhkan tools dan software yang sangat berat karena pekerjaan mereka yang membuat dunia baru seperti pembuatan model atau karakter, menghidupkan karakter, menciptakan efek tertentu, dll. Pekerjaan ini menurut gue paling rumit di antara yang lainnya, terkadang pengerjaannya juga dilakukan di beberapa aplikasi sekaligus.

GPU yang tepat sangat penting untuk menunjang pekerjaan ini karena alur kerja 3D yang cukup berat. Hal ini membutuhkan sistem yang sangat cepat pula agar kinerja laptop tetap stabil. Laptop yang dilengkapi NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti atau lebih tinggi bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Namun laptop dengan NVIDIA seri tersebut kebanyakan adalah laptop gaming yang harganya juga nggak main-main.

Kartu grafis dengan kinerja yang tinggi ini dapat mempercepat render, bahkan saat mengerjakan animasi rumit yang membutuhkan banyak modeling sampai shading. Semua aplikasi animasi 3D seperti Adobe Substance 3D, Autodesk Maya, Chaos V-Ray, Unreal Engine, Blender, dll, dapat menampilkan manfaat akselerasi RTX. Pelacakan sinar real-timedenoising AI di viewport dan banyak fitur lainnya menjadi interaktif tanpa harus menunggu lama untuk render.

Itulah beberapa keunggulan NVIDIA Studio yang hadir untuk mempercepat pembuatan konten, termasuk alat AI untuk mengedit. Laptop dengan teknologi ini menurut gue sangat canggih buat lo yang bekerja di industri media kreatif. Efektivitas dan efisiensi lo dalam mengerjakan pekerjaan tersebut sangat dipertaruhkan, bahkan sekelas Macbook seri terbaru masih kalah efisien dengan GPU RTX + NVIDIA Studio Driver ini.

NVIDIA Studio juga menyediakan suite aplikasi secara eksklusif dan gratis bagi pemilik GPU RTX seperti NVIDIA Omniverse untuk 3D, Broadcast untuk siaran langsung, dan Canvas untuk melukis bagi illustrator. Hal tersebut sangat menguntungkan buat lo yang berkutat di industri kreatif.

Ngomongin keunggulan mulu, emang nggak ada kekurangannya kah? Ada Civs, kekurangannya cuma satu, yaitu laptop studio ini memiliki harga yang lumayan mahal. Laptop yang gue rekomendasiin di artikel sebelumnya sebenarnya bisa dipasangi teknologi ini, tapi kalau lo memang bener-bener menggeluti industri ini, belilah laptop studio yang terbaik versi lo. (*/)

BACA JUGA: PAHAMI KOMBINASI COLOR WHEEL AGAR WARNA DESAINMU LEBIH EYE CATCHING

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dynasti Savira

Investor Reksadana, pro player Blossom Blast Saga, pegiat hidup monoton, dan penikmat seni tapi bukan air. Motto hidup : Semua masalah pasti akan berlalu, iya berlalu lalang.