Tekno

MALES MANDI? SAATNYA PAKE MESIN CUCI MANUSIA

Duhai para kaum malas mandi, ada kabar bahagia nih buat lo! Perusahaan Jepang akan buat ‘mesin cuci manusia’ dengan tujuan menciptakan pengalaman mandi yang menyegarkan tubuh dan pikiran. Tertarik coba?

title

FROYONION.COM - Lo pernah gak di posisi lagi mager banget, tapi terpaksa harus mandi? ngebayangin harus bangkit dari kasur terus gosok tubuh pakai sabun serta serangkaian ritual dalam mandi lainnya yang bikin makin malas?

Atau lo termasuk tipe yang gak terlalu mikirin mandi tapi baru bergerak kalo Emak udah berkoar-koar ngingetin mandi?

Yah, ga perlu dijawab juga, simpen aja sendiri ya.

Sebagai orang yang tinggal di Indonesia, kita punya kebiasaan untuk mandi dua kali sehari. Hal ini karena negara kita yang punya iklim tropis, sehingga tiap beraktivitas banyak di luar tubuh pasti akan terasa gerah dan panas karena keringat.

Meski lagi mager, mandi tetap wajib dilakukan, Civs. Selain menyegarkan, mandi dengan bersih juga membantu membersihkan tubuh dari kuman serta mengangkat sel kulit mati sehingga tubuh menjadi segar dan lebih cerah.  

Lo tau kan konsekuensi dari hidup kurang bersih dan jarang mandi itu banyak? Kalo kita jarang mandi maka akan terjadi penumpukan keringat yang bercampur kotoran dan sel kulit mati. Hal ini akan menyebabkan sumbatan untuk pori-pori kulit. Akibatnya, kita bisa kena penyakit kulit misalnya jerawat, dermatitis sampe eksim.

Buat lo yang masih mager dan sering absen mandi, ada kabar baik nih. Kabarnya perusahaan dari Jepang akan membuat mesin cuci untuk manusia! iya, lo gak salah baca, beneran mesin ‘cuci’ manusia.

Wah, kemajuan teknologi di Jepang memang mengagumkan ya. Barang-barang yang mereka ciptakan semakin canggih dan mempermudah hidup manusia terutama kaum mageran kayak kita, haha. Canda, mager

Bayangin aja, lo tinggal diem dengan rileks dan membiarkan tubuh dibersihkan mesin. Gak perlu lagi deh ngumpulin niat untuk mandi, apalagi nunggu Emak lo berkoar-koar ngingetin mandi, haha. 

Kabarnya, tujuan dari diciptakannya mesin cuci manusia ini untuk menciptakan pengalaman mandi yang tak hanya bersih namun juga membuat rileks dan nyaman sehingga tubuh sekaligus pikiran lo menjadi fresh kembali.

Proyek pembuatan mesin cuci manusia ini dilakukan oleh perusahaan berbasis teknologi di Osaka, Science Co. Ltd. Perusahaan Science Co. Ltd yang didirikan pada tahun 2007 ini bergerak dibidang teknologi kamar mandi dan peralatan dapur. Perusahaan ini sudah banyak dikenal lewat inovasi teknologinya. Mesin cuci manusia ini nantinya akan menjadi produk lini Mirable mereka. 

Proyek yang dinamakan Project Usoyara ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2024. Nantinya, produk mesin cuci manusia ini akan didebutkan di Osaka Expo 2025. 

Penasaran sama mesin cuci manusia ini? Ini beberapa hal tentang mesin cuci manusia dari Science Co. Ltd:

1. Terinspirasi dari produk serupa milik Sanyo Electric

Yasuaki Aoyama, sang pemimpin perusahaan Science Co. Ltd mengungkapkan bahwa Project Usoyara ini terinspirasi dari mesin cuci manusia berbentuk telur yang pernah diciptakan Sanyo Electric. 

Mesin cuci manusia ini juga dikenal dengan ‘Mandi Ultrasonik’. Mesin ini memiliki kemampuan untuk membersihkan, memijat dan mengeringkan manusia dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 15 menit.

Saat itu, Mandi Ultrasonik milik Sanyo Electric dipamerkan di Paviliun Osaka pada Expo Osaka 1970. Aoyama yang berusia 10 tahun begitu terpukau oleh penemuan tersebut. Sayangnya, konsep ‘Mandi Ultrasonik’ milik Sanyo Electric tidak benar-benar diluncurkan untuk komersil.

2. Alasan penciptaan yang lebih personal

Yasuaki Aoyama memang terpesona oleh Mandi Ultrasonik milik Sanyo Electric, namun ternyata alasan dibalik penciptaan mesin cuci manusia juga bersifat personal. Salah satu putri Aoyama ternyata menderita radang kulit yang disebabkan klorin dari air keran. Kondisi khusus ini membuat putrinya tidak dapat mandi seperti orang normal pada umumnya.

Aoyama lalu meminta bantuan temannya untuk mengembangkan kepala pancuran yang diisi bahan kimia. Bahan kimia ini berfungsi untuk menghancurkan klorin saat air melewatinya. Hal ini sangat menolong putrinya, sehingga Aoyama semakin termotivasi membantu orang lain yang mengalami masalah mandi yang serupa.

3. Penggunaan yang praktis dengan hasil maksimal

Penggunaan mesin cuci manusia juga cukup praktis dengan proses yang singkat. Pengguna cukup berbaring di kursi mandi, lalu mesin akan mengisi dengan air hangat serta mengeluarkan gelembung mikro yang berfungsi untuk menghilangkan kotoran di pori-pori pengguna.

Proses mandi ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Jadi, meski kita enggak bergerak sama sekali, kita tetap bersih dengan bantuan gelombang mikro.

4. Menggunakan sistem Artificial Intelligence (AI) dan dapat mengukur keadaan saraf

Dalam rangka menciptakan pengalaman mandi yang mampu menyegarkan tubuh dan pikiran, mesin cuci manusia ini menggunakan sistem AI yang dapat memutar video hiburan pilihan sesuai kondisi pengguna. Lho, kok iso?

Iya, karena terdapat sebuah sensor di kursi mandi yang terhubung ke elektrokardiogram untuk mengukur detak jantung serta memantau keadaan sistem saraf. Sensor ini juga mengukur keadaan saraf simpatis dan parasimpatis. Hal ini membuat sistem dapat mendeteksi tingkat kenyamanan pengguna saat ditampilkan video oleh AI. Lalu AI akan secara otomatis memilih konten yang paling menenangkan bagi pengguna. 

Melalui mesin cuci manusia ini, kita akan memiliki pengalaman mandi yang berbeda dari biasanya. Mesin cuci manusia ini menawarkan berbagai manfaat serta pengalaman mandi yang menyegarkan tubuh serta pikiran. Sayangnya kita masih harus bersabar menunggu Project Usoyara ini, guys. Penasaran mencoba?

BACA JUGA: REKOMENDASI MOBIL LISTRIK DI BAWAH 100 JUTA, COCOK BUAT LO YANG MOBILITASNYA TINGGI!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kal

Seorang gadis sederhana dengan pikiran ruwet. Punya kecanduan sama film serta buku.