Tech

REKOMENDASI MOBIL LISTRIK DI BAWAH 100 JUTA, COCOK BUAT LO YANG MOBILITASNYA TINGGI!

Brand ternama kayak Mitsubishi, Nissan, dan Hyundai mulai merilis kendaraan listrik alias electric vehicle (EV) di tahun ini. Tapi, ada juga beberapa brand lain yang merilis EV dengan harga yang lebih terjangkau. Simak daftarnya, Civs!

title

FROYONION.COM - Tren anak muda Indonesia di bidang otomotif lagi mengalami pergeseran nih, Civs. Kehadiran kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) yang mulai menjamur di Indonesia dalam 2 tahun terakhir cukup menarik kaum Millennial dan Gen-Z, beberapa brand kayak Mitsubishi EV, Nissan EV, dan Hyundai EV mulai menerjang pasar Tesla dan bersaing dalam perebutan takhta kendaraan listrik.

Tingginya minat dan perhatian masyarakat sama kendaraan listrik ini dibuktikan dengan data dari Google Trends Indonesia yang menunjukkan adanya kenaikan tingkat penelusuran terkait brand yang memproduksi kendaraan listrik sebesar 300% dari tahun 2020 ke 2021 yang lalu. Begitu juga dengan YouTube, kata kunci ‘mobil listrik’ naik sebesar 60% di periode yang sama, Civs.

Berangkat dari sini, gue mau coba sajikan beberapa rekomendasi kendaraan listrik yang nggak cuma ramah lingkungan, tapi juga ramah di ‘kantong’ pekerja, terutama anak-anak muda Indonesia, Civs. Mari disimak list-nya!

1. WULING HONGGUANG MINI EV

Wuling Hongguan Mini EV dibanderol sekitar Rp60 – Rp90 jutaan. (Sumber: Kompas)
Wuling Hongguan Mini EV dibanderol sekitar Rp60 – Rp90 jutaan. (Sumber: Kompas)

Yang pertama ada EV dari brand asal Tiongkok yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu Wuling. Tahun 2021 kemarin, lewat pameran otomotif GIIAS, Wuling memperkenalkan ‘Hongguang Mini EV’ ke Indonesia. Mobil ini termasuk kendaraan listrik yang paling laku di Tiongkok, Civs, dengan penjualan sebanyak 119.225 unit di tahun 2020, menduduki peringkat kedua EV paling laku setelah Tesla Model 3.

Dibanderol dengan harga yang berkisar antara Rp60 – Rp90 jutaan, mobil ini cocok banget buat mendukung mobilitas di tengah macetnya perkotaan, dengan dimensi yang cukup kecil, istilahnya bisa ‘nyelap-nyelip’ di tengah kemacetan, Civs.

Kapasitas baterainya sekitar 13,8 kWh, diklaim bisa bertahan sejauh 170 km, Civs! Lumayan dah tuh, dalam sekali charge, bisa pulang-pergi kantor–rumah untuk seminggu~

2. CHERY QQ ICE CREAM

Chery QQ Ice Cream, rival dari Wuling Hongguang Mini EV. (Sumber: Wikipedia)
Chery QQ Ice Cream, rival dari Wuling Hongguang Mini EV. (Sumber: Wikipedia)

Kalo yang satu ini merupakan versi kendaraan listrik dari Chery QQ versi ‘legend’ yang sering mondar-mandir di jalanan Indonesia tahun 2000-an, Civs. Chery QQ Ice Cream punya dimensi yang sedikit lebih panjang ketimbang Wuling Hongguang Mini EV, tapi tetap mungil dan bisa sat-set-sat-set di jalan juga, Civs.

Untuk harganya, Chery QQ Ice Cream nggak jauh beda dengan Wuling juga, yaitu sekitar Rp60 jutaan. Mobil ini juga bisa menghasilkan tenaga hingga 20 kWh, atau setara 26,8 daya kuda dan torsi maksimal 85 Nm. Kendaraan listrik ini bisa dipacu hingga kecepatan 100 km/jam dan baterai yang melaju dengan jarak 120-170 km dalam kondisi baterai penuh. Sebelas-duabelas lah ya sama Wuling.

3. BLADE KU

Blade KU, mobil listrik mini bergaya SUV Inggris. (Sumber: Kompas)
Blade KU, mobil listrik mini bergaya SUV Inggris. (Sumber: Kompas)

Blade KU diperkenalkan ke publik Indonesia lewat pameran otomotif Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) beberapa waktu lalu. Menariknya, meskipun ukurannya mini, tapi tampilan mobil ini mirip kayak mobil-mobil SUV ala Inggris, dengan grill yang besar dan interior yang unik.

Dibanderol dengan harga Rp75 juta (OTR Jakarta), mobil listrik ini punya kapasitas baterai yang 2x lebih besar ketimbang Chery QQ Ice Cream dan Wuling Hongguang Mini EV, yaitu sekitar 26,7 kWh. Dengan baterai yang penuh, mobil ini bisa membawa pengemudinya hingga jarak 336 KM.

Oiya, mobil ini bisa di-charge lewat tenaga surya ya, karena dilengkapi dengan solar panel di bagian atas mobil dengan durasi charge 3 jam doang, Civs.

Nah, nggak cuma brand-brand macam Nissan, Mitsubishi, Hyundai, dan Tesla aja yang punya line-up mobil listrik (EV) paling menarik buat masyarakat kita, Civs. Dan dari beberapa list mobil listrik yang udah gue sajikan di atas, yang mana yang paling worth it menurut lo, Civs? Jangan lupa komen pendapat lo di bawah ya! (*/)

BACA JUGA: MILLENNIAL MENDING CICIL RUMAH ATAU CICIL MOBIL?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.