Tech

SENSOR KAMERA SONY DI IPHONE 15, BIKIN UNTUNG ATAU BUNTUNG?

Rumor terbaru kalau sensor kamera Sony bakal diboyong buat bikin iPhone 15 makin canggih. Kalau menurut lo Civs, hal ini menarik buat bikin lo nabung empot-empotan supaya bisa beli iPhone 15 nanti nggak?

title

FROYONION.COM - Mungkin rumor ini bisa jadi salah satu kebahagiaan buat lo iPhone users yang selama ini sangat terbantu sama fitur dan kamera super canggih yang mereka punya. 

Belakangan lagi mencuat soal laporan kabar dari perancangan seri iPhone 15 yang bakal diduga bakal dibuka ke publik pada 2023 mendatang. Nah, seiring dengan hal tersebut muncul juga rumor kalau iPhone bakal menggunakan sensor kamera Sony di seri terbaru handphone tersebut. 

Dilansir dari Nikkei, perusahaan asal Jepang itu bakal memasok Apple dengan sensor gambar milik mereka yang canggih. Buat gambaran lo Civs, Sony Group itu memang sudah lama dikenal punya reputasi bagus di industri kamera dan punya sensor pengambilan gambar yang paling top di dunia. 

Dari rumor yang beredar itu disebutkan kalau pengembangan sensor untuk Apple ini dilakukan sama Sony Semiconductor Solutions, perusahaan yang punya pabrik di Nagasaki. Teranyar, beberapa sensor yang diproduksi itu sudah mulai dikirimkan ke Amerika Serikat. 

Kalau memang rumor ini benar kejadian Civs, iPhone mungkin bakal jadi ponsel pintar yang sangat populer dengan segudang keunggulan tahun depan. Setelah hype dari iPhone 14 belum meredup, gebrakan ini tentunya bakal jadi kabar yang sangat baik banget buat lo iPhone users yang juga pecinta dunia fotografi.

Dari laporan Nikkei itu, salah seorang eksekutif dari produsen pembuat komponen perusahaan itu mengatakan kalau kolaborasi dilakukan untuk mengkonsolidasikan keunggulan dari kompetitor mereka dalam bidang teknologi fotografi. Saat ini, kata dia, mereka bersaing dengan Samsung Electronics sehingga perlu melakukan manuver. 

Tapi Civs, belum dijelaskan secara gamblang juga sih sensor jenis apa yang akan dipasok Sony kepada Apple. Secara kasar, mereka menjelaskan kalau fitur ini nantinya memungkinkan peningkatan saturasi dalam setiap pixel gambar dibandingkan dengan sensor konvensional lainnya.

Dengan fitur ini, kamera handphone lo nantinya bisa menangkap lebih banyak cahaya serta melakukan penyesuaian terhadap overexposure ataupun under exposure pada pengaturan tertentu. 

Selain itu, kamera nantinya juga mampu memotret wajah seseorang dengan lebih jelas meskipun subjek berdiri dengan latar belakang cahaya yang terang. Kondisi ini biasanya disebut dengan backlight, sehingga sangat menyulitkan lo kalau butuh foto yang clear di wajah. 

Kalau dengan cara konvensional, backlight bisa lo antisipasi dengan mengubah angle pengambilan gambar sehingga subjek tidak membelakangi sumber cahaya. 

Bukan cuma itu aja Civs, Apple digadang-gadang juga ingin meningkatkan kinerja sensor kamera periskop di iPhone rancangan terbaru mereka. Hal ini berkaitan dengan pengalaman zoom optik yang diberikan kepada pengguna di kamera handphone tersebut.

Dengan optimalisasi tersebut, nantinya lo dimungkinkan buat melakukan pengambilan zoom gambar dengan lebih baik dan canggih nantinya. Memang sih, belum ada gambaran utuhnya soal fitur-fitur dari sensor terbaru yang bakal dipasok ini. 

APA SIH UNGGULNYA SONY?

Nah, memang sih kita belum tau sensor Sony apa yang bakal disematkan nantinya di iPhone 15. Tapi, kalau lo flashback sedikit ke belakang banyak ternyata sensor-sensor unggulan dari pabrikan Sony yang juga dipakai sama handphone flagship dengan kualitas fotografi yang mantap. 

Misalnya, sensor Sony IMX766 dengan resolusi 50 megapiksel (MP) dan Sony IMX709 beresolusi 32 MP. Ternyar, sensor ini dipakai buat kamera Oppo Find X5 Pro 5G. 

Salah satu teknologi yang bisa lo temuin dari sensor ini adalah Natural Color Calibration. Lewat fitur ini, gambar yang lo jepret dari kamera nantinya bakal punya warna yang lebih natural dan akurat. Pastinya, fitur ini sangat berguna buat lo yang seringkali mungkin repot buat melakukan koreksi warna pada foto. 

Ada juga fitur mode XPAN dan creative master filter. Dengan hal ini, lo bisa mengambil gambar dengan kualitas ketajaman yang tinggi dalam format panorama. Biasanya dengan fitur ini, perspektif yang dijepret sama kamera lo bakal lebih optimal dan nggak buram. 

Performa juga makin maksimal lewat beberapa fitur unggulan lain, misalnya 4K Ultra Night Video sehingga lo bisa mendapatkan kualitas video yang lebih jernih pada malam hari. 

Sensor IMX709 di kamera depan juga mendukung kualitas selfie jadi lebih tajam. Lewat sensor ini, pengambilan foto bisa tetap maksimal meski dalam kondisi minim cahaya atau low light. 

Mereka pun punya sensor otomatis untuk mengambil gambar dengan wide-angle ketika mendeteksi lebih banyak orang saat lo melakukan group selfie. Canggih nggak menurut lo Civs fitur itu? 

Selain sensor itu, Sony juga punya IMX682 yang jadi salah satu opsi populer di handphone kelas menengah jaman sekarang cuy. Sensor unggul ini punya quad-pixel yang dilapisi dengan satu sel bayer color filter

Artinya, data yang dihasilkan dari 4 piksel itu nantinya bakal digabungkan menjadi satu gambar yang dapat menangkap detail secara lengkap dan punya dynamic range yang lebih luas. 

Beberapa ponsel yang pakai sensor ini, misalnya: Xiaomi Mi 10T 5G, Samsung Galaxy M51, Xiaomi Poco X3 NFC, Realme 7 Pro, Realme 7, Samsung Galaxy M31s, dll.

Kalau lo lihat, beberapa ponsel yang pakai sensor ini sih memang mode lama dan mungkin sudah ketinggalan zaman sekarang ini ya. Jadi menurut gue sih kayaknya nggak mungkin iPhone 15 pakai sensor ini buat nikmatin keunggulannya.

Sepertinya, Sony menyiapkan gebrakan yang sangat kuat buat ngasih yang terbaik di kamera iPhone 15 nantinya. 

Masih merujuk ke laporan Nikkei, ambisi Sony ini buat meningkatkan pangsa pasar sensornya dalam beberapa tahun ke depan. Disebutkan kalau saat ini pangsa global Sensor CMOS milik Sony berkisar di angka 44% pada 2021. Mereka berencana meningkatkan pangsa itu jadi 60% pada kurun waktu 3 tahun. 

Gimana Civs, lo sudah siap nabung buat boyong iPhone 15 ini nggak? Atau lo tim yang pakai handphone apa adanya aja nih. 

Nggak bisa lo lupain juga nih kalau keluaran terbaru iPhone ini selalu bakal matok harga yang tinggi. Apalagi kalau dilengkapi sama terobosan canggih saat ini, kebayang nggak tuh bakal dijual berapa nanti di Indonesia? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!