Tekno

BOSAN DENGAN CANVA? KINI LO BISA BIKIN KONTEN PAKAI ADOBE EXPRESS

Kini lo bisa lebih mudah membuat konten dengan yang namanya Adobe Express. Selain itu, lo bisa menggunakan Adobe Express secara gratis.

title

FROYONION.COM - Adobe baru-baru ini mengumumkan, bahwa mereka akan merilis yang namanya Adobe Creative Cloud Express alias Adobe Express. Kalau lo akrab dengan Adobe Spark atau Canva, nah, Adobe Express ini kurang lebih seperti Spark dan Canva.

Adobe meluncurkan Adobe Express pada Desember lalu untuk menggantikan Adobe Spark. Adobe Express bisa mempermudah lo dalam merencanakan atau menjadwalkan konten. Lalu konten yang udah lo bikin di Adobe Creative Cloud Express, bisa lo publikasi ke seluruh platform media sosial lo.

Play Store juga menyediakan Adobe Express yang bisa lo unduh secara gratis. Lo bisa juga melakukan pembelian untuk merasakan sensasi premium, dan membuka banyak fitur tambahan di dalamnya.

Adobe telah mengintegrasikan ContentCal ke dalam Adobe Creative Cloud Express, dan merilis fitur “Content Scheduler” pada bulan Desember lalu. Mengutip dari TechCrunch, pengguna Adobe kini dapat membuat dan merencanakan kampanye media sosial melalui tools yang tersedia dalam Adobe Express. 

Dengan tools Content Scheduler pada Adobe Express, lo bisa mengatur pola waktu publikasi media sosial lo. Dengan begitu, pengguna Adobe Express jadi bisa ngejadwalin kontennya dan menyesuaikannya supaya audiens bisa menerima konten tersebut dengan waktu yang cocok.

Tools Content Scheduler saat ini tersedia melalui paket premium Adobe Express. Pengguna paket premium dapat mengunggah konten dalam jumlah tak terbatas melalui Content Scheduler. Buat lo yang doyan bikin konten, baik untuk kebutuhan pribadi maupun kegiatan kuliah, Adobe Express ini bisa jadi sangat membantu.

Anak muda tentunya perlu banget sama yang namanya bikin poster buat acara ataupun bikin CV buat kerja, tapi pasti pada merasa kurang percaya diri karena merasa gak bisa desain. Tapi tenang aja, dengan adanya Adobe Express lo tentu bisa bikin poster dan CV dengan template yang tersedia sesuai dengan selera lo.

“Creative Cloud Express berinvestasi dalam membantu perkembangan ekonomi kreatif, di mana semakin mudah bagi siapa pun untuk membangun audiens dan memonetisasi konten, produk, dan layanan mereka,” ujar Ian Wang, direktur senior sekaligus kepala produk di Adobe Creative Cloud Express. 

BACA JUGA: HAL UMUM YANG PERLU LO TAHU KALO MAU JADI DESAINER GRAFIS

Ide umum di balik Creative Cloud Express adalah memberikan alat yang dibutuhkan non-profesional buat mewujudkan visi mereka. Kalau kata Ashley Still dari Adobe dalam TechCrunch, perusahaannya telah melihat banyak pertumbuhan dari pengguna non-profesional dalam beberapa tahun terakhir. 

“Apa yang kami lakukan dengan Adobe Creative Cloud Express yaitu kami mengambil semua pembelajaran dari luasnya aplikasi web dan gawai, serta teknologi Creative Cloud lain seperti Photoshop. Kami membawanya menjadi penawaran terpadu yang disebut Adobe Creative Cloud Express,” kata Still.

Still mengatakan, bahwa pengguna Adobe Express benar-benar untuk orang-orang yang fokus pada hasil dan bukan proses. Mereka tidak ingin memulai dengan halaman kosong, mereka ingin memulai dengan gambar dari Adobe Stock.

“Para calon pengguna tidak ingin membuat font, mereka ingin mendapatkan akses ke salah satu dari 20.000 font dari perpustakaan Font Adobe. Mereka tidak ingin pergi ke aplikasi lain untuk membuat pamflet, dan membuatnya jadi PDF. Mereka ingin bisa melakukan semuanya di satu tempat,” ujar Still.

Sebelum konten dipublikasi, pengguna juga bisa pakai fitur pratinjau buat melihat point of view dari followers atau audiens. Pengguna juga bisa menghemat waktu dengan mempublikasikan postingan mereka di Instagram, Twitter, dan Facebook dari satu tempat yaitu Adobe Express.

Pengguna dapat menghubungkan hingga tiga profil media sosial per paket dengan menautkan akun mereka ke profil Facebook, Instagram, dan Twitter. Fitur terbaru Adobe Express sudah tersedia dan bisa lo dapatkan di website Adobe Express.

Aplikasi ini hadir dalam versi gratis dan edisi berbayar $9,99/bulan dengan fitur yang tentunya lebih lengkap lagi. Selain aplikasi web, aplikasi gratis Adobe Express juga tersedia di toko aplikasi Apple, Google Play, dan Microsoft Store.

BACA JUGA: KULIAH DESAIN GRAFIS BISA KERJA APA AJA SIH?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung