Tech

SAMSUNG GALAXY WATCH6 SERIES: COCOK UNTUK LINTAS GENERASI YANG PEDULI ‘HEALTH ISSUE’

Samsung kembali dengan inovasi jam tangan pintar mutakhirnya. Bukan hanya untuk orang tua, Galaxy Watch6 series sangat cocok untuk para pecinta ‘healthy life’ termasuk anak muda kreatif. Ada fitur health care apa saja ya?

title

FROYONION.COM - Kemewahan begitu terasa kala Samsung menggelar Galaxy Unpacked 2023 di kampung halamannya sendiri di Seoul, Korea Selatan. Tepat 26 Juli lalu, Samsung meluncurkan smartphone lipat terbarunya Galaxy Flip5 dan Galaxy Z Fold5. Perusahaan yang memiliki 275 ribu karyawan di seluruh dunia ini turut merilis bersamaan Galaxy Tab S9 series dan Galaxy Watch6 series. 

Galaxy Watch6 series merupakan smartwatch teranyar dengan upgrade yang lebih baik dari pendahulunya. Samsung menawarkan dua varian yaitu Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic. 

Vice President & Head of Digital Health Samsung Hon Pak dalam Galaxy Unpacked July 2023 kemarin menjelaskan fokus utama Watch6 series yaitu bagaimana meningkatkan kesehatan pengguna melalui pola tidur yang berkualitas. Selaras dengan visi perusahaan untuk meningkatkan kesehatan penggunanya melalui sistem perawatan terkoneksi yang didukung Samsung Medical Center.

Material frame terbuat dari armor aluminum plus layar Super AMOLED berlapis kristal safir anti gores menjadikan arloji pintar ini tampil kokoh. Sertifikasi rate 5ATM dan IP68 memastikan perlindungan smartwatch ini dari air dan debu. 

BACA JUGA: SAMSUNG RILIS GALAXY S23 ULTRA, HADIRKAN KAMERA CANGGIH 200 MP DALAM GENGGAMAN

Pinggiran bezel lebih tipis ditopang fitur Always-On Display (AOD) yang mengatur kecerahan layar otomatis dimanapun pengguna berada. Performa sistem lebih optimal dengan processor Exynos W930 Dual-Core 1,4GHz, RAM 2GB serta memori internal 16GB.

Didukung kehandalan sistem operasi WearOS 4 terbaru dari Google dan Interface One UI 5 Watch terbaru milik Samsung. Sistem health monitoring program yang dirancang juga semakin komprehensif. Para pengguna benar-benar dimanjakan dengan device pintar yang memantau seluruh aktivitas jasmani mulai dari pagi hingga saat terlelap sekalipun. 

SEGUNUNG FITUR CANGGIH HEALTH ORIENTED PROGRAM

“Sleep is a window to our health”, sebuah tagline unik dan menarik untuk memancing minat calon pelanggan. Fitur sleep monitoring technology yang digagas bertahun-tahun semakin menegaskan Samsung sebagai perusahaan teknologi wearable yang fokus pada kesehatan. Nah, berikut segunung fitur-fitur canggih yang ada di Watch6 series:

1. Kecanggihan 3 in 1 bioactive sensor

Samsung menyematkan 3 in 1 bioactive sensor sekaligus yang meliputi ECG (Electrocardiogram), PPG (Photoplethysmography) dan BIA (Bioelectrical Impedance Analysis) Sensor. 

Sensor ECG berguna untuk mengukur irama detak jantung secara real time dan melihat kelainan di dalamnya via IHRN (Irregular Heart Rhythm Notification)

Adapun sensor PPG mengukur tekanan darah dan detak jantung per menit. Sementara itu sensor BIA akan mengukur body composition seperti persentase lemak, otot rangka, kalori (basal metabolic rate) dan kadar cairan tubuh (body water). Selain itu ada infrared temperature sensor yang membantu pengguna untuk mengukur suhu lingkungan sekitar. 

2. Fitur Sleep monitoring dengan teknologi hypnogram analysis

Teknologi ini mengumpulkan data dan mengukur siklus tidur pengguna berdasarkan sleep score factors meliputi total waktu tidur, jenis siklus tidur, waktu bangun serta pemulihan fisik dan mental. 

Hasil analisis lengkap dapat dilihat dengan cara menghubungkan Watch6 dengan aplikasi Samsung Health Monitor pada smartphone Samsung Galaxy pengguna. Selain itu ada beberapa informasi tambahan berupa kadar oksigen dalam darah, lama waktu mendengkur, suhu pada permukaan kulit dan konsistensi tidur pengguna.

Perangkat ini juga akan merepresentasikan kebiasaan tidur penggunanya dengan 8 simbol hewan seperti penguin, singa, aligator dan hewan lainnya. Fitur sleep animal symbol ini akan aktif setelah mengumpulkan data tidur penggunanya selama 7 hari pemakaian dan mengisi survey yang telah ditentukan. Fitur ini juga sudah ada pada versi sebelumnya.

3. Sang asisten kesehatan ‘Sleep Coaching Programs’

Berdasarkan analisa hipnogram, perangkat akan merekomendasikan tahapan-tahapan aktifitas (key habits) yang akan membantu memperbaiki pola tidur pengguna. Sejak pagi hari, layar secara otomatis akan menampilkan pesan yang akan membantu pengguna melakukan satu per satu key habits untuk meningkatkan skor atau nilai. 

Mengurangi minuman berkafein, sarapan/makan tepat waktu, bermeditasi dan key habits lainnya adalah cara arloji pintar ini membangun kebiasaan sehat bagi penggunanya.

4. Menganalisa kemampuan fisik lewat ‘Personalized Heart Rate Zone’

Setiap orang memiliki detak jantung (heart rate) yang bervariasi saat berolahraga. Heart rate zone merupakan 5 tingkatan batas detak jantung seseorang pada saat berlari yang dinyatakan dalam satuan bpm (beats per minute).  

Fitur ‘fitness coaching’ ini akan memandu apabila bpm pengguna sudah mencapai maksimal zona heart rate (contohnya zona 3) maka perangkat akan mengingatkan pengguna untuk menurunkan kecepatan agar detak jantung mendapatkan ruang untuk rehat. 

Sebaliknya jika zona heart rate terlalu minimal maka perangkat akan meminta pengguna untuk menaikkan kecepatan. Ada 100 jenis workout tracer dalam Watch6 seperti bersepeda, lari, berenang dan lainnya. Tentunya pengguna harus mengaktifkan GPS untuk menggunakan fitur ini.

Sementara itu kompatriotnya Galaxy Watch6 Classic terbuat dari bahan stainless steel dan memiliki bezel yang bisa diputar sebagai alternatif navigasi. Ada juga tambahan sensor 3D Hall serta size yang lebih lega dengan diameter 43 dan 47mm. Samsung Indonesia membanderol harga Galaxy Watch6 Classic Rp5.499.000 untuk ukuran 43mm dan Rp 5.999.000 untuk ukuran 47mm. Sedangkan untuk Galaxy6 dihargai Rp3.999.000 untuk ukuran 40mm dan Rp4.499.000 untuk ukuran 44mm.

Perangkat DSS (Decision Support System) dalam smartwatch ini benar-benar mendukung seluruh aktifitas pengguna seharian penuh. Pengguna dengan mudah mengganti dan memasang tali jam dengan sekali klik. Semua fitur health oriented program didalamnya meningkatkan kesehatan pengguna. 

Target pasar smartwatch Samsung ini jelas menjangkau lintas generasi yang concern akan kesehatan. Faktor kuncinya tetap pada pengguna itu sendiri, hanya pengguna yang berkomitmen untuk hidup sehat yang cocok dengan arloji pintar ini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Adib

Seorang PNS (Pegawai Ngeri Swasta), guru ngaji, sarjana komputer yang suka nulis