Tech

FOOTBALL LEAGUE 2023, SALAH SATU GAME SEPAK BOLA YANG RINGAN DAN PERLU KALIAN COBA!

Sering sekali para penggemar sepak bola ingin memainkan permainan sepak bola di smartphone-nya. Tapi, apakah ada game sepak bola yang ringan? Simak di sini ya!

title

FROYONION.COM – Permainan sepak bola selalu menjadi tren dikalangan anak muda Indonesia. Kalian sebagai pecinta sepak bola pasti akan selalu menantikan sebuah permainan yang berbau tentang sepak bola. Entah itu pertandingan secara langsung maupun dalam bentuk game

Tak heran jika para penikmat sepak bola pasti suka memainkan game olah bola tersebut. FIFA23, Pro Evolution Soccer, maupun E-Football menjadi bukti banyaknya pecinta sepak bola yang memainkan game tersebutNamun, permainan-permainan tersebut sepertinya terlalu berat jika kita mainkan di sebuah smartphone.

BACA JUGA: REKOMENDASI GAME BUAT PLAYSTATION DATE

Jangankan di smartphone, jika kita memainkannyadi laptop kentang saja bisa sangat berat untuk memainkannya. Apalagi dengan grafik yang sangat real dan kualitas pemain yang terlihat sangat nyata tersebut, bisa membuat kapasitas RAM menjadi semakin penuh.

Namun, di awal tahun 2023 tepatnya bulan Februari, mungkin pecinta sepakbola sedikit terobati dengan adanya game sepak bola yang cukup ringan dengan grafik yang cukup bagus. 

Game tersebut adalah Football League 2023. Permanan tersebut sangatlah ringan jika kita mainkan di smartphone kita. Apalagi game ini juga bisa dimainkan secara offline. Jadi, apabila kalian sedang memiliki kuota yang terbatas bahkan kuota kalian habis pun, kalian masih tetap bisa memainkan game tersebut.

KUALITAS SUDAH CUKUP BAIK

Walaupun memunyai ukuran yang cukup ringan yaitu 92MB, jika melihat dari gameplay-nya, game ini sudah sangat nyaman untuk dimainkan, karena dalam menggerakkan pemain dan melakukan oper maupun shoot sudah lebih enak, dan terasa ringan saat memainkannya.

Untuk stadion juga sudah cukup menarik, karena dengan ukuran game yang ringan, Football League 2023 ini bisa menyediakan fitur yang menarik yaitu dengan memunculkan stadion yang mempunyai kualitas yang baik. 

Cuaca yang terdapat pada game ini juga dapat berubah, bisa hujan, berawan maupun cerah.

Selain itu, Football League 2023 juga menyediakan fitur selebrasi pemain ketika mencetak goal dan pergantian pemain. Fitur ini bagaikan sesuatu yang langka karena biasanya hal tersebut hanya terjadi pada game yang berukuran besar saja.

Fitur lain yang disediakan pada game ini yaitu kita bisa edit nama pemain, muka, logo klub dan nama klub sendiri. kalian juga bisa membuat dream team kalian sendiri pada game ini. Dengan kualitas yang sudah cukup lengkap ini, mungkin kalian akan tertarik untuk memainkannya?

Jika dibandingkan dengan grafik di FIFA Mobile, E-Football, dan Dream League Soccer 2023, permainan Football League 2023 sepertinya masih kalah jauh. Tetapi dengan adanya update yang selalu dilakukan secara berkala, bukan tidak mungkin bahwa Footbal League 2023 ini akan menjadi salah satu game terbaik sepak bola juga di masa depan. 

TERDAPAT KLUB LIGA 1 INDONESIA

Football League 2023 ini menyediakan Pemain, Tim Nasional dan Liga Indonesia juga lho ternyata. Berbeda dengan game-game sepak bola yang berat lainnya, dibanding dengan game tersebut, ternyata Football League 2023 lah yang lebih dahulu menyediakan tim-tim dan pemain dari Indonesia tersebut.

Karena game ini belum mendapat lisensi dari tim apalagi liga di dunia, jadi saat memainkan game ini kita bisa lebih mengekspresikan keinginan kita. Seperti mengganti logo klub favorit kita melalui tautan URL di tempat yang sudah disediakan oleh game ini. 

Selain itu, Football League 2023 tidak hanya menyediakan klub-klub yang berada di liga utama saja. Game ini menyediakan kompetisi dari Liga utama hingga kompetisi kasta ketiga. Liga-liga tersebut mencakup negara seperti Spanyol, Inggris, Italia, termasuk Indonesia.

KOMENTATOR BERBAHASA INDONESIA

Hal yang sangat menarik pada Football League 2023 ini adalah adanya komentator sepak bola yang menggunakan bahasa Indonesia. Ini merupakan salah satu ciri khas unik yang terdapat pada game ini.

Berbeda dengan beberapa permainan yang telah disebutkan tadi, Footbal League 2023 ini bisa memilih bagaimana cara komentator berbicara, terdapat dua bahasa yang dapat dipilih, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

BACA JUGA: SENSASI MAIN BOLA BARENG DI PRO CLUBS FIFA

Pada pemilihan bahasa (menu permainan) juga terdapat bahasa Indonesia juga, hal ini sangat memudahkan kita sebagai anak muda Indonesia untuk lebih mudah memahami menu mana yang harus dipilih.

Game yang dikembangkan oleh MOBILESOCCER ini mampu menarik minat banyak pengguna. Terbukti rating yang diperoleh di playstore juga cukup baik yaitu dengan rating 4.3.

KEKURANGAN FOOTBALL LEAGUE 2023

Karena ukurannya yang ringan, pasti akan terdapat beberapa kekurangan, salah satunya adalah belum dapatnya lisensi Football League 2023 dengan Liga maupun klub besar di dunia. 

Terbukti dari nama-nama klub yang ada, di game ini nama klub tersebut digantikan dengan nama kota masing-masing. Seperti Manchester United menjadi Manchester Red, dan Manchester City diganti menjadi Manchester Blue.

Begitupun logo dan jersey klub yang berada pada game ini juga terlihat sangat berbeda dengan yang aslinya. Namun dari kekurangan tersebut, MOBILESOCCER mengatasinya dengan cara membuat fitur menautkan URL pada tim yang akan di edit, melalui fitur tersebut kita bisa mengedit tim dengan sesuka hati kita.

Game ini juga semakin baik dari sebelumnya. Mengapa demikian? Karena game ini yang dulunya sering terdapat bug, sekarang bug tersebut perlahan menghilang. Kemudian saat memainkan Football League 2023 ini terasa menjadi lebih nyaman. 

Hal tersebut terjadi karena adanya perkembangan industri kreatif yang terjadi saat ini. Harapannya untuk kedepannya semakin banyak ide-ide kreatif yang bermunculan.

Gimana nih, apakah kalian tertarik untuk memainkan Footbal League 2023? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.