Tech

FITUR BARU WHATSAPP BIKIN LO BISA LEAVE GROUP DIEM-DIEM

Lo tau gak sih? WhatsApp bakal luncurin fitur keluar grup secara rahasia. Fitur ini cocok buat lo yang ngerasa gak nyaman ada di grup toxic dan isinya gak lo banget. Tinggal leave grup but no one know you left.

title

FROYONION.COM - Hidup di era sekarang yang serba digital emang kadang bikin capek sendiri. Pertemuan online sana-sini, di-invite grup yang kadang nggak jelas isinya, atau flexing-flexing di media sosial yang bikin kita ngerasa FOMO.

WhatsApp, media sosial yang hampir gak mungkin ditinggalin pun kadang-kadang bikin keringet dingin. Satu aja muncul notifikasi dari orang yang dihormatin atau yang kita gak suka, langsung buat kita bikin pertanyaan sendiri, "eh ada apa nih, tumben banget dia muncul di grup", "mau pamer apa lagi nih di grup?", atau sekadar "aduh berisik banget sih grup gak jelas", itu kadang yang kita rasain. Jujur deh!

Alih-alih leave group, kadang sebagian orang milih silent group dan biarin chat numpuk sampe ratusan atau bahkan ribuan. Alasannya satu, karena gamau ada rasa awkward dan malu yang akhirnya bikin drama di circle grup itu karena "masalah" leave grup. Emang, silent group nyelesain satu hal, tapi ada hal lain yang biasanya kejadian waktu unread messages kita gak keitung jumlahnya.

Habis silent, terbitlah chat tenggelem. Soal (alasan) chat tenggelem ini nyatanya bisa bikin kita kontraproduktif. Betapa tidak, yang tadinya mau fokus sama hal urgent dan gamau liat pesan gak penting, bisa-bisa malah chat yang seharusnya kita liat dan kasih tanggapan ketumpuk-tumpuk dan akhirnya bertepuk sebelah tangan alias gak kebales.

Kejadian itu yang akhirnya munculin, "Aduh pak maaf chatnya tenggelam dan ketumpuk", tentu alasan itu harus juga dikasih emoji andalan " 🙏 ". Yen koyo ngene wae arep opo?

Nah, untuk ngehindarin drama dan chat tenggelem, WhatsApp bakal luncurin fitur keluar grup secara rahasia alias diam-diam. Fitur ini cocok buat lo yang ngerasa gak nyaman ada di grup toxic dan isinya gak lo banget. Tinggal leave grup but no one know you left the group.

Singkatnya gini, WhatsApp lindungin lo dari drama leave group karena kita bisa kontrol apakah kita mau orang lain ngeh kita leave group atau nggak.

BACA JUGA: WASPADALAH: MODUS BARU PERETASAN AKUN WHATSAPP

CEO Meta, Mark Zuckerberg pun ngakuin kalau fitur ini bikin privasi lebih aman bikin dan user WhatsApp lebih tenang saat pakai aplikasi berbagi pesan terbesar ini. Dia bahkan klaim kalau visi fitur ini dibuat layaknya ngobrol langsung tatap muka.

"Kami akan terus membangun cara baru untuk melindungi pesan Anda dan menjaganya tetap pribadi dan aman layaknya percakapan tatap muka," gitu kata Zuckerberg.

Gak berhenti di situ, induk dari WhatsApp, Instagram, dan Facebook itu pun bikin hal menarik lain soal penjagaan privasi penggunanya. Lo yang udah pernah coba pakai fitur disappearing messages pasti sebel waktu anggota grup ada yang screenshot pesan "rahasia" lo itu, kan? WhatsApp ternyata ngerasain apa yang lo rasain.

Fitur ini memungkinkan penggunanya tenang, nyaman dan aman waktu ngirim pesan yang terbilang sensitif. Biar pesan rahasia lo gak diabadikan dan disalahgunakan, WhatsApp bikin screenshot gak berfungsi waktu lo kirim chat pake fitur disappearing messages.

Tapi, buat yang gak sabar pengin leave group toxic diam-diam, lo harus sabar dikit. Karena Meta bilang fitur ini baru akan diluncurin bulan-bulan depan dan mulai dari UK. Belum tau nih kita fitur ini kapan bisa dirasain di Indonesia.

Jadi, mumpung belum hadir di Indonesia, coba deh lo list ratusan grup yang bikin lo gak nyaman dan segera lo ucapin "bye-bye!"(/*)

BACA JUGA: ‘WHATSAPP REACTIONS’: CARA BARU TUTUP OBROLAN ANTI KIKUK SUPAYA GAK NGE-READ DOANG

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Haidar Rais

Content Writer yang lagi belajar menikmati setiap perjalanan, asam garam, semuanya. Mohon doanya.