Tech

CARA HEMAT BELI IPHONE NGGAK PAKE MAHAL

Begini cara hemat beli iPhone, kemudian memilih pembayaran yang tepat, dan mengetahui waktu terbaik untuk mendapatkan promo. Cekidot!

title

FROYONION.COM - Smartphone dengan logo apple masih di urutan nomor satu paling diminati di kalangan anak muda Indonesia. Produk yang muncul pada tahun 2007 ini sukses menarik minat dan menjadi primadona bagi kalangan milenial dan Gen Z. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan produk terbarunya.

Apple mematok harga produknya tidak pernah murah. Ingat tiap kali iPhone terbaru rilis di pasaran? Untuk sekelas gawai rasanya nggak masuk akal.

Untuk sebagian orang, harga yang ditawarkan cukup menguras isi kantong. Tapi siapa yang nggak pengen menggunakan barang ciptaan Steve Jobs. Ngomong - ngomong apakah lo sudah punya salah satu produknya?

Jika belum memiliki dan lo tertarik memilikinya, ada cara hemat untuk membeli dan jadi pilihan ketika punya budget tipis. Berikut beberapa tipsnya:

1.    BELI IPHONE VERSI KECIL

Kita tau kalo iPhone yang lebih besar tentu saja memiliki kapasitas penyimpanan besar, otomatis harganya lebih mahal. Nah untuk menghemat budget, lo bisa memilih versi yang lebih kecil.

Misalkan iPhone 13 yang memiliki banyak series dan penyimpanan yang berbeda. Lo mungkin bisa hemat 2-3 juta kalo beli iPhone 13 mini 128 GB dibandingkan iPhone 13 mini dengan penyimpanan 256 GB atau 512 GB.

2.    BELI IPHONE MODEL LAMA

Udah pada tau belum kalo waktu terbaik untuk membeli iPhone, adalah bulan September atau Oktober. Bulan ini, biasanya Apple mengumumkan iPhone model terbaru dan produk lama mendapat potongan harga yang menarik.

Melansir Nerdwallet, pasar teknologi barang bekas cenderung mendapat potongan harga pada iPhone lama ketika adanya rilisan terbaru. Alhasil pada bulan September – Oktober harga Iphone lama akan turun harga.

3.    BELI SAAT PROMO

Outlet resmi dan reseller resmi produk Apple biasanya menawarkan beberapa penawaran iPhone terbaik selama waktu liburan, terutama akhir tahun dan tahun baru. Nggak menutup kemungkinan, promo diadakan pada bulan biasa tergantung kebijakan outlet.

Langkah di atas bisa banget menghemat biaya ketika lo pengen membeli iPhone. Di sana, akan ada banyak promo produk yang dibanderol dengan harga lebih murah dari biasanya. Mungkin sesekali lo bisa pantau website resmi mereka Civs.

4.    BELI DENGAN CARA DICICIL

Membeli perangkat iPhone, tentu saja bisa dengan berbagai cara. Seperti menukar tambah ponsel lama dengan iPhone terbaru. Bisa juga membelinya secara cash jika sebagian dari lo sama sekali nggak keberatan.

Mempertimbangkan untuk mencicil iPhone setiap bulan mungkin bisa jadi pilihan, Civs. Lo mungkin keberatan membeli secara cash atau tukar tambah, karena ada tambahan biaya besar. Dengan mencicil, lo bisa mendapatkan iPhone dengan hemat.

Terlebih jika lo bosan dan tertarik menggunakan iPhone keluaran terbaru, lo bisa jual iPhone yang sedang lo cicil itu. Dengan syarat, lo memenuhi telah melakukan pelunasan sekitar 50% dan iPhone harus dalam kondisi fisik dan kerja yang baik.

5.    BELI IPHONE BEKAS

Ponsel bekas seringkali memiliki stigma yang kurang bagus di kalangan pengguna. Tetapi ketika lo membeli dari penjual terpercaya, lo bisa dapat iPhone kualitas bagus dengan harga terjangkau.

Kalo kata CEO Swappa, Ben Edwards, ponsel bekas nggak berarti kualitas fungsi lebih rendah. iPhone yang dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya, tentu saja akan memiliki sisa masa pakai yang lama.

Tetapi sebelum lo membeli iPhone bekas, pastikan perangkat tersebut kompatibel dengan kartu sim dan tidak rusak atau barang curian. Cari situs web seperti Swappa untuk menampilkan nomor seri atau ESN di ponsel yang lo beli.

6.    JUAL ATAU TUKARKAN PONSEL

Cara hemat selanjutnya adalah menjual ponsel atau iPhone lo yang udah nggak terpakai. Dengan menjualnya, lo bisa mendapatkan beberapa biaya tambahan untuk membeli iPhone baru.

Jika barang lo jual adalah Iphone bekas, jangan khawatir, harganya masih tinggi kok. Kenapa? iPhone memiliki dukungan software dari Apple paling tidak bisa digunakan hingga 4 - 5 tahun, makanya memiliki harga jual tinggi. Jika dibandingkan dengan ponsel dengan operating system Android, mungkin maksimal mencapai 2 tahun.

Gimana Civs, apa lo tertarik membeli iPhone dengan cara-cara hemat di atas? (*/)

BACA JUGA: IPHONE 4 JUTAAN DI 2022 YANG MASIH ‘WORTH IT’ APA YA?

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.