Books

BOOKMORY APLIKASI READING TRACKER DENGAN FITUR TERLENGKAP, PENCINTA BUKU WAJIB PUNYA! 

Biasanya kalau baca buku dan move on ke buku lain, buku yang sudah dibaca sering lupa jalan ceritanya. Kenalin nih Civs, aplikasi super lengkap buat merekam jejak baca buku. Yuk intip reviewnya di sini. 

title

FROYONION.COM - Pernah ga lo berkunjung ke perpustakaan? 

Di perpustakaan ketika lo pinjam buku, data bukunya akan masuk riwayat peminjaman. Biasanya juga ada di halaman belakang buat merekam data bukunya dan tanggal serta akhir masa peminjaman.  

Nuansa kayak begitu rasanya old vibes banget ya? Biasanya selain ada riwayat peminjaman, lo mulai melakukan reading tracker biar bisa ingat buku-buku apa saja yang udah lo baca misalnya ditulis di notes khusus ataupun dibuat tabel. 

Menyenangkan pastinya melakukan reading tracker manual dan menuliskan reviewnya. Tapi akan lebih menyenangkan dan memuaskan lagi kalau lo memanfaatkan era digitalisasi buat melakukan reading tracker di satu aplikasi. 

Gue udah pernah coba beberapa aplikasi reading tracker tapi hanya satu yang memikat hati gue karena aplikasi reading tracker ini super lengkap dan eye catching banget, namanya Bookmory.  

Sebagai aplikasi reading tracker, Bookmory ini punya keunikan tersendiri karena memiliki tampilan UI design yang friendly dan tentunya lucu karena capturable banget. 

APA SIH PENTINGNYA KEUNIKAN DARI READING TRACKER

Menurut gue, karena dengan keunikan, sesuatu itu akan menjadi berkesan. Ini berkaitan sama user experience. Bookmory ini memikat karena UI/UX Design menarik. 

Gue akui kalau membaca buku itu pengalaman yang menyenangkan tapi gue ga memungkiri fakta karena sebagai pembaca buku yang dilihat hanyalah berderet-deret huruf yang terangkai dalam kalimat hingga ratusan lembar, ada kalanya juga bosan. 

Tapi dengan reading tracker yang menarik akan menambah keseruan dalam membaca. Mood baca akan senantiasa stabil dan semangat mereview buku akan terbangkitkan. 

BUKAN HANYA APLIKASI ME-REVIEW BUKU BIASA 

Bookmory hadir dengan membawa kesegaran cara me-review buku. Berbeda dengan pendahulu-pendahulunya, reading tracker Bookmory ini dibagi dalam empat muka: 

1.    Welcome 

Di bagian ini lo akan menemukan fitur-fitur add a book, to read later, book calender, books in this year, tag in use, paused books dan books gave up reading.  

2.    Memorize 

Bagian ini adalah kemudahan yang diberikan Bookmory selain untuk menuliskan review buku yaitu menuliskan notes. Biasanya kan kalau baca buku tentunya lo akan menemukan kalimat yang pengen lo kutip karena quotesable

Nah di sinilah wadah buat lo menuliskan notes itu. Jadi lo bisa memisahkan notes dan review bukunya sehingga notes akan tersimpan di bagian memorize ini.  

Menariknya lagi notes ini bisa lo unduh dan bisa lo ubah latar belakangnya sesuai keinginan. Jadi ya memorize ini ga cuma mewadahi kutipan quotes able tapi juga shareable.  

3.    Achievement 

Ini tempat lo bisa melihat riwayat peminjaman buku yang udah lo rekam. Tampilannya akan menampilkan jumlah buku beserta star rating dari buku yang udah lo baca. Posisi buku juga bisa lo ubah sesuai tanggal terakhir lo baca, sesuai rating maupun sesuai judul.  

4.    My page 

Ini adalah bengkel lo untuk permak tampilan muka Bookmory. Berisi informasi tentang backup dan restore, komunikasi dengan developer, mengatur tema, mengatur buku, mengatur notes, mengatur notifikasi, ekspor dan impor data buku, dan lain-lain. Semua ketentuan dan bagaimana menggunakan aplikasi Bookmory ada di bagian ini.  

Kelebihan lain dari Bookmory adalah lo bisa menambahkan buku apapun melalui search, barcode dan kalau buku tidak ada di database lo bisa input buku sendiri. Jadi buku apapun yang lo baca, lo tetap bisa merekam jejak baca tanpa luput satupun. 

Bookmory juga berinovasi dan melengkapinya dengan book calendar. Di bagian book calendar bentuknya mirip kalender dinding tapi dengan buku ditambahkan di bawahnya. Book calendar ini juga dilengkapi dengan fitur unduh dan setting background hingga bisa lo share ke media sosial yang lo punya. 

Inovasi lainnya juga ada waktu rekam baca. Ingat stopwatch ga? Fungsi dari waktu rekam ini mirip sama stopwatch. Jadi lo bisa input buku dulu, pilih tanggal mulai baca dan rekam. Aktivitas membaca lo bisa terdeteksi durasinya melalui fitur waktu rekam ini. Pastinya dong ini bermanfaat banget buat para pembaca yang sering lupa waktu kalau sudah keasyikan baca buku. 

Nah Civs, ga cuma itu aja. di Bookmory ini lo juga akan mendapatkan pengalaman membaca buku yang ada statistiknya loh!. Bagian ini ada di fitur book in this year. Di sini lo bisa membuat target baca. 

Lo juga akan disuguhkan dengan bentuk-bentuk diagram mulai dari diagram halaman statistik, diagram menurut tipe buku, diagram menurut halaman buku, diagram menurut penulis hingga diagram menurut penerbit. 

Bahkan rating bukunya juga dibentuk statistik rata-rata ketika lo ngasih bintang. Tapi tenang kok lo ga akan disuruh melakukan hitung statistik karena semuanya lengkap tersaji buat lo ketika udah input buku yang sudah selesai dibaca, clinggg auto tersaji semua fitur statistik ini. 

Makin dipermudah lagi, lo ga perlu log in buat akun. Setelah selesai mengunduh aplikasi ini lo bisa langsung menikmati benefit yang tersedia. Meskipun ini cukup rentan buat kehilangan semua historybacaan, lo bisa melakukan siasat dengan backup dan restore di bagian my page

Aplikasi reading tracker yang menurut gue super lengkap ini akan meningkatkan kualitas pengalaman dalam membaca buku. Aktivitas membaca akan bervariasi dengan melakukan reading tracker. Semua di satu aplikasi Bookmory, reading journey lo akan bertambah. Gimana nih Civs, makin tertarik ga buat reading tracker dengan Bookmory? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lailatul Nur Aini

Penikmat kata yang meleburkan diri dalam rangkaian sejalan. Keep in touch! Bisa banget chit-chat sama gue melalui DM Instagram