Tech

7 APLIKASI INI BISA BANTU KENDALIKAN STRES SAAT BEKERJA

Suka burnout alias stres pas lagi kerja? Rileks dulu sebentar, kasih jeda agar badan dan pikiran istirahat sejenak. Biar makin terkendali, kalian bisa loh coba alat bantu yang satu ini. Check it out!

title

FROYONION.COMBekerja memang kadang bisa menjadi momok yang menakutkan. Tumpukan pekerjaan, tenggat waktu yang ketat, dan tekanan dari rekan kerja atau atasan bisa membuat stres melanda.

Tapi, jangan khawatir! Di era teknologi yang serba canggih seperti sekarang, ada banyak aplikasi yang bisa membantu kita mengatasi stres dan menjaga kesehatan mental saat bekerja.

Yuk, simak daftar 7 aplikasi yang bisa membantu mengatasi stres di tempat kerja:

1. HEADSPACE

Headspace adalah aplikasi meditasi yang sangat populer. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa memilih sesi meditasi yang sesuai dengan kebutuhan dan waktu luang.

Meditasi bisa membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres setelah sesi kerja yang panjang. Jika kamu tertarik, bisa kunjungi laman ini.

2. CALM

Mirip dengan Headspace, Calm juga adalah aplikasi meditasi yang membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan suara dan visual yang menenangkan, termasuk suara alam, musik santai, dan cerita tidur. Coba di sini yaa.

BACA JUGA: KENALI PENTINGNYA APLIKASI GETCONTACT UNTUK KAMU PARA JOB SEEKER

3. FOREST

Aplikasi ini menyediakan cara yang unik untuk mengatasi gangguan selama bekerja. Saat kalian ingin fokus dan produktif, kalian bisa menanam pohon di aplikasi ini. Jika meninggalkan aplikasi untuk membuka aplikasi lain, pohon virtual tersebut akan mati.

Konsepnya mengajak untuk tetap fokus dan tidak tergoda membuka aplikasi lain demi menjaga pohon-pohon tetap hidup. Menarik bukan? Jika tertarik, kamu bisa coba di sini.

4. DAYLIO

Daylio adalah jurnal harian yang mengizinkan kamu mencatat perasaan dan aktivitas harian. Dengan mencatat apa yang sedang kamu rasakan, kamu bisa lebih sadar akan pola pikir dan tindakan.

Hal ini bisa membantu mengidentifikasi penyebab stres dan mencari cara mengatasinya. Di sini kalau kamu ingin coba aplikasinya.

5. HAPPIFY

Happify adalah aplikasi terapi yang dirancang untuk membantu kalian mengatasi stres dan pikiran negatif. Aplikasi ini dirancang untuk menghentikan kebiasaan lama dengan menggantinya dengan yang lebih baik dan lebih kuat.

Terlepas dari ilmu di balik pendekatan Happify, saran yang mereka tawarkan sederhana dan tidak berlebihan. Antara lain, aplikasi memungkinkan melacak kebahagiaan kamu dengan skor.

Skor diperoleh dengan menjawab beberapa pertanyaan. Dari sana, aplikasi memberi tugas yang mempengaruhi suasana hati kamu dari waktu ke waktu. Coba yuk di sini.

6. MOODFIT

Moodfit adalah aplikasi tersedia untuk iOS dan Android yang berfokus untuk mengatur suasana hati kalian. Aplikasi ini terpilih sebagai salah satu aplikasi terapi terbaik tahun lalu.

Kamu dapat menetapkan tujuan harian tertentu, menggunakan berbagai fitur penambah suasana hati, dan mendapatkan wawasan tentang apa yang meningkatkan suasana hati dan alasannya. Kamu bisa cari tahu lebih lanjut dan coba aplikasinya di sini.

7. PACIFICA

Pacifica adalah aplikasi yang menggabungkan meditasi, jurnal harian, dan alat-alat lainnya untuk mengatasi stres dan kecemasan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan dukungan komunitas yang dapat membantu kamu merasa lebih terhubung. Cek di sini untuk cari tahu lebih lanjut.

Mungkin kalian perlu coba beberapa aplikasi sebelum menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan ya. 

Meski nggak ada cara instan sepenuhnya menghilangkan stres dari kehidupan, upaya mengelola stres ini bisa berdampak positif pada kesehatan mental dan fisik jangka panjang. 

Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika merasa stres atau tekanan terlalu berat. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.