Tech

KENALI PENTINGNYA APLIKASI GETCONTACT UNTUK KAMU PARA JOB SEEKER

Jangan sampai perjuanganmu mencari kerja jadi sia-sia, hanya karena tergiur oleh tawaran pekerjaan yang belum tentu jelas sumbernya.

title

FROYONION.COM - Sebagai pencari kerja alias job seeker, mendapatkan tawaran pekerjaan adalah tujuan utama yang paling ingin dicapai. 

Selain mempersiapkan diri dengan menambah skill, menyusun CV dan portofolio, serta latihan wawancara. Kamu juga harus hati-hati pada proses pencarian kerja ini, salah satunya ketika kamu mendapat tawaran kerja dari nomor yang tidak dikenal. Karena, bisa jadi tawaran kerja tersebut bodong alias palsu.

Modus menawarkan pekerjaan kepada job seeker sekarang ini sedang marak dibicarakan, terutama di media sosial. Dalam modusnya, sering sekali korban diminta untuk mendatangi alamat perusahaan yang sebenarnya tidak ada. Lebih parah lagi, banyak penipu yang sering meminta biaya kepada job seeker!

Maunya untung karena dapat gaji dengan bekerja, malah jadi buntung karena ditipu. Tentunya, kamu tidak mau hal itu terjadi padamu atau orang terdekat, bukan?

Nah, untuk menghindari hal tersebut. Kamu bisa meng-instal aplikasi bernama GetContact. Dengan aplikasi GetContact, kamu bisa memeriksa nomor yang tidak dikenal untuk memperoleh informasi mengenai pemilik nomor tersebut.

Dari sana, kamu bisa melihat nomor tersebut disimpan dengan nama apa pada handphone orang lain. Bahkan, GetContact bisa mendeteksi spam berdasarkan laporan para pengguna Getcontact lainnya juga!

Tidak hanya sampai sana. Masih ada fungsi lain yang bisa kamu gunakan. Seperti berikut:

MEMERIKSA NAMA KONTAKMU DI HP ORANG LAIN

Job seeker
Ilustrasi job seeker. (Sumber: Priscilla Du Preez)

Selain mengetahui nomor orang lain disimpan dengan nama apa. Melalui GetContact, kamu juga bisa memeriksa nomor kamu disimpan dengan nama apa di handphone orang lain melalui fitur ‘Tags’.

Nah, sebagai job seeker kamu harus bisa menjaga positive personal image di mata perusahaan. Jangan sampai nomormu disimpan dengan nama yang kurang baik dan terlihat di Getcontact. Sebab, tidak sedikit pihak HRD melakukan background checking pada calon kandidat perusahaan. 

Bila mereka menemukan image yang kurang baik pada dirimu, hal tersebut bisa menurunkan potensi untuk diterima oleh perusahaan. 

Jika kamu menemukan kontakmu ditulis dengan nama yang kurang baik, kamu bisa menghapusnya dengan berlangganan GetContact Premium. Alternatif lainnya, sebelum kamu memberikan identitas kamu ke perusahaan, pastikan kamu menggunakan nomor khusus kerja atau bisnis saja ya.

MENGETAHUI SIAPA YANG MENCARI NOMOR TELEPONMU

Fitur GetContact lainnya yang bisa kamu gunakan adalah, mengetahui siapa yang mencari nomor teleponmu. Untuk kamu para job seeker, hal tersebut bisa jadi pertanda baik atau buruk. 

Jika ternyata yang mencari nomor teleponmu adalah HRD dari perusahaan yang pernah kamu lamar sebelumnya, itu tandanya HRD sedang melakukan pemeriksaan pada CV atau portofolio yang kamu kirimkan. Tentunya, kemungkinan untuk dipanggil pun akan semakin besar kalau kamu sudah masuk ke dalam kriteria mereka.

Sebaliknya, pertanda buruk dapat terjadi jika yang mencari nomor teleponmu adalah penipu. Jika hal tersebut terjadi, kamu harus berjaga-jaga bila penipu menghubungimu. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi, mengenai penyebaran identitas diri termasuk nomor telepon yang kamu lakukan pada saat melamar pekerjaan. 

Sebelum melamar kerja, pastikan jika kamu menggunakan media atau portal kerja yang tepat dan terpercaya, untuk melindungi kamu dari penyebaran data identitas diri oleh aplikasi atau oknum yang tidak dikenal.

MENDAPATKAN PERLINDUNGAN SPAM

Lindungi dirimu dari panggilan berbahaya, dengan mengaktifkan fitur ‘Proteksi Spam’ milik GetContact. 

Setelah kamu mengaktifkan fitur tersebut, GetContact akan memberikan peringatan saat telepon masuk. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot mengangkat panggilan tersebut. Mencegah lebih baik daripada mengobati hal yang sudah terjadi, bukan?

Bagaimana, sudahkah kamu men-download aplikasi GetContact di handphone kesayanganmu? Perlu kamu ketahui bahwa modus kriminal saat ini tengah merajalela di masyarakat, salah satunya modus penipuan seperti di atas. Pastikan kamu melindungi dirimu dari ancaman berbahaya, ya. 

Semoga kamu bisa dapat kerja secepatnya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Fitri Maulida

Penulis yang senang 4M: Melamun, Menangis, Melamun, Menangis