Stories

YOIQBALL: MENGAWALI KARIER MUSIK SEBAGAI ADDITIONAL DRUMMER HINGGA HADIR ACARA 'THE NAMM SHOW' DI AMERIKA!

Yoiqball sukses menghadiri acara The NAMM Show di Amerika. Keseruan apa saja yang ada di sana? Baca artikel ini sampai habis ya!

title

FROYONION.COM – Buat kalian yang suka musik dan mengikuti beberapa drummer Indonesia, pastinya tak asing dengan nama yang satu ini. Apalagi saat ini beliau memang selalu aktif di media sosialnya, terutama Youtube. Karakter kali ini merupakan seorang drummer bernama Yoiqball. 

Melalui youtube-nya yaitu drumNdrum, Yoiqball sering melakukan collabs bareng youtuber atau drummer Indonesia lainnya. Apalagi sekarang, subscriber dari youtube drumNDRUM sudah terbilang banyak. 

Nah, di Bulan April 2023, Yoiqball berkesempatan untuk memenuhi undangan untuk tmenghadiri acara “The Namm Show” suatu kesempatan yang sangat-sangat dinantikan bagi para musisi khususnya Indonesia. Karena di sana, Yoiqball juga berkesempatan untuk bertemu dengan drummer dan musisi ternama di dunia.

Lalu, bagaimana sih perjalanan karier dari seorang Yoiqball dari awal, hingga saat ini bisa tampil di acara yang bertaraf Internasional tersebut? 

PROFIL YOIQBAL

Muhammad Iqbal, adalah nama lahir dari Yoiqbal. Drummer ini lahir pada 21 Maret 1992, pria kelahiran Tenggarong, Kalimantan Timur ini saat ini sudah mempunyai keluarga kecil bersama istri dan anaknya. 

Saat ini Yoiqbal merupakan seorang  additional drummer dari beberapa musisi IndonesiaIa sudah pernah mengiringi band maupun musisi-musisi besar di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu, Dewa 19, Iwan Fals, Isyana Sarasvati, Ari Lasso, HiVi.

AWAL PERJALANAN MENJADI YOUTUBE

Selain menjadi additional drummer, Yoiqball juga masih aktif di channel Youtube miliknya, yaitu drumNdrum. Jika melihat ke belakang, sebelumnya Yoiqball tidak sendiri dalam membangun channel youtube, sebelumnya terdapat seorang partner yang juga seorang drummer yaitu Yandi Anda Putra, nama channel pada saat itu adalah “Duadrum”. 

Namun karena kesibukan masing-masing, akhirnya Yoiqball membuat channel youtube kembali yang bernama drumNDRUM hingga saat ini.

Apalagi saat ini, media sosial juga merupakan salah satu media yang selalu tren dikalangan anak muda Indonesia. Jadi, media sosial sangat dibutuhkan untuk saat ini, baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Karena Yoiqball merupakan seorang drummer, maka konten yang dibuat juga tidak jauh-jauh dari sebuah drum. Di channel ini, kalian bisa melihat aksi Yoiqball saat manggung sewaktu mejadi additional drummer bersama beberapa musisi besar Tanah Air. 

Selain itu, kalian juga bisa belajar drum sendiri dengan cara menonton konten Yoiqball. Mengapa demikian? Karena Ia juga sering membagikan beberapa tips cara bermain drum yang benar melalui tutorial di channel youtube-nya DrumNDRUM.

Yoiqball juga sering melakukan review  drum yang ada di Indonesia. Baik itu drum acoustic maupun drum elektrik. Jika kalian membutuhkan drum untuk kalian mainkan, mungkin kalian bisa mencari referensi drum di channel drumNDRUM yang cocok untuk digunakan, kalian pasti akan terbantu melalui review dari Yoiqball.

Tidak hanya itu saja, konten drumNDRUM juga menyediakan sesuatu yang tak kalah menarik, karena dalam channel tersebut, Yoiqball sering mengajak beberapa drummer berkelas di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Echa Soemantri, Brian Kresnoputro (drummer Tiket Band), Sandy PAS Band, Rowman UNGU, Ikmal Tobing, dan Yoyo Padi.

Tak hanya berbincang soal drum saja, mereka juga memperlihatkan skill mereka dalam youtube tersebut. Nah, saat beradu skill inilah merupakan tontonan yang cukup menarik, selain dipertontonkan skilldari drummer yang berbakat ini, kalian juga bisa mempelajari dari fill-in, chops maupun gaya bermain setiap drummer-drummer berkelas tersebut. 

GOES TO AMERIKA

Karena kegigihannya dalam bermain drum serta membangun channel DrumNDRUM tersebut, akhirnya Yoiqball berkesempatan untuk mendatangi Negeri Paman Sam tersebut. Di sana Ia mendatangi “The NAMM SHOW 2023”. The NAMM SHOW merupakan sebuah acara pameran alat musik terbesar di Amerika.

Nah, pada kesempatan ini, Yoiqball juga berkesempatan me-review drum-drum di sana. Selain itu, Yoiqball juga bisa melihat langsung benda asli bersejarah musisi dunia.

Pada acara “The NAMM Show” tersebut, Yoiqball juga mengungkapkan bahwa pada hari ke-2 di acara tersebut akan disibukkan dengan beberapa agenda shooting konten review bersama beberapa brand drum dan collab bersama youtuber drummer no.1 dunia. Hal tersebut diungkapkannya melalui akun media sosial Instagram miliknya @yoiqball.

Yoiqball juga mengabadikan momen-momen tersebut saat Ia sedang berada di acara The NAMM Show tersebut dengan mengunggah video dan foto di Instagram miliknya. Salah satu foto yang diunggah adalah saat Yoiqball bersama dengan Jonathan Moffett.

Jonathan Moffett merupakan drummer dan penulis lagu asal New Orleans, Lousiana Amerika. Ia juga sempat berkolaborasi dengan Jackson Family khususnya Michael Jackson kurang lebih selama 30 tahun.

Dari pengalaman tersebut, mungkin Yoiqball merasa sangat beruntung ya karena bisa bertemu dengan Jonathan Moffet di Amerika kemarin. Nah, untuk kalian anak muda Indonesia, apa kalian terinspirasi dari kisah Yoiqball? 

Mungkin kalian bisa memulainya dengan belajar drum terlebih dahulu ya. Kalian bisa melakukannya secara otodidak maupun mengikuti les musik di sekitar kalian.

Namun, jika hal tersebut masih belum ingin dilakukan, kalian juga bisa melihat konten-konten dari Yoiqball untuk mempelajari teknik dasar bermain drum. Hal ini sangat mudah untuk dilakukan karena dunia kreatif anak muda saat ini semakin berkembang. Apalagi dengan adanya media yang ada sekarang, semakin memudahkan kita sebagai anak muda untuk mengembangkan kemampuan kita melalui media yang ada sekarang. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.