Stories

NAPAK TILAS MR. BEAST SANG YOUTUBER FILANTROPIS & 5 KEISTIMEWAAN CHANNEL ‘GILA’ MILIKNYA

Perjuangan brutal MrBeast demi mencapai kesuksesan dan strategi untuk mempertahankannya.

title

FROYONION.COM - Pepatah bijak “hasil tak akan mengkhianati proses” benar-benar merepresentasikan perjalanan karir Jimmy ‘MrBeast’ Donaldson. YouTuber fenomenal asal Kansas, Amerika Serikat kelahiran 7 Mei 1998 ini sudah merasakan perihnya berjibaku membangun channel yang awalnya MrBeast6000 saat berusia 13 tahun. 

Wawancaranya bersama Forbes mengungkap bahwa ia menghabiskan waktu 10 jam dalam sehari selama 5 tahun untuk mempelajari YouTube bermodalkan laptop tua milik saudaranya. 

Betapa ‘mengerikannya’ seorang pemuda yang dulunya ‘hijau’ dalam dunia konten meroket hingga memiliki lebih dari 200 juta subscribers. Berawal dari konten gaming seperti Minecraft, Call of Duty dan beberapa game lainnya, perlahan namun pasti MrBeast mulai memahami cara kerja algoritma YouTube. 

Tanggal 9 Januari 2017 menjadi titik balik nasibnya, konten dengan judul “I Counted To 100,000!” seketika viral. Video menghitung angka sampai 100.000 yang dilakukan selama 44 jam non stop (setelah pengeditan menjadi 24 jam) tanpa makan dan minum ditonton 30 juta kali. Jeniusnya lagi dalam sebuah podcast ia mengakui melakukannya sambil menonton anime Naruto. 

BACA JUGA: INI CARA JAGA AKUN YOUTUBE KAMU SUPAYA NGGAK DIRETAS KAYAK PUNYA DPR!

MrBeast yang merupakan seorang ‘otaku’ bahkan berkesempatan meet & greet secara personal dengan sang seiyu (pengisi suara) Junko Takeuchi. Selanjutnya berbagai  video yang bersifat ‘experimental & stunts challenges’ terus meramaikan akun miliknya. MrBeast saat ini tercatat memiliki akun YouTube lain seperti Beast PhilanthropyMrBeast Gaming dan beberapa akun lainnya.

Tak hanya sekadar memproduksi dollar dari YouTube, ia juga berperan aktif menggalang dana sebagai seorang filantropis. Bejibun aksi amal yang melibatkan masyarakat sudah ia lakukan demi berkontribusi bagi umat manusia. 

Aksi amal menanam 20 juta pohon, menghadiahkan 2000 kaki palsu untuk para penyandang disabilitas, mengirim 20.000 sepatu untuk anak-anak di Afrika dan berbagai kegiatan filantropi lainnya tak pelak semakin ‘melangitkan’ namanya. Elon Musk pun turut ambil bagian dengan memberikan donasi $1 juta dollar untuk penanaman 20 juta pohon tersebut. 

Akun Beast Philanthropy miliknya bahkan dipersembahkan secara khusus sebagai saluran amal kebajikan. Artinya 100% hasil pendapatan dari channel tersebut akan menjadi keran donasi bagi yang membutuhkan. 

Selain dari YouTube, ia juga memperoleh pendapatan dari sponsorship dan bisnis pribadi miliknya seperti Feastables dan MrBeast Burger. Forbes memperkirakan ‘Junklord’ berpredikat ‘30 under 30 2023’ ini memiliki kekayaan $500 juta (Rp8 T). Apa sebenarnya yang menjadi daya tarik MrBeast sehingga mendapat gelar youtuber individual dengan subscriber terbanyak di dunia?

MRBEAST MENCERMINKAN DOMINASI, TEKAD DAN KEBUASAN PEMILIKNYA

Logo harimau dengan tatapan mata yang tajam seolah-olah ingin menerkam mangsanya mencerminkan determinasi pria 25 tahun ini. Tak ada kamus ‘setengah-setengah’ dalam setiap konten yang diunggahnya.

Penulis berpendapat setidaknya ada 5 keistimewaan channel MrBeast yaitu: 

1. Dedikasi dan determinasi yang ‘gila’ 

Aksi-aksi yang dilakukan MrBeast sudah diluar nurul (maaf, maksudnya nalar). Terkubur hidup-hidup selama 50 jambertahan 50 jam di Antartika dan berbagai aksi gila lainnya yang sulit untuk dijelaskan memancing rasa ingin tahu para penonton. 

Bukan hanya sekedar unik dan menarik, totalitas yang dipertontonkan membuat seluruh penonton berdecak kagum. Saking ‘gilanya’ dedikasi dan determinasi yang dikerahkan, nyawa dan harta jutaan dollar rela dikorbankan hanya untuk menghasilkan satu video bombastis.

Proses produksi untuk satu video umumnya berlangsung selama 5 bulan. Bulan pertama dan ke-2 proses menentukan ide dan skenario, bulan ke-3 dan ke-4 proses shooting video dan proses pengeditan minimal memakan waktu 3 minggu. Alamak, penonton pun rasanya hanya bisa bergumam dalam hati: “Kok bisa sampe segitunya ya?”.

2. Kreatifitas tanpa batas hingga jadi yang teratas

Soal kreatifitas MrBeast memang berada di pucuk. Mulai dari tahap pra dan pasca produksi video semuanya dipersiapkan secara matang. Seorang entertainer sejati yang layak memiliki program TV sendiri, mungkin melampaui Fear Factor. 

Salah satu contoh betapa kreatifnya MrBeast adalah menciptakan ulang The Real Squid Game ke dunia nyata. Video ini pun menjadi konten viral dengan jumlah views tertinggi melampaui 520 juta. 

Semua perasaan lelah  terbayar lunas dengan hasil yang tiada terkira. Kreatifitas tanpa batas MrBeast menjadi kunci untuk mempertahankan eksistensinya yang hingga kini tetap teratas.

3. Thumbnails dan judul video yang atraktif 

Hampir mustahil rasanya menemukan konten MrBeast yang tak bermutu. Jumlah penonton per videonya rata-rata di atas 10 juta, semuanya didukung dengan thumbnails dan judul video clickbait. Gambar animasi yang ciamik sukses menarik perhatian bahkan penonton pemula sekalipun.

Video jenis komparasi atau perbandingan, giveaway random yang mengagetkan, tantangan berhadiah jutaan dollar serta berbagai jenis konten ‘gila’ lainnya membuat penonton terhipnotis untuk terus menonton konten-kontennya.

4. Royal yang berbuah loyal 

Pepatah “kacang lupa kulitnya” tak berlaku untuk MrBeast. Peraih penghargaan 3 kali berturut-turut YouTube Top Creator 2020-2022 ini dikenal sebagai sosok yang dermawan dan tak melupakan orang-orang disekitarnya. Empat orang teman masa kecilnya Chris, Chandler, Garret dan Jake direkrut untuk meningkatkan kualitas konten. 

Ratusan aksi giveaway puluhan ribu dollar secara acak dan hadiah super mewah berupa mobil yang dibagikan jelas menambah para loyalisnya. Cara ini terbukti ampuh untuk menarik para subscriber baru. Kemampuannya untuk membangun sense of community sungguh ‘gila’.

5. Kemampuan softskills yang the best

MrBeast kerap mengundang artis ternama untuk menjadi bintang dalam videonya, namun bukan sebagai pemeran utama. Justin Timberlake, Dwayne ‘The Rock’ Johnson dan para influencer ternama ia  kumpulkan untuk bergabung dalam kontennya. 

Anehnya mereka semua hanya cameo (karakter sampingan), dalam dunia YouTube miliknya hanya MrBeast bintang utamanya. Caranya melakukan collab, memanfaatkan media sosial untuk engagement, spontanitas yang ia tunjukkan dan kemampuan komunikasinya benar-benar mendukungnya menjadi YouTuber kelas wahid.

MrBeast harusnya menjadi sumber motivasi generasi muda untuk terus berkarya sambil berproses, bukan malah ikut-ikutan pinjol dan terjerat judi online. (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Adib

Seorang PNS (Pegawai Ngeri Swasta), guru ngaji, sarjana komputer yang suka nulis