Stories

MANGAKA ‘DRAGON BALL’ AKIRA TORIYAMA MENINGGAL DUNIA

Pernah nonton Dragon Ball di hari Minggu pagi atau menirukan gerakan tangan jurus Kamehameha semasa kecil? Pembuat manga serial tersebut kini telah meninggal dunia.

title

FROYONION.COM - Generasi 90an yang hari Minggu paginya diisi dengan menonton deretan kartun di televisi pasti tidak asing lagi dengan Dragon Ball. Anime alias kartun Jepang populer ini diadaptasi dari manga (komik) dengan judul sama karya Akira Toriyama. 

Pada hari Jumat, 8 Maret 2024, akun resmi Dragon Ball mengumumkan berita mengejutkan. Sang mangaka dikonfirmasi telah meninggal dunia pada tanggal 1 Maret 2024 lalu akibat hematoma subdural di usia 68 tahun. 

BACA JUGA: PEMBUAT MANGA ‘NINJA HATTORI’ FUJIKO A. FUJIO MENINGGAL DUNIA 

Hematoma subdural sendiri merupakan penumpukan pembuluh darah pada selaput pelindung otak. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari pecahnya pembuluh darah pada selaput tersebut. 

Akira Toriyama, Dragon Ball dan RIP Legend langsung memuncaki trending topic Twitter setelah berita kematiannya tersebar. Banyak penggemar setia karya-karya Toriyama yang turut mengungkapkan rasa bela sungkawa sekaligus berterimakasih karena manga ciptaannya telah menjadi bagian dari masa kecil mereka.

PERJALANAN KARIR AKIRA TORIYAMA 

Lahir di Nagoya pada 1 April 1955, Toriyama telah dikenal luas sebagai mangaka dan desainer karakter yang legendaris. Ia terutama dikenal berkat manga Dragon Ball. Namun, perjalanan karirnya terbilang cukup panjang jauh sebelum Dragon Ball lahir.

Kecintaannya pada dunia seni animasi sendiri bermula saat ia mengagumi film 101 Dalmatians pada 1961. Dari situlah Toriyama mulai menggeluti dunia ilustrasi dan mempelajari lebih dalam karya-karya dari medium tersebut.

Karirnya dimulai di usia 23 tahun saat ia mendaftarkan karya-karyanya pada sejumlah kontes amatir seperti Weekly Shonen Jump dan Weekly Shonen Magazine. Beragam percobaan membawanya menuju debut perilisan manga karyanya sendiri berjudul Wonder Island pada Weekly Shonen Jump yang terbit di tahun 1978. 

Kiprahnya makin berlanjut dan manga aneka genre mulai dikerjakan olehnya. Karirnya makin melejit saat meluncurkan Dr. Slump sebanyak 236 bab pada Weekly Shonen Jump antara rentang tahun 1980 hingga 1984. 

BACA JUGA: INI URUTAN NONTON DRAGON BALL BIAR NGERTI ALUR CERITANYA

Manga yang mengisahkan petualangan seorang profesor dan robot kecilnya itu juga telah diadaptasi menjadi anime populer selama bertahun-tahun. Kesuksesan Toriyama ini membuat editornya, Kazuhiko Torishima, menyarankannya untuk membuat manga baru seputar kung fu. 

Ide cerita ini terus berkembang hingga menjadi kisah Dragon Boy yang kemudian dirilis menjadi dua bagian. Antusiasme tinggi pada Dragon Boy merupakan awal mula Toriyama mengerjakan manga Dragon Ball pada tahun 1984. 

Tak disangka, Dragon Ball menuai kesuksesan bahkan hingga kancah internasional. Bisa dibilang, Dragon Ball merupakan salah satu ikon hits dari generasi 80an dan 90an. Dalam 11 tahun setelah perilisannya, Dragon Ball telah terjual hingga 159.9 juta kopi. Angka ini bahkan hanya di Jepang saja, belum di seluruh dunia. 

Tidak hanya menjadi salah satu serial terlaris sepanjang masa, Dragon Ball juga turut diadaptasi ke dalam berbagai medium. Sebut saja mulai dari adaptasi anime, permainan video, beberapa film animasi hingga aneka pernak-pernik. 

Toriyama juga turut terlibat dalam beberapa proyek adaptasi Dragon Ball. Di antaranya adalah film Dragon Ball Z: Battle of Gods pada 2012 dan Dragon Ball Super: Broly pada 2018. 

PROYEK TERAKHIR DAN ‘KENANG-KENANGAN’ 

Sebelum kepergiannya, Toriyama masih memiliki sejumlah proyek yang tengah dalam tahap pengembangan. Beberapa di antaranya adalah manga Dragon Ball Super sampai dengan anime Dragon Ball: DAIMA. Selain itu, ada satu lagi karya Toriyama yang akan segera dibuatkan anime sehingga bisa dibilang sebagai kenang-kenangan terakhir darinya. 

Berjudul Sand Land, manga ini pertama rilis pada tahun 2000 dan mulai naik daun akhir-akhir ini. Pada Agustus 2023 lalu, film layar lebarnya telah dirilis dan mendapat respon positif. Serial anime-nya direncanakan akan rilis pada 20 Maret 2024 mendatang. 

Selain anime, Sand Land juga akan dibuatkan permainan videonya melalui platform Steam pada 26 April 2024 yang akan datang. Permainan video ini nantinya akan bergenre action RPG dengan para pemain berperan sebagai tokoh utamanya. 

Anime dan permainan video Sand Land tentunya akan jadi kenang-kenangan terakhir dari Akira Toriyama. Rest in peace, legend! Terima kasih atas semua karyamu yang telah menemani masa kecil kami. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read