Stories

LEBIH DEKAT DENGAN CI MEHONG SOSOK PEBISNIS YANG VIRAL DAN MALAH TERJUN KE DUNIA POLITIK PRAKTIS

Pebisnis yang terkenal dengan sapaan Ci Mehong, belakangan ini namanya jadi sorotan publik. Bahkan sosoknya disangka aji mumpung nyaleg setelah dirinya viral, memang benar?

title

FROYONION.COM - Ci Mehong yang memiliki nama asli Tjioe Nofia Handayani merupakan sosok pebisnis keturunan Tionghoa asal Aceh yang masih tetap eksis meskipun usianya telah menginjak kepala lima. Nama Ci Mehong kini semakin dikenal di platform instagram maupun TikTok.

Dikenal sebagai sosok pebisnis yang menjual berbagai kebutuhan konsumen, Ci Mehong mengaku bahwa dirinya memang suka berjualan sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Ia pernah berjualan rempeyek hingga es mambo di sekolahnya untuk membantu perekonomian keluarganya yang saat itu sempat mengalami kesulitan.

Awal perjalanan karier Ci Mehong dimulai ketika dirinya merantau ke Jakarta. Sempat menjadi pekerja kantoran selama tiga tahun, dirinya harus rela berhenti dari pekerjaannya tersebut. Ia sempat menjadi tulang punggung keluarga untuk menghidupi empat anaknya sepeninggal suaminya.

Sejak saat itulah ia mulai kembali berjualan dengan menjajakan berbagai kebutuhan pelanggan. Mulanya Ci Mehong berjualan voucher pulsa dan merintis bisnis fotokopi. Setelah menjalani kedua bisnisnya itu, ia kembali berjualan berbagai kebutuhan lain seperti buah, sayuran hingga makanan laut.

Pada saat pandemi melanda tanah air, Ci Mehong tetap bersikeras berjualan untuk bertahan hidup. Bahkan dirinya membuka bisnis baru yang diberi nama PIK Baking House sebagai tempat kursus memasak dan membuat kue.

Nama PIK Baking House yang menjadi nama bisnisnya tersebut ia jadikan sebagai nama akun Instagram dan TikTok miliknya yaitu (@pikbakinghouse)  sampai saat ini. Akun tersebut ia gunakan sebagai akun pribadi miliknya sekaligus tempat untuk ia berjualan.

Sempat pernah menjual dan menawarkan diri menjadi calo tanah kuburan yang diunggah di akun TikTokya, hal ini malah membuat nama Ci Mehong makin lebih dikenal dan viral.

Bukan tanpa alasan panggilan ‘Ci Mehong’ melekat dalam wanita keturunan Tionghoa tersebut. Pasalnya, berbagai produk yang ia jual dan ia promosikan di media sosialnya memiliki harga yang menurut netizen ‘selangit’. Meskipun begitu, kualitas produknya memang bagus dan banyak yang mengakuinya.

Ci Mehong memang dikenal memiliki gaya berjualan yang khas untuk menawarkan produknya ke pelanggan. Ia kerap kali membocorkan dan berkata jujur tentang kelemahan produknya.

Pada akun TikToknya, postingan Ci Mehong kerap kali dibanjiri komentar netizen yang merasa terhibur berkat unggahannya. Menurut netizen kalimat yang dilontarkan Ci Mehong di konten unggahannya sering membuat netizen merasa ‘digantung’x Hal inilah yang membuat dirinya sebagai sosok yang unik.

Namun, para netizen bukan hanya sekadar terhibur saja, tak jarang netizen yang dibuat penasaran dan akhirnya membeli produk milik Ci Mehong.

Dari mulai cendol sultan, bika ambon, hingga buah-buahan segar yang kerap kali ia beri nama dengan representasi mehong ia jual di akun Instagram dan TikTok miliknya. Hingga saat ini akun TikTok Ci Mehong telah memiliki lebih dari 400 ribu pengikut dan 338 ribu pengikut di Instagram.

Berkat kegigihan yang ia lakukan sampai saat ini, sosok Ci Mehong menjadi lebih dikenal oleh publik sebagai pebisnis yang punya ciri khas unik saat berjualan lewat unggahan konten miliknya.

SETELAH VIRAL KOK NYALEG?

Saat Ci Mehong semakin banyak dikenal akibat dirinya yang sempat viral karena keunikannya ketika berjualan, kini namanya tengah kembali menjadi sorotan publik akibat pernyataan dirinya yang akan maju untuk nyaleg.

Pemilik nama asli Tjioe Nofia tersebut telah mantap mencalonkan dirinya sebagai anggota legislatif yang diusung oleh partai Perindo. Ci Mehong akan menjadi caleg DPR RI 2024 daerah pilihan 3 yaitu Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Melalui unggahan di akun instagram @pikbakinghouse pada Kamis (22/06/23), ia mengunggah postingan dirinya yang tengah berada  di ruangan podcast aksi nyata milik partai Perindo. Ia juga melontarkan kalimat ajakan untuk menyaksikan acara podcast tersebut.

Tak hanya itu, di unggahan tersebut ia menuliskan caption “Teman-teman dukung aku di caleg 2024 Tjioe Nofia alias cikmehong di Dapil DKI 3 Jakarta Barat dan Utara dari partai Perindo,” tuturnya melalui akun Instagram @pikbakinghouse.

Dari keputusan dirinya yang akan terjun di dunia politik praktis tersebut, mengakibatkan berbagai polemik di kalangan netizen.

Akhir-akhir ini bahkan Ci Mehong kerap kali menyelundupkan kalimat persuasif untuk mendukung dirinya nyaleg di unggahan konten jualannya. Ia juga melontarkan janji untuk memberdayakan para petani ketika dirinya terpilih.

Berbagai pendapat netizen membanjiri kolom komentar akun Instagram milik Ci Mehong. Ada yang memang mendukung keputusan Ci Mehong tersebut dan ada juga yang malah menyayangkan. Ketika komentar tersebut bersifat negatif terhadap keputusannya, akun Instagram Ci Mehong akan selalu membalas dengan kalimat “yang mau mau saja”.

Beberapa diantara komentar netizen di Instagram, beranggapan bahwa Ci Mehong dianggap aji mumpung setelah dirinya viral. Namun, ada juga yang membantahnya bahwa sebelum sosok Ci Mehong ini viral, ia mengaku telah memiliki niatan untuk nyaleg.

Terlepas dari ini kebetulan atau tidak karena momennya yang pas ketika ia viral dan memutuskan untuk nyaleg, tentu seharusnya netizen bisa menghargai keputusan yang telah dipilih oleh Ci Mehong tersebut.

Dengan adanya peluang melalui berbagai konten unggahan, hal ini kerap kali dijadikan sebagai ‘batu loncatan’ untuk mengambil celah dan peluang lainnya. Salah satunya seperti terjun ke dunia politik praktis. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Tegar Rayandra

Mengaku akademisi komunikasi yang suka nulis sana-sini. Suka content writing dan public speaking.