Stories

ISHOWSPEED, STREAMER MUDA YANG WARA-WIRI DI LINIMASA KITA

Mengenal lebih dekat satu sosok streamer yang sering viral di media sosial karena aksi-aksi kocak dan emosionalnya.

title

FROYONION.COM - Animo masyarakat terutama anak-anak muda terhadap video live streaming terus meningkat secara pesat. Hal ini merupakan buntut dari semakin berkembangnya platform digital streaming dan masifnya jumlah streamers. Masyarakat jadi punya banyak referensi platform kayak Twitch, YouTube, bahkan TikTok, juga banyak referensi streamers yang paling cocok sama preferensi mereka.

Streamers sendiri adalah orang-orang yang merekam sambil menyiarkan langsung aktivitas yang sedang mereka lakukan. Aktivitas livestream-nya juga macam-macam, ada yang cuma ngobrol doang sama subscribers-nya, jalan-jalan ke tempat wisata, makan-makan, sampai main game. Nah, kombinasi video streaming dan konten game ini keluar menjadi perpaduan yang paling diminati. 

Menyoal kombinasi ini, ada salah satu streamers yang beberapa bulan belakangan ini wara-wiri di linimasa kita. Mulai dari Instagram, Twitter, sampai TikTok, streamer ini muncul lewat klip-klip video pendek yang lucu dan menggelitik.

Karakter yang unik, suka mempelesetkan nama orang, sedikit-sedikit teriak, siapa lagi kalau bukan IShowSpeed. Nama aslinya itu sebenarnya Darren Watkins Jr, seorang anak muda umur 18 tahun kelahiran Ohio, Amerika Serikat yang sukses jadi streamer terkenal. IShowSpeed yang sering dipanggil Speed ini terkenal lewat game-game kayak Fortnite, Valorant, FIFA, dan game random lainnya yang dia mainkan sambil live streaming.

Speed juga sukses jadi konten kreator yang mengguncang dunia YouTube lewat perkembangan kanal YouTube yang begitu pesat. Bayangin aja, subscribernya naik dari 1 juta ke 10 juta hanya dalam waktu setahun aja. Bahkan, sekarang kanal YouTubenya sudah punya sekitar 16 juta subscribers.

Di tengah masifnya jumlah streamers di seluruh dunia, Speed bisa menarik perhatian lebih dan bikin banyak orang mau buat nontonin dia, terlebih orang-orang di sekitar kita. Kira-kira kenapa ya?

PUNYA AURA REMAJA YANG APA ADANYA

Menurut penulis, Speed ini tipikal remaja badung, susah diatur, tapi sebenarnya polos. Melihat ke umur Speed yang masih sangat muda, persona yang dia bawa ketika livestream jadi daya jual yang sangat tinggi karena terkesan begitu natural. Cara dia berinteraksi sama subscribers-nya, cara dia mengekspresikan diri ketika menang atau kalah pas main game, atau reaksi-reaksi yang timbul pas dia lagi ngegacha rasanya kayak apa adanya aja gitu.

Alih-alih membawa persona yang anti mainstream, Speed lebih nyaman sama dirinya yang apa adanya, sesuai umurnya, tanpa terkesan memikirkan target audiensnya. Bukannya melawan arus atau tampil beda, rasa-rasanya Speed berusaha buat lebih dekat dan relate secara personal ke para subscribernya.

Nggak bisa dipungkiri juga kalau kebanyakan orang yang nonton Speed, ya anak-anak muda seumuran dia. Namun, nggak sedikit juga masyarakat umum atau yang umurnya di atas dia juga ikutan nontonin Speed, contohnya penulis.

Speed juga suka banget sama bola. Nggak cuma mainin game bola kayak FIFA atau FIFA Mobile, dia juga pernah main sepak bola beneran bareng YouTuber lain di sebuah pertandingan amal. (Lihat di sini).

Fun fact-nya, Speed itu fan garis keras dan tergila-gila banget sama Cristiano Ronaldo. Di livestream-nya, dia itu dikit-dikit ngomong SIU (dia menyebutnya SUI), bikin lagu berjudul Ronaldo, bahkan dia juga nonton pertandingan idolanya langsung dari stadion kayak pas Portugal main di Piala Dunia di Qatar atau ketika Al-Nassr lagi bertanding di Arab Saudi. Meskipun ya, sampai sekarang keinginan terbesarnya buat ngobrol dan ketemu sama CR7 masih belum kesampaian (kita doain aja, ya).

SEMUA GERAK-GERIKNYA LAWAK

Hampir di setiap livestream-nya, Speed itu jarang banget pakai baju, alias telanjang dada. Dari sini aja menurut penulis sudah ‘lawak’ banget. Kayak streamer mana yang ngelive nggak pakai baju, seolah-olah dia lagi main game di kamar sendirian, tanpa ada yang nonton atau merhatiin aktivitas dia.

Gimmick spontan dan berlebihan yang dibawa Speed juga menurut penulis lucu sekali. Kayak misal ketika Speed abis ngegacha di FIFA, terus nyebutin nama pemain yang dia dapatkan dengan ejaan atau penyebutan yang ngaco. Ada Alphonso Davies disebut Anthony Davies, Alisson disebut Austin and Ally, atau Casemiro yang disebut Casemingo.

Terus ada juga insiden ketika Speed nggak sengaja ngancurin set-up streaming dia pas lagi live streaming. Kalo nggak salah saat itu dia lagi main Fortnite dan dapat Victory Royale. Saking girangnya, dia ngikutin joget kemenangan Fortnite dan alhasil semua set-up dia hancur, CPU dan monitor jatuh, kamera turun, green screen di belakangteretarik dan jadi berantakan semua.

Nggak cuma sekali, tapi gimmick ngancurin set-up ini dilakukan berulang-ulang kali. Kalau kasus di atas akibat dari Speed yang terlalu girang karena menang, lain cerita kalau Speed kalah. Rasa-rasanya Speed ini kayak punya anger issue, dikit-dikit marah, dikit-dikit kata kasar keluar. 

Kalau di Indonesia itu ya, ibarat ngeliat Reza Arap, tapi versi yang jauh lebih brutalnya. Tapi anehnya, ini yang malah disukai sama orang-orang. Bisa jadi, orang-orang yang nonton Speed juga kayaknya pada punya anger issue, jadi ketika Speed marah-marah, penontonnya jadi ikut merasa terwakilkan. 

Speed juga seringkali bikin reaction tentang suatu video dan main Ome TV. Ini juga nggak kalah lawak, apalagi ketika Speed udah mulai ngobrol random sama orang asing, ngaku-ngaku orang Arab lah, ngaku-ngaku bisa bahasa Portugis lah, dan segala macam gimmick lainnya.

POTONGAN KLIP VIDEO SPEED ADA DI MANA-MANA

Di samping dari persona dan gimmick yang dibawa sama Speed dalam setiap livestreamnya, ada satu hal yang menurut penulis bikin dia naik secepat ini. Tak lain dan tak bukan adalah potongan klip videonya Speed yang menyebar secara masif ke mana-mana. Pernah penulis membuka Instagram, Twitter, dan TikTok, pasti ada aja potongan klipnya videonya yang lewat.

Kadang lewat potongan klip lagi marah-marah, kadang lagi ngobrol random di Ome TV, kadang juga lagi ngegacha game. Macam-macam banget pokoknya.

Kemunculan Speed di dunia livestream adalah sebuah fenomena menarik. Kombinasi antara live streaming game dan persona juga gimmick dari IShowSpeed menghadirkan suasana baru bagi penikmat live streaming. Ditambah juga dengan penyebaran klip video yang masif di berbagai platform sehingga target audiens Speed dapat menjangkaunya dengan mudah. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Haidhar Fadhil

Mahasiswa HI yang suka nulis, seni, musik, dan motor