Stories

ELLIE GOULDING: MENJADIKAN MUSIK DAN SUARANYA UNTUK CLIMATE ACTION

Ellie Goulding merupakan aktivis perubahan iklim dan dinobatkan sebagai duta besar PBB. Apa saja yang sudah ia lakukan sebagai penyanyi sekaligus public figure?

title

FROYONION.COM - Di luar industri musik, Ellie Goulding adalah seorang aktivis dan filantropis yang sudah lama melibatkan diri dalam isu-isu global, terutama iklim dan lingkungan. Ellie Goulding merupakan aktivis perubahan iklim dan dinobatkan sebagai duta besar PBB pada akhir tahun 2017.

Dalam beberapa wawancaranya dengan media, ia pernah mengatakan: “Kamu akan kaget melihat betapa sedikitnya orang yang tahu tentang perubahan kecil yang dapat dilakukan dalam hidup ini. Kita harus mulai merasa bahwa menggunakan botol plastik adalah hal yang tidak normal, dan lebih memperhatikan hal-hal yang kita beli yang ternyata adalah hal yang sangat penting.”

MENJADIKAN PANGGUNG DAN TUR MUSIK SEBAGAI CARA MENGKAMPANYEKAN PERUBAHAN IKLIM

Sudah lama sekali Goulding memakai platformnya untuk membantu orang memahami kenapa sih aksi iklim sangat penting. Ia ingin orang-orang mulai aware tentang masalah iklim yang melanda bumi. Tak hanya orang terdekatnya, ia juga membagikannya dengan khalayak luas.

Ia berkomentar kalau seharusnya masalah ini bisa menjadi hal yang paling ‘seksi’ dan menarik yang bisa dibaca di internet untuk kemudian didiskusikan bersama, bahwa orang-orang yang peduli ingin bisa memberikan solusi yang luar biasa untuk masalah plastik atau fakta bahwa kita juga sangat bergantung pada bahan bakar fosil.

Setelah dianugerahi Penghargaan Suara Baru PBB sebagai pengakuan atas aktivisme lingkungan dan keadilan sosialnya pada tahun 2017, ia juga menjadi duta besar niat baik untuk Program Lingkungan PBB (UNEP) dan telah menggunakan platformnya untuk menyoroti serangkaian masalah ekologi.

Hal ini sangat disukai dan didukung oleh banyak penggemar dan rekan-rekannya. Jelas ya, who will deny this kind of inspiring thing?

Selama pertemuan iklim COP 27 tahun lalu, Goulding melakukan perjalanan ke Mesir untuk berbicara tentang dampak perubahan iklim terhadap terumbu karang, menggunakan kesempatan itu untuk mengkritik akreditasi lebih dari 600 pelobi bahan bakar fosil pada pertemuan iklim tersebut.

Selain menjadi pembicara di Mesir, Goulding juga melakukan syuting untuk film UNEP tentang snorkeling di Laut Merah sambil menyaksikan secara langsung keindahan terumbu karang.

Ia juga melakukan perjalanan ke Cairngorms di Dataran Tinggi Skotlandia bersama aktivis lingkungan dan jurnalis Lucy Siegle untuk mengunjungi beberapa proyek penghijauan. She is indeed an active activist!

Tetapi, apa Ellie Goulding benar-benar melakukannya, atau apa cuma basa-basi aja ya? Dalam tur terakhirnya, ia mengaku memang belum sepenuhnya netral karbon, tapi juga menambahkan kalau selalu ada sedikit sinisme dan kontroversi seputar penggantian kerugian atau isu lingkungan yang mengait namanya meskipun ia sudah berusaha.

Wujud nyata yang ia lakukan untuk mendukung aktivitasnya menjaga lingkungan dan iklim adalah dengan membuat tur dan konser musiknya didukung oleh energi terbarukan—sebanyak mungkin—dan meminimalisir sampah plastik yang ada.

Goulding mulai merasa harus lebih aware dengan isu perubahan iklim semenjak 2016, sekitar tujuh tahun yang lalu, ketika musiknya booming dan dia banyak melakukan tur dengan menggunakan banyak bus, mobil, dan pesawat—saat itu terjadi gelombang panas (heat wave) di Amerika Serikat.

Mengutip dari wawancaranya dengan Positive News, ia berujar, "Aku ingat pernah tampil di beberapa festival dan saat itu cuaca sangat panas, sehingga sulit untuk bernyanyi. Penduduk setempat berkata, 'Ini sangat tidak biasa bagi kami'. Rasanya seperti kartu domino di mana setiap informasi yang saya pelajari tentang perubahan iklim membuat saya semakin tertarik."

Ellie Goulding bisa memaksimalkan kemampuannya untuk merasa nyaman berbicara tentang iklim dengan followers atau fansnya seperti halnya saat ia menyanyikan lagu dance-pop di atas panggung.

Sebagai penyanyi sekaligus penulis lirik yang telah menulis puisi sejak kecil, Ellie Goulding memahami kekuatan bercerita untuk menarik perhatian audiens.

Untuk mengkampanyekan perubahan iklim ini, ia suka menceritakan kisah-kisah akar rumput, tentang penduduk asli yang melindungi tanah mereka dan menjadi bagian dari alam, atau tempat-tempat indah yang perlu disorot, daripada berbicara terlalu banyak tentang fakta dan angka. Hal ini lebih efektif untuk menjangkau dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Keren banget, ya. Nah, kalau kamu sudah melakukan apa nih untuk berkontribusi dalam perubahan iklim dan menjaga bumi? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.