Stories

5 BRAND MANCA YANG SERING SALAH DIKIRA BUATAN LOKAL

Hayo, siapa dari kalian yang pernah salah mengira merk-merk ini asli Indonesia? Ternyata bukan, lho!

title

FROYONION.COM - Kalian mungkin pernah dengar ada sederet merk asli Indonesia yang sering salah disangka sebagai buatan luar negeri. Sebut saja seperti Polytron, J.Co, Buccheri, dan lain-lain. 

Ternyata, hal sebaliknya juga berlaku, lho. Ada beberapa merk yang sering salah dikira sebagai buatan Indonesia. Padahal, semuanya berasal dari luar negeri. Merk-merk apa saja dan dari mana mereka sebenarnya berasal? 

1. BATA. Merk sepatu dan sandal yang tokonya bisa dengan mudah dijumpai di pusat-pusat perbelanjaan. Banyak yang mengira Bata ini asli bikinan Indonesia. Padahal, merk Bata berasal dari Ceko. 

2. SALONPAS. Brand satu ini kelihatannya Indonesia banget. Koyo panas yang biasa ditempel di punggung buat para remaja jompo ini memang sudah melekat banget sama orang Indonesia. Tapi ternyata Salonpas ini berasal dari Jepang, lho. Hmm, padahal namanya nggak berbau Jepang sama sekali, ya.  

3. KHONG GUAN. Ini Khong Guan yang asli ada biskuitnya ya, bukan kaleng Khong Guan berisi rengginang atau rempeyek. Brand biskuit legendaris ini berasal dari Singapura, bukan Indonesia.

 4. MASAKO. Bumbu masak andalan ibu-ibu ini memang kelihatannya Indonesia banget. Aslinya, Masako berasal dari negara yang sama dengan Salonpas, yaitu Jepang.

 5. BETADINE. Obat luar untuk luka ini juga sudah melekat banget dan bahkan punya nama sebutan sendiri, “obat merah”. Betadine bukan produk asli Indonesia melainkan berasal dari Swiss. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read