Sports

SKATEBOARD, OLAHRAGA YANG KEREN DAN BERMANFAAT UNTUK ANAK MUDA

Skateboard salah satu olahraga yang populer dan diminati oleh anak milenial saat ini. Olahraga ini tidak hanya keren, tapi memiliki banyak manfaatnya looh. Memang apa saja sih manfaatnya? Langsung simak di sini yaa.

title

FROYONION.COM - Skateboard atau dikenal sebagai papan selancar adalah salah satu budaya dan olahraga yang lahir di California, Amerika Serikat. Olahraga ini ada sebagai pengganti selancar air atau yang biasa disebut surfing.

Pada saat kemunculannya, olahraga ini masih sering disebut sebagai olahraga surfing atau selancar di laut dan bentuk papannya masih sederhana yang terbuat dari belahan papan kayu yang kemudian dipasangi roda di bawah papan dan diberi tongkat kemudi di bagian depannya.

Adanya perkembangan zaman, permainan skateboard sendiri menciptakan perubahan cara bermainnya. Yang sebelumnya orang biasa memakai gaya yang bebas seperti menari balet atau berselancar di atas es atau salju.

Seorang pemain skateboard bernama Alan Gelfand atau biasa disapa “Olie” membuat suatu gaya permainan yang baru dengan lompatan yang berputar di dalam permainan skateboard sendiri. Ia menginjakan kaki belakangnya pada ekor papan dan melompat, sehingga dirinya dan papan yang digunakan meluncur ke udara.

Secara umum, olahraga ini memiliki dua jenis macam atau aktivitas yang digunakan diantaranya street skateboard (dilakukan di jalanan bebas) dan court skateboard (dilakukan di arena khusus).

KEMUNCULAN SKATEBOARD DI INDONESIA 

Ketika olahraga skateboard masuk ke Indonesia, banyak remaja yang belum mengetahui permainan olahraga ini. Seiring berjalannya waktu, akhirnya banyak remaja yang mulai melirik dan menggemari permainan yang menggunakan papan sebagai alat utamanya dan dijadikan sebagai permainan olahraga yang baru.

Tidak hanya berdiri di atas papan kemudian berjalan di jalanan yang datar, para pecinta skateboard saat ini lebih menggunakan jalanan yang terjal dan berliku sebagai gaya permainan yang baru dan pastinya menantang.

Selain itu, para remaja pecinta skateboard juga menggunakan penghalang seperti pipa yang terbuat dari besi yang sering kita temui di pinggir jalan sebagai bentuk tantangan yang mereka pergunakan agar permainan olahraga ini lebih menarik.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan olahraga yang masuk dalam kategori olahraga ekstrem ini, mulai dikenal banyak orang dan saat ini dianggap sebuah tren baru yang menyenangkan dan banyak komunitas-komunitas anak muda pecinta skateboard yang muncul di kota-kota besar di Indonesia.

Puncak perjalanan skateboard di Indonesia yaitu pada tahun 2018, untuk pertama kalinya skateboard dipertandingkan dalam kejuaraan Asian Games. Sebanyak empat medali berhasil disabet oleh empat skaters kebanggaan Indonesia, di antaranya dua medali perak yang di raih oleh Sanggoe dan Jason Dennis Lijnzaat di nomor park putra, sedangkan dua medali perunggu diraih oleh Pevi Permana Putra di nomor park putra dan Bunga Nyimas di nomor sreet putri.

5 MANFAAT SKATEBOARD

Dengan belajar dan melakukan olahraga ini secara benar, pastinya akan mendapatkan manfaat yang dirasakan para pegiatnya. Berikut adalah manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh dari olahraga skateboard

1.  Melatih Keseimbangan Tubuh

Keseimbangan tubuh adalah kemampuan untuk mempertahankan keseimbangan tubuh ketika ditempatkan di berbagai posisi. Keseimbangan tubuh sangat dibutuhkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satu manfaat menjaga keseimbangan adalah dapat meningkatkan kemampuan gerak secara menyeluruh.

Menjaga keseimbangan tubuh juga bertujuan untuk mencegah tubuh dari gangguan internal, misalnya jatuh. Selain itu keseimbangan tubuh dapat bermanfaat untuk mendukung mobilitas, mengurangi cedera dan memperkuat fisik selama berolahraga.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Mungkin kamu sudah sering mendengar dokter menganjurkan untuk rutin berolahraga. Menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga sangatlah penting, karena jantung merupakan organ vital yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh, fungsi inilah yang dapat menunjang kelangsungan hidup.

Olahraga skateboard sendiri bisa dikatakan dalam olahraga aerobik, karena rata-rata detak jantung pemain skateboard akan meningkat hingga 140-160 kali per menitnya, bahkan bisa lebih tinggi lagi tergantung pada intensitas olahraga yang dilakukannya.

3. Menghilangkan Stress dan Depresi

Semua aktivitas fisik dipercaya baik untuk menghilangkan stress, depresi dan dapat menenangkan pikiran sekaligus membantu untuk fokus pada saat ini. Olahraga ini sangat cocok untuk kamu yang seharian sibuk dengan pekerjaan kantor yang menumpuk, karena bisa melepas kepenatan di luar ruangan setelah bekerja.

Ketika kamu berolahraga skateboard dan mengendarai papan skate, otak kamu akan melepaskan hormon endorfin yang membuat kamu merasa senang dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Menjadi Kreatif dan Berani

Berolahraga skateboard akan memicu pemikiran kritis dan keterampilan dalam memecahkan suatu masalah. Bukan hanya sekedar olahraga, skateboard dapat memaksimalkan fungsi dari otak kamu secara keseluruhan dengan meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga kamu akan menjadi lebih kreatif dan tegas.

Oleh karenanya, skateboard sendiri memerlukan penetapan suatu tujuan, keberanian dan pastinya disiplin. Jadi, nantinya kamu akan menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan mampu mengatasi ketakutan dengan lebih baik.

 5.  Menumbuhkan Sifat Sosial

Sifat sosial manusia adalah sifat yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia di dalam kehidupannya akan selalu berinteraksi dengan sesamanya. Maka dari itu, manusia membuat suatu hubungan sosial misalnya hubungan saling tolong menolong, kerja sama dan tenggang rasa.

 Oleh karena itu, olahraga skateboard merupakan olahraga outdoor yang akan memberikan kamu kesempatan yang besar untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baru dan saling bertukar pikiran dengan komunitas skateboard yang lain. Sehingga nantinya kamu dapat menumbuhkan sikap toleransi dan menerima pertemanan dengan para skater dari berbagai kalangan.

Nah, itu dia perkembangan munculnya olahraga skateboard dan beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika melakukan olahraga tersebut. Untuk kamu yang tertarik dengan olahraga skateboard, pastikan kamu untuk belajar dari dasar dulu dengan ahlinya ya, terutama bagaimana cara untuk berhenti dan cara jatuh tanpa melukai diri sendiri. Dan jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung seperti helm, pelindung tangan, bantalan lutut dan siku serta sepatu.

Jadi intinya, olahraga skateboard sangat layak untuk kamu yang ingin sehat dan tetap keren serta dapat mengembangkan sifat sosial dan menjadi sosok yang humble sekaligus mudah berteman. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Doni Dwi Setiawan

Lebih baik tidak tahu, tapi pingin tahu, dari pada sok tahu.