Sports

SEBERAPA PENTING SIH STRETCHING SEBELUM OLAHRAGA?

title

FROYONION.COM - Hai Civilions, siapa yang disini hobi banget olahraga? Pasti diantara kalian ada dong ya, yang suka banget atau hobi berolahraga? Emang si kalo di perhatiin setelah pandemi Covid-19 kemaren orang-orang jadi makin mulai aware tentang kesehatan dan mulai sering berolahraga demi kesehatan mereka. 

Apalagi sekarang banyak influencer-influencer dan public figure yang mulai doyan berolahraga, jadi masyarakat semakin ter-influence dan sadar tentang seberapa pentingnya berolahraga, baik bagi orang dewasa, bapak-bapak, hingga ibu-ibu komplek bahkan anak-anak muda di indonesia sekarang ini makin gemar dengan olahraga.

Entah olahraga yang umum kayak sepak bola, basket, atau yang hanya sekedar hobi jogging di komplek sampai atlet sekalipun pasti membutuhkan yang namanya stretching atau pemanasan sebelum melakukan olahraga.

Tapi tau ngga si lo manfaat dan pentingnya melakukan stretching sebelum melakukan gerakan olahraga? 

Namun sebelum itu, 

APA SIH DEFINISI STRETCHING?

Nah, kalo kita coba bedah nih dari kata si “stretching” sendiri yaitu dalam bahasa indonesia yang berarti “peregangan”. 

Banyak orang keliru soal istilah stretching itu sendiri dan menyamakannya dengan pemanasan. Dengan begitu, banyak dari kita juga sering salah secara arti maupun secara praktik. 

Nah, untuk memahami kedua term tersebut dengan sederhana yaitu sebenarnya kita bisa melihatnya dari tujuan dan manfaat pada gerakan keduanya yaitu antara stretching dan pemanasan. Tujuan stretching yaitu diantaranya untuk melepaskan ketegangan otot serta memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas tubuh dan memperlancar sirkulasi tubuh, hingga membuat koordinasi tubuh juga meningkat. 

Sedangkan tujuan dari pemanasan sendiri yakni lebih ke cardio atau pemanasan tubuh untuk melatih dan mengolah pernafasan agar jantung lebih siap beradaptasi sebelum melakukan gerakan-gerakan inti. 

Selain itu, adapun jenis-jenis stretching yang perlu kita pahami. Yaitu, secara umum ada 2 jenis stretching yang biasa dilakuin, yaitu Dynamic stretching dan static stretching.

PERBEDAAN DYNAMIC & STATIC STRETCHING

Dynamic stretching atau pemanasan dinamis sendiri merupakan stretching yang dilakukan dengan cara melakukan gerakan. Seperti contoh, melakukan lari-lari kecil, a-b-c running, dan gerakan-gerakan lain yang sifatnya pengulangan atau repetitif dengan minimal 8-12 kali repetisi. 

Tujuan dari dinamis stretching yakni diantaranya untuk meningkatkan heart rate (detak jantung) serta dapat mengoptimalkan Range Of Motion (ROM) ketika berolahraga dan tentunya untuk mencegah terjadinya resiko cedera saat masuk pada olahraga inti. Nah, jadi dynamic stretching itu sebenarnya lebih masuk pada pemanasan (warming-up) bukan peregangan tubuh (stretching). Meskipun banyak orang menyebutnya sama, yaitu stretching.

Berbeda dengan dynamic stretching. Static stretching sendiri adalah gerakan yang lebih masuk pada kategori peregangan tubuh bukan warming-upStatic stretching merupakan gerakan peregangan tubuh dengan cara menarik atau meregangkan sendi-sendi atau otot tubuh hingga otot menegang, dan biasanya ini dilakukan dengan menahannya hingga 15 sec - 1 menit. 

Tujuan dari static stretching sendiri selain membuat otot semakin kuat dan elastis yakni memiliki tujuan untuk menurunkan heart rate setelah melakukan olahraga inti. So, that's why kenapa static stretching biasanya dilakukan setelah selesai olahrga atau setelah gerakan inti (pendinginan).

PENTINGNYA STRETCHING SEBELUM DAN SESUDAH OLAHRAGA

Penting nggak si melakukan streching sebelum dan sesudah berolahraga? Jawabannya, “iya penting banget”. Emang kenapa? Penting dilakukan karena sebelum berolahraga otot-otot di dalam tubuh kita memerlukan latihan sebelum melakukan olahraga inti yang lebih berat. Tubuh kita membutuhkan respons atau kode untuk mengaktifkan otot dan sendi-sendi dalam tubuh untuk lebih siap melakukan gerakan-gerakan inti, hal ini dilakukan agar nggak kaget ketika melakukan gerakan inti olahraga serta juga untuk menghindari dari cedera atau kram.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari Klikdokter, manfaat melakukan stretching yaitu;

  1. Bisa memperkuat otot dan melepaskan ketegangan otot dalam tubuh
  2. Sirkulasi darah bisa menjadi lebih optimal
  3. Koordinasi tubuh menjadi meningkat
  4. Bisa menjaga postur tubuh menjadi lebih baik, hingga
  5. Dapat meningkatkan fleksibilitas gerakan tubuh dan memelihara kesehatan sendi.

Ketika melakukan olahraga, seorang atlet sekalipun pasti akan selalu membutuhkan kedua jenis pemanasan ini, yaitu dynamic stretching dan static stretching. Sebab di dalam olahraga apapun stretching juga termasuk pada bagian rangkaian olahraga yang berurutan. Ketika kita akan berolahraga yang seharusnya dilakukan yaitu melakukan ;

  1. Static stretching, ini dilakukan pertama kali sebelum melakukan dynamic stretching tujuannya agar meregangkan seluruh otot-otot di badan dan memanaskan sendi-sendi dalam tubuh biar nggak kaku. Setelah itu,
  2. Dynamic stretching, lakukan dynamic stretching secukupnya dengan menyesuaikan dynamic stretching dengan olahraga apa yang akan dilakukan. Karena meskipun dynamic stretching memiliki gerakan yang itu-itu aja atau relatif sama di dalam semua jenis olahraga, namun kita juga harus menyesuaikan lagi dengan jenis olahraga-nya, sebab dalam beberapa jenis olahraga seperti renang, yoga, dan lain-lain tentu akan berbeda dalam praktik stretching-nya. Namun, biasanya dynamic stretching dilakukan dengan hanya melakukan lari-lari kecil dibarengi dengan peregangan tubuh atau bisa juga dengan hanya cukup berjalan santai sekitar 15-30 menit di treadmill sebelum masuk pada latihan inti. Kemudian setelahnya lakukan,
  3. Latihan inti, lakukan olahraga inti sesuai dengan apa jenis olahraga yang akan kalian lakukan.
  4. Static stretching yang bersifat passive stretching, maksudnya yaitu lakukan lagi static stretching pada akhir sesi latihan atau setelah latihan inti dengan melakukan gerakan-gerakan yang sama pada stretching di awal namun yang berbeda yaitu tujuannya. Yaitu tujuan static stretching di awal yaitu untuk warming-up (pemanasan) sedangkan yang di akhir untuk cooling-down (pendinginan). Pendinginan memiliki manfaat untuk menurunkan heart rate setelah olahraga serta mencegah sakit pegal-pegal usai latihan.

Nah, Jadi itu kurang lebih manfaat dan pentingnya melakukan stretching sebelum berolahraga. 

STAY HEALTHY! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Tegar Widodo

Freelancer