Sports

SEBASTIAN VETTEL MENGUMUMKAN PENSIUN DARI F1 PADA AKHIR MUSIM 2022 MELALUI AKUN INSTAGRAM BARUNYA!

Pembalap F1 yang saat ini berseragam Aston Martin, Sebastian Vettel menyatakan pensiun dari dunia balap F1. Apa alasannya? Mari simak Civs.

title

FROYONION.COMSebastian Vettel sang juara dunia empat kali F1 (Formula One), secara mengejutkan mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun pada akhir musim 2022. Seperti diketahui, Seb sapaan akrabnya, menyatakan hal tersebut melalui akun media sosial yang baru dibuatnya. Sebelumnya Seb memang tidak mempunyai akun media sosial apapun. Tak membutuhkan waktu yang lama, beberapa jam kemudian akun Instagram Sebastian Vettel telah menembus followers hingga lebih dari 500 ribu followers.

Sebastian Vettel telah memenangkan empat gelar F1 dari musim 2010-2013 bersama tim Red Bull Racing. Terakhir kali Seb memenangkan balapannya adalah pada saat Sebastian masih memperkuat tim Ferrari pada musim 2019. Musim ini Dia membalap bersama Aston Martin, tetapi sebagian besar tidak berhasil mencapai posisi terbaiknya, saat ini Sebastian menempati posisi 14 di klasemen sementara dengan mengoleksi 15 poin.

Sebastian Vettel telah memperoleh kemenangan sebanyak 53 kali, jumlah ini merupakan jumlah tertinggi ketiga di F1 di bawah Lewis Hamilton (103) dan Michael Schumacher (91). Pada tahun 2013, Ia menorehkan rekor menjadi juara seri sebanyak 13 kali di musim 2013. Selain itu sebastian Vettel sudah menaiki podium sebanyak 122 kali.

ALASAN SEBASTIAN VETTEL PENSIUN DI AKHIR MUSIM 2022

Sebastian Vettel memutuskan pensiun di akhir musim 2022, keputusan ini diunggah melalui akun Instagram miliknya. Ia mengungkapkan bahwa dirinya ingin lebih dekat dengan keluarganya. 

"Dengan ini saya mengumumkan bahwa saya akan pensiun dari F1 usai musim 2022. Saya mencintai olahraga ini. F1 merupakan pusat kehidupan saya sejak dulu. Tapi meski begitu banyak kehidupan di atas trek, tetapi ada juga kehidupan saya di luar trek," ucap Vettel.

Sang juara dunia empat kali ini mengaku bahwa dirinya ingin melihat ketiga anaknya bertumbuh.

“Saya Sebastian Vettel, ayah dari tiga orang anak, suami dari seorang wanita yang luar biasa. Di luar balapan, saya memiliki keluarga, dan saya senang berada di antara mereka. Saya memiliki kepentingan yang lain di luar F1. Karier saya di F1 membuat diri saya menghabiskan banyak waktu jauh dari mereka, serta menghabiskan banyak tenaga,” ucap Vettel.

“Karier saya di F1 sudah tidak sejalan dengan keinginan saya pribadi, untuk menjadi seorang ayah serta suami yang hebat. Target saya sekarang sudah berubah, dari memenangi balapan dan kejuaraan dunia, menuju melihat anak-anak saya tumbuh, membantu mereka saat mereka sedang terjatuh, serta mendengarkan mereka di saat mereka membutuhkan saya,” sambung Vettel.

Dalam unggahan videonya tersebut Ia juga mengungkapkan bahwa dirinya cukup sulit untuk mengambil keputusan ini, seperti yang dikatakan pada unggahan video di media sosialnya.

"Keputusan untuk pensiun merupakan keputusan yang sulit untuk saya ambil, dan saya telah menghabiskan banyak waktu untuk memikirkannya," kata Sebastian Vettel.

KARIER SEBASTIAN VETTEL

Sebastian Vettel memulai debut di F1 pada tahun 2007, Sebastian meraih banyak kesuksesan bersama tim Red Bull Racing. Selama 15 tahun balapan, Sebastian juga mencatatkan sejarah sebagai pemenang termuda pada tahun 2008 bersama Toro Rosso. 

Sebastian Vettel juga merupakan pembalap F1 termuda yang berhasil menjadi juara dunia F1, Ia meraih kejuaraan tersebut pada usianya yang ke-23 tahun, 134 hari pada tahun 2010. Kemudian di 3 musim berikutnya, tepatnya di tahun 2011, 2012, 2013, Sebastian Vettel selalu menjadi juara dunia di akhir musim bersama tim Red Bull Racing. Ini menjadikan dirinya sebagai pembalap ketiga yang berhasil  memenangkan empat kejuaraan berturut-turut setelah juara F1 Juan Miguel Fangio dan Michael Schumacher. Pembalap Mercedes Lewis Hamilton juga kemudian bergabung dengan barisan pembuat rekor ini.

Pada musim 2015, Sebastian Vettel kemudian bergabung dengan Ferrari, Karier Sebastian Vettel bersama Ferrari tidaklah mulus seperti saat memperkuat Red Bull. Ia kehilangan beberapa kejuaraan dari Lewis Hamilton.

Pada tahun 2019 Ferrari tidak memperbarui kontraknya, Dia berjuang untuk bersaing dengan Charles Leclerc di tahun 2019 dan juga pada tahun 2020. Pada saat itu, dia berpikir untuk pensiun, namun setelah itu Seb mendapat tawaran untuk bergabung dengan Aston Martin pada tahun 2021.

Dengan pensiunnya Sebastian Vettel, membuat pasar pembalap F1 2023 berubah, tim saat ini, Aston Martin juga berpikir keras dalam mencari pengganti Sebastian Vettel untuk bertandem dengan satu timnya yaitu Lance Stroll.

Tak lupa, bos dari Aston Martin Lawrence Stroll mengungkapan rasa terima kasihnya kepada Seb, “Saya ingin berterima kasih kepada Sebastian dari dalam lubuk hati saya, pekerjaan yang hebat sudah Dia lakukan bersama Aston Martin selama satu setengah tahun terakhir.

“Kami menjelaskan kepadanya bahwa kami ingin Dia dapat melanjutkan kariernya bersama kami musim depan, tetapi pada akhirnya, dia telah melakukan apa yang dia rasa benar untuk dirinya dan keluarganya, tentu saja kami sangat menghormati keputusan tersebut”.

Sebastian Vettel juga merupakan pembalap yang sudah cukup kenyang dengan pengalamannya di dunia balap jet darat ini, dengan pengalaman serta keahlian tersebut, menjadikan suatu masukkan yang berharga juga untuk tim Aston Martin. Stroll juga melabeli Sebastian, bahwa Ia merupakan salah satu pembalap F1 terhebat sepanjang masa. Dia juga merasa hormat dapat bekerja bersamanya.

Sebastian Vettel juga akan melanjutkan balapannya hingga akhir musim 2022, termasuk di GP Abu Dhabi untuk menutup musim 2022, Stroll pun mengungkapkan, bahwa Ia akan memberikan hadiah yang luar biasa untuk Sebastian Vettel di akhir musim nanti. GP Abu Dhabi juga merupakan Grand Prix ke-300 bagi Sebastian selama kariernya di F1. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Yudha Persada

Seorang freelancer yang sedang mencoba mengembangkan skill menulis di Froyonion.com.