Sports

PECAH TELUR, ASNAWI MANGKUALAM BERHASIL MENCETAK GOL PERTAMANYA DENGAN ANSAN GREENERS FC

Asnawi Mangkualam berhasil mencetak gol pertamanya di Ansan Greeners melalui tendangan roketnya, bagaimana detailnya? Mari kita simak, Civs.

title

FROYONION.COMPemain Tim Nasional Indonesia yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, berhasil mencetak gol perdananya pada pertandingan Ansan Greeners vs  Gimpo FC dalam lanjutan K-League 2. Pemain berposisi bek kanan ini berhasil mencetak gol pada menit ke-88 menggunakan kaki kirinya dari luar kotak penalti.

Laga ini berlangsung di Ansan Wa Stadium, Sabtu (23/07/2022), laga ini berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Ansan Greeners. Dua gol lainnya yaitu berhasil disumbangkan oleh Song Jin-Kyu di menit 47’ dan Geon-Joo Choi pada menit ke-56.

Gol yang di ceploskan oleh Asnawi merupakan gol perdananya semenjak dia bergabung dengan Ansan Greeners pada bulan Februari 2021. Sebelum bermain di Korea Selatan, Asnawi sempat bermain di Liga 1 Indonesia dengan bergabung dengan PSM Makassar. 

JALANNYA PERTANDINGAN

Ansan Greeners sebenarnya sempat mencetak gol di awal babak pertama, tetapi gol tersebut dianulir oleh wasit, karena posisi Lee Jun-Hee terlebih dahulu terjebak posisi offside.

Gimpo FC malah lebih dulu unggul dari Ansan Greners, gol Gimpo FC dicetak oleh Min-Ho Yun pada menit ke-39’. Skor 0-1 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Ansan Greeners langsung bermain menyerang. Terbukti, di awal babak kedua, Ansan berhasil menyamakan kedudukan melalui gol dari Song Jin-kyu. Gol terjadi ketika Choi Geon-joo melakukan umpan silang kepada Song Jin-kyu, kemudian Ia melepaskan tembakan mendatar, bola pun bersarang ke gawang Gimpo FC.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan 1-1, Ansan kembali melakukan serangan, melalui aksi Asnawi yang menyisir pertahanan Gimpo FC pada menit-51, aksi ini sempat membuat pertahanan lawan ketar-ketir, namun tusukan dari Asnawi ke dalam kotak penalti memaksa bek dari Gimpo FC menjatuhkannya, tetapi wasit tidak menunjuk titik putih, sehingga skor masih tetap bertahan 1-1.

Memasuki menit ke-56, Ansan Greeners membalikkan keadaan melalui gol dari Choi Geon-joo. Dengan posisi yang sekarang sudah lebih unggul, Ansan Greeners semakin gencar untuk membangun serangan demi serangan. Skor pun berbalik menjadi 2-1 untuk keunggulan Ansan.

Di menit ke-79, Asnawi membuat umpan silang dari sisi kanan, namun sayangnya sundulan dari Choi Geon-joo masih dapat ditepis oleh kiper Glimpo FC.

Memasuki menit ke-88, Asnawi Mangkualam berhasil mencetak gol dari luar kotak penalti, melalui  sisi kanan, Asnawi mendapat umpan dari rekannya, kemudian melepaskan tendangan yang keras dari luar kotak penalti, kiper Gimpo FC sempat menepis bola tersebut, namun karena kerasnya tendangan dari Asnawi, maka bola tersebut masuk ke gawang Gimpo FC. Gol ini memaksa sang kiper untuk  memungut bola ketiga kalinya dari gawangnya. Sehingga skor berubah menjadi 3-1.

Gol tersebut merupakan gol perdana Asnawi untuk Ansan Greeners. Hingga wasit meniup peluit panjangnya, skor tidak berubah. Kemenangan ini pun membuat posisi Ansan Greeners naik ke posisi sembilan klasemen sementara K League 2, dengan koleksi poin 23 dari 26 laga.  

PUJIAN DARI PELATIH ANSAN GREENERS

Lim Jong-heon, selaku pelatih dari Ansan Greeners, memberi kesempatan kepada Asnawi Mangkualam untuk bermain sejak menit pertama. Performa Asnawi bersama Ansan Greeners memang terbilang semakin meningkat dalam beberapa laga terakhir. Apalagi Asnawi diberi kepercayaan untuk tampil dalam beberapa laga terakhir Ansan Greeners. 

Dengan racikan tim dari Lim Jong-heon, penampilan dari Ansan Greeners semakin meningkat. Dalam dua pertandingan yang dilakukan, tim berjuluk Green Wolves ini selalu memenangkan pertandingan. Di laga melawan Gimpo FC, Ansan Greeners mampu memenangkan pertandingan dengan skor 3-1, gol penutup di cetak oleh Asnawi. 

Sang pelatih pun menanggapi gol tersebut, dikutip dari bola.okezone.com , Lim Jong-heon mengatakan, bahwa gol cantik tersebut merupakan buah manis dari hasil kerja keras seorang Asnawi Mangkualam. Menurutnya, pemain yang masih berusia 23 tahun tersebut selalu menunjukkan etos kerja yang bagus, baik saat latihan maupun saat melakukan pertandingan resmi.

PERJALANAN KARIER ASNAWI MANGKUALAM

Asnawi Mangkualam Bahar, menjalani debutnya di K League 2 pada 3 April 2021. Sebelumnya Asnawi bermain di Indonesia bersama klub PSM Makassar. Debut Asnawi di Ansan Greeners dilakukan pada saat melawan Busan IPark. Di laga tersebut Asnawi bergeser posisi menjadi penyerang sayap kanan, laga tersebut berakhir imbang dengan skor 1-1. Namun seiring berjalannya waktu, Asnawi kemudian perlahan menempati kembali posisi aslinya, yaitu bek kanan.

Setelah kurang lebih tiga pekan berada di Korea Selatan, Asnawi berhasil untuk mencatatkan assist pertamanya saat melawan Daejeon Hana.

Dengan pelatih baru serta dapat menunjukkan permainan apiknya. Asnawi sudah sering diturunkan pada beberapa pertandingan Ansan Greeners, ini menjadi suatu bekal juga untuk dirinya, karena sudah dipercaya oleh pelatih, sehingga Asnawi pun diharapkan untuk semakin percaya diri juga dalam menjalani laga-laga berikutnya bersama Ansan Greeners, terlebih dengan golnya yang baru saja dicetak, semoga dapat membuat permainan Asnawi semakin meningkat serta semangat berproses.

Setelah ini, Asnawi Mangkualam dan tim akan menghadapi Gyeongnam pada 26 Juli 2022. Pertandingan ini lebih seru apabila ditonton bersama teman-teman tongkrongan anak muda seperti kalian lho Civs.

Beberapa pemain sepakbola asal Indonesia sudah mulai berani untuk bermain di luar negeri, sehingga masyarakat juga bisa berharap lebih, karena potensi pemain-pemain tersebut pasti akan berkembang untuk kedepannya sehingga membuat Tim Nasional Indonesia semakin ditakuti di level ASEAN maupun Asia lebih dahulu.

Dengan fasilitas di luar negeri yang lebih memenuhi dan lebih baik, semoga juga dapat membuat pemain Indonesia betah untuk bermain di luar negeri, sehingga nantinya dapat membagikan pengalamannya kepada pemain muda serta anak-anak muda Indonesia nantinya. Apalagi dengan olahraga sepak bola yang menjadi salah satu tren untuk anak muda Indonesia, diharapkan peran Asnawi atau pemain sepak bola Indonesia lainnya, bisa menularkan semangat dan perjuangannya kepada anak muda atau pemain muda sepak bola di masa depan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Ullya Muflihatin

Penikmat tulisan ringan. Sesekali menulis-sesekali jualan-sesekali buat konten youtube, kadang juga ngedesain.