Sports

NGGAK ADA CARA LAIN UNTUK NGALAHIN VIKTOR AXELSEN, KECUALI DENGAN CARA INI

Viktor Axelsen, pemain yang saat ini tengah berada di top performance-nya merupakan salah satu pemain yang tak terkalahkan. Baru-baru ini lagi rame di twitter gimana sih cara ngalahin alien yang satu ini?

title

FROYONION.COM - Buat pecinta badminton, siapa sih yang nggak kenal dengan “monster” yang satu ini? Yak, siapa lagi kalo bukan Viktor Axelsen. Sejak keberhasilannya meraih medali emas di ajang olahraga paling bergengsi di dunia yakni Olimpiade Tokyo 2020, ia bisa dikatakan pemain yang paling konsisten saat ini. Setiap turnamen yang diikutinya rata-rata berhasil menembus partai final. 

Bayangin aja, Civs. Sepanjang tahun 2022 atau sejak pagelaran All England, doi sudah mencatatkan 32 kemenangan. Atas kemenangan beruntun tersebut, Viktor dikukuhkan sebagai tunggal putra terkuat saat ini. Sampe-sampe nih, netizen selalu dibuat overthinking kalo nama Viktor udah ada di daftar pemain di berbagai turnamen. “Udah, kasih aja langsung medalinya ke Viktor, pemain lain ngelawan dia cuma buat berebut posisi runner up”. Begitu kira-kira gumam mereka. Yang terbaru, Viktor sukses menjuarai All England, Indonesia Masters, Indonesia Open, dan Malaysia Open secara beruntun.

Terus, gimana sih cara yang efektif buat pemain nomor satu dunia ini? Eits, tunggu dulu Civs, sebelum mengulik gimana caranya, ada istilah : tak kenal maka tak sayang. Cuss, kenalan dulu sama pemain jangkung yang satu ini, berikut profil singkat Viktor Axelsen.

Profil Viktor Axelsen

Viktor Axelsen merupakan pemain tunggal putra kelahiran Odense, Denmark pada 4 Januari 1994. Ia diperkenalkan dengan olahraga tepok bulu oleh Ayahnya sejak usia empat tahun. Melihat bakat anaknya di bulutangkis cukup baik, sang Ayah, Henrik Axelsen kemudian mendaftarkan Viktor kecil ke sebuah klub bulutangkis di Odense untuk mengembangkan kemampuan anaknya tersebut. 

Di tahun 2004, Viktor Axelsen berhasil menjuarai beberapa kejuaraan nasional junior, sehingga ia pun dianugerahi sebagai pemain terbaik oleh klubnya. Karier internasionalnya dimulai pada tahun 2009 dengan mengikuti kejuaraan Denmark Open Superseries. Setahun kemudian, ia resmi bergabung bersama tim nasional Denmark senior dan mewakili nagaranya di sejumlah turnamen tingkat internasional.

Prestasi

Soal prestasi, nggak perlu diragukan lagi ya, Civs. Sejak partisipasinya di berbagai turnamen, doi udah banyak banget menorehkan banyak prestasi mulai dari kejuaraan junior, turnamen level international challengeworld tour, sampai dengan emas olimpiade. 

Final pertamanya di tahun 2012 terjadi di kejuaraan superseries di Prancis, namun sayangnya ia harus kalah dari wakil dari Malaysia, Daren Liew. Barulah di tahun 2014, Axelsen berhasil meraih gelar pertamanya di ajang Grand Prix Gold Swiss Open.

Dua tahun kemudian, pemain yang juga dijuluki Viggo ini bergabung dalam tim Thomas Denmark dan berhasil meraih kemenangan bersama timnya tersebut pada tahun 2016 mengalahkan tim Thomas Indonesia di partai final. Di tahun yang sama, pada debut pertamanya di Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil. Viktor meraih perunggu usai mengalahkan legenda asal China, Lin Dan. Olimpiade berikutnya, ia berhasil meraih emas pada Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengalahkan wakil China lainnya, Chen Long.

Circle “Rubber Set”

Saking susahnya untuk dikalahkan, netizen sampai-sampai “ngebuatin” circle nih untuk pemain lain yang mampu bertarung dengan Viktor dengan tiga set atau rubber set, meskipun nggak semuanya bisa dimenangkan, tapi setidaknya masih bisa lah ya buat ngasih perlawanan atas kekuatan papa dari Vega Rohde Axelsen satu ini. Siapa aja sih pemain-pemain yang dimaksud? 

Sepanjang tahun 2022, saat ini pemain yang bisa memberikan perlawanan bermain rubber set lawat Viktor diantaranya ada Lee Zii Jia. Tunggal putra terbaik Malaysia saat ini pernah bertarung melawan Viktor Axelsen pada semifinal Indonesia Open 2022 lalu di Istora Senayan Jakarta. Saat itu, Zii Jia kalah dengan skor cukup ketat yakni 21-19, 11-21, dan 21-23. Sebelumnya Lee Zii Jia juga pernah menang loh melawan Viktor di Final All England tahun 2021 lalu.

Selain itu, ada Anthony Sinisuka Ginting. Tunggal putra kebanggan Indonesia ini kalah rubber set dengan skor 21-13, 19-21, dan 21-9 di partai perempat final Indonesia Open 2022. Ginting kembali menelan kekalahan di partai yang sama kejuaraan Malaysia Open 2022 dengan skor 21-18, 17-21, dan 12-21. Pemain Indonesia lain yang berhasil melawan Viktor dengan rubber set adalah Jonatan Christie. Pemain yang akrab di sapa Jojo ini bertemu dengan Viktor pada semifinal Malaysia Open 2022. Sayangnya, sama seperti Ginting, Jojo juga menelan kekalahan.

Pemain lain yang berhasil bermain tiga set lawan Viktor yakni Chou Tien Chen (China Taipei), Loh Kean Yew (Singapura), Lee Cheuk Yiu (Hongkong), dan Lakshya Sen (India).

Cara Ngalahin Viktor Axelsen

Baru-baru ini, Viktor viral banget nih Civs di twitter gara-gara selama ikut turnamen dunia tahun 2022, doi bener-bener nggak terkalahkan. Saking bosennya netizen ngelihat Viktor juara melulu, Viktor dijuluki sebagai “alien”. 

“Viktor Axelsen sekali lagi berjaya membuktikan bahwa dia seorang alien #MalaysiaOpen2022”. Tulis netizen dengan akun @rhmn_7. 

“Saya approve viktor axelsen is monster/alien/unbeatable”. Tulis netizen lain dengan akun @syamimisabri09.

Nah, terus gimana dong cara ngalahinnya kalo udah kayak gitu?

Seorang netizen dengan akun twitter @erikaseo memposting sebuah foto di mana Axelsen berhadapan dengan beberapa pemain yang “tergabung” dalam rubber set circle, antara lain ada Ginting, Jojo, Chou Tien Chen, dan Lee Zii Jia.

Tweet seorang netizen yang mengomentari tentang cara mengalahkan Viktor Axelsen (Sumber: Twitter)
Tweet seorang netizen yang mengomentari tentang cara mengalahkan Viktor Axelsen (Sumber: Twitter)

Tweet dengan caption “Harus dilawan bersama” ini telah dilikes sebanyak 410 orang, 53 retweet, dan 20 quote tweet. Yaa, nggak salah sih, memang itu kayaknya jalan keluar terbaik saat ini, hehehe.

Ada lagi nih tweet yang sampai-sampai nanyain cara ngalahin Axelsen. “Ada yang tau cara ngalahin Axelsen ga sih?”. Tulis akun twitter @bulutangkisRI

Resep mengalahkan Axelsen versi netizen (Sumber: Twitter)
Resep mengalahkan Axelsen versi netizen (Sumber: Twitter)

Tweet tersebut kemudian dibalas oleh netizen dengan akun @Ana5576. Dalam tweet tersebut, di netizen ini ngasih tau resep buat ngalahin Axelsen. Pertama, doi nyaranin untuk jangan kasih Axelsen kopi. Penulis setuju nih sama saran ini, soalnya Axelsen sebelum tanding ngelawan pemain-pemain di partai puncak selalu update di instagram story dan twitter dengan latar belakang kopi, abis itu dikasih caption “game day” lagi. Dan terbukti, Axelsen selalu menang setelah buat postingan kayak gitu.

Yang kedua, jangan diundang buat bermain. Ya bener juga sih, kalo Axelsen nggak ikut, otomatis memberi kesempatan pada pemain lain untuk juara mengingat betapa tak terkalahkannya Viktor Axelsen saat ini, Kento Momota yang peringkat dua dunia aja cuma dikasih skor afrika sama doi, hiks

Yang terakhir, tanya kepada legend lain yang udah pernah ngalahin Axelsen. Nah yang ini penulis agak kurang setuju nih, soalnya kan kalo dulu tuh pas eranya Lee Chong Wei masih jaya-jayanya, Axelsen masih belum terlalu mateng kan, beda sama sekarang yang lagi bener-bener on fire dan pastinya udah dapet banyak pengalaman.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengalahkan Viktor Axelsen menurut para netizen. Gimana nih merunut Civers, kira-kira ada lagi nggak cara lain buat ngalahin doi?

Oh iya, artikel ini cuma buat seru-seruan yaa Civs, hihihi… (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annisa Paramadina Rahmi

Mahasiswa nyambi freelancer